1
Motivasi

Punya Sifat Suka Menunda-Nunda Pekerjaan? Kalahkan dengan 7 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pernahkah kamu merasa enggan menyelesaikan pekerjaan? Rasa enggan tersebut membuat kita akhirnya memilih tidak menyelesaikannya. Tugas yang tidak terselesaikan itu kemudian bertumpuk bersama tugas-tugas lain yang enggan kita lakukan. Kebiasaan ini disebut dengan prokrastinasi. Ujung-ujungnya, kita akan berpacu dengan deadline agar semua tanggung jawab terpenuhi.

Jika dibiarkan, prokrastinasi bisa menghambat perkembangan pribadi kita. Kita jadi kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan hal lain karena sibuk menunda. Padahal saat tugas diselesaikan, bisa jadi kita bisa mengerjakan hal lain yang akan memperkaya pribadi kita.

Di bawah ini adalah 7 cara menghilangkan kebiasaan prokrastinasi.

Temukan Penyebabnya

Temukan penyebab mengapa kamu menunda pekerjaan. Pada dasarnya, kamu tahu harus segera menyelesaikannya, namun ada sesuatu yang menghalangi untuk melakukannya. Bisa jadi dorongan untuk menunda disebabkan karena ketakutan akan kegagalan, takut untuk sukses, atau karena kamu merasa tidak senang dengan tugas yang harus kamu kerjakan.

Jadilah Seseorang yang Profesional

Tanamkan sikap profesional dalam dirimu. Seseorang yang profesional akan melakukan hal yang harus dilakukan walaupun tidak ia sukai. Mereka yang berhasil menerapkan sikap ini biasanya lebih dipercaya dan bisa berkembang lebih jauh.

Beri Hadiah untuk Dirimu Sendiri

Tidak ada yang mencintai diri kita selain diri kita sendiri, bukan? Karena itu, saat merasa ingin menunda pekerjaan, pancing dirimu sendiri dengan hadiah. Misalnya saat kamu berhasil fokus selama dua jam tanpa menunda, berikan hadiah kecil seperti sebungkus permen favorit.

Singkirkan Hal-Hal yang Bisa Mengganggu Fokus

Pikirkanlah bahwa tugas yang kamu lakukan bersifat darurat dan harus segera diselesaikan. Saat seseorang menghadapi situasi darurat, biasanya ia bisa mengesampingkan segala gangguan yang bisa mengurangi fokusnya. Gangguan yang bisa mengurangi fokus melakukan pekerjaan misalnya media sosial, TV, atau YouTube. Ketika kamu kesulitan menghindari gangguan tersebut, singkirkan mereka agar menjauh dari tempatmu bekerja.

Beritahu Seseorang

Sampaikan pada seseorang bahwa kamu akan menyelesaikan tugas dalam waktu tertentu. Misalnya katakan pada rekan kerja bahwa kamu akan menyelesaikan tugas hari ini sebelum jam makan siang. Saat kita telah menyampaikan target kepada orang lain, biasanya kita akan merasa malu jika target tersebut tidak tercapai. Ini akan membuat kita terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai target.

webinar umroh.com

Wudhu dan Shalat Dua Rakaat

Sebelum memulai pekerjaan yang harus kamu selesaikan, kamu bisa mengambil wudhu dan melakukan dua rokaat sholat sunnah mutlak. Shalat ini bisa membantumu lebih fokus dan membuat syetan yang menggoda untuk menunda pekerjaan pergi menjauh.

Mintalah Perlindungan dari Allah

Penyebab lain dari prokrastinasi adalah karena ada rasa cemas, rasa sedih, merasa lemah, atau rasa malas. Perasaan negatif tersebut akhirnya menghalangi langkah kita untuk menyelesaikan pekerjaan segera. Mintalah perlindungan dari Allah untuk menghilangkan rasa tersebut dari hati kita. Bagaimanapun juga, hati dan pikiran kita adalah milik Allah, sehingga kita bisa memohon pertolongannya agar dilindungi dari sifat-sifat buruk tersebut.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.