1
Tips

Ponsel Bisa Berbahaya jika Tidak Memperhatikan 6 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Siapa di zaman sekarang yang bisa jauh dari ponsel? Ponsel begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun, ternyata ponsel bisa menyimpan bahaya tertentu jika kita salah dalam menggunakannya. Berikut ini adalah enam hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan ponsel.

  1. Simpan Ponselmu di Dompet atau Tas Saat Bepergian

Para Ilmuwan sepakat bahwa meletakkan ponsel di kantong baju atau celana sangat berbahaya bagi tubuh. Radiasi ponsel akan lebih kuat dua hingga tujuh kali ketika ponsel menyala. Terlebih lagi jika tersambung pada jaringan wireless. Radiasi ponsel ini dapat mengganti struktur DNA dan mempengaruhi fertilitas. Selain itu, radiasi ponsel juga bersifat karsinogenik, sehingga dapat memicu kanker. Belum lagi masalah struktur tulang belakang yang akan timbul jika kamu terbiasa menaruh ponsel di saku belakang celana. Duh, ngeri kan. Mulai saat ini, taruh ponselmu di tas atau dompet saja, ya.

  1. Jauhkan Ponsel dari Kasur atau Bantal Saat Tidur

Scrolling sebelum tidur memang asyik, kan. Saking asyiknya sampai ketiduran dan membiarkan ponsel kita di atas kasur atau di bawah bantal. Sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini, ya. Selain masalah radiasi ponsel yang akan memapar tubuh, meletakkan ponsel di kasur saat tidur bisa membuat suhunya meningkat. Suhu ponsel yang meningkat ini bisa memicu percikan api. Terlebih jika posisinya sedang di-charge atau memang ada kerusakan di ponselmu. Wah, ngeri kalau sampai terjadi kebakaran saat kita tidur. Selain itu, sinar LED dari layar ponsel juga bisa menurunkan kualitas tidurmu. Tidak heran kalau kamu masih merasa capek waktu bangun tidur.

  1. Segera Cabut Ponsel dari Charger ketika Sudah Terisi Penuh

Seringnya karena lupa atau kita tidak menyadari bahayanya, kita sering membiarkan ponsel yang terisi masih terpasang di charger. Padahal hal ini bisa merusak batterai. Belum lagi ponsel yang kepanasan bisa menimbulkan percikan api. Mulai sekarang jangan sampai lupa mencabut ponsel yang sudah penuh, ya.

  1. Sebisa Mungkin Jauhkan Ponsel dari Wajah saat Menelepon

webinar umroh.com

Pernahkah kita menyadari bahwa ponsel kita sebenarnya dalam keadaan kotor. Demikian juga wajah kita yang sudah terpapar debu dan polusi. Keduanya sama-sama menyimpan virus dan bakteri. Terlalu menempelkan ponsel saat menelepon bisa membuat wajah dan ponsel kita semakin kotor. Hal ini bisa memicu jerawat, kerutan, hingga iritasi kulit. Wah, serem juga.

  1. Jangan Simpan Ponsel di Tempat yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Sebelumnya telah kita bahas tentang bahayanya ponsel yang terlalu panas. Tempat yang terlalu dingin juga sama bahayanya dengan tempat yang terlalu panas. Kondisi yang terlalu dingin kondisi yang terlalu dingin membuat ponsel bisa mati mendadak, batterai yang cepat rusak, dan bahkan bisa membuat layar ponsel retak.

6. Hindari Meletakkan Ponsel di Kamar Mandi

Hayo, siapa yang suka membawa ponsel saat sedang di kamar mandi? Ponsel memang bisa membuat kita tidak bosan saat di kamar mandi. Akan tetapi, ternyata kamar mandi menyimpan bakteri yang sangat berbahaya. Semua tempat dalam radius tiga kaki dari toilet menyimpan resiko terpapar bakteri saat proses penyiraman. Wah, kebayang kan jadi sekotor apa ponsel kita?

Ponsel sejatinya adalah gawai yang dapat membantu kita memudahkan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, jangan sampai ponsel bisa membuat kita terpapar bahaya. Yuk, kita lebih hati-hati dalam menggunakan ponsel. (ZR/10)

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.