1
News

Quranic Park, Cara Baru Belajar Al Qur’an dengan Asyik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dubai memiliki cara unik untuk mengakrabkan masyarakat dengan Al Qur’an. Sebuah taman rekreasi bertema Al Qur’an dibuka untuk pengunjung. Dibangun di atas lahan 64 hektar, Quranic Park di Dubai ini menyajikan objek yang digambarkan di Al Qur’an.

Taman yang dibangun di Al Khawaneej ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai budaya dan pendidikan Islam, namun tetap menjadi tempat yang menyenangkan dikunjungi oleh anak-anak, keluarga, atau siapapun yang ingin belajar tentang Al Qur’an. Di bawah ini adalah wahana menarik yang akan kita temui di Quranic Park.

Rumah Kaca

Rumah kaca ini merupakan salah satu atraksi utama di Quranic Park. Di dalam Rumah Kaca ini, tumbuh 29 jenis tanaman dan pohon yang disebutkan dalam Al. Qur’an dan sunnah Rasulullah. Tumbuhan yang bisa kita temui di sini antara lain pohon zaitun, pohon buah tin, tanaman henna hitam, lidah buaya, dan sebagainya.

Di pintu masuk Rumah Kaca Quranic Park, kita juga bisa melihat daftar ragam tanaman yang tumbuh dari sana. Setiap tanaman dikelompokkan sesuai jenisnya, serta ditandai dengan nama dan informasi lengkap mengenai tanaman tersebut. Penyebutannya dalam Al Qur’an dan Sunnah juga dicantumkan.

Tanaman yang tumbuh di rumah kaca ini selalu diawasi dan disiram melalui pancuran tersembunyi. Pancuran itu selalu menyemprotkan air dengan interval yang berbeda, tergantung dari kebutuhan setiap tanaman. Temperatur dalam rumah kaca juga dijaga dengan sistem sirkulasi udara yang tersembunyi dalam pohon-pohon tiruan.

Di bagian luar Rumah Kaca ini, juga ada food cart yang menyediakan berbagai minuman ringan, jus, atau air. Di malam hari, mereka juga menjual makanan berat seperti shawarma atau burger.

Gua Mukjizat (Cave of Miracles)

Gua mukjizat ini merupakan gua buatan yang menggambarkan mukjizat-mukjizat para nabi dan rasul. Beberapa mukjizat yang bisa kita saksikan di gua ini antara lain mukjizat Nabi Ibrahim yang bisa menghidupkan kembali burung, mukjizat Nabi Musa yang membelah lautan, mukjizat Nabi Isa yang membuat burung dari tanah, dan sebagainya.

Di gua buatan yang dilengkapi dengan detail stalaktit ini, pengunjung akan disambut dengan video tentang mukjizat yang diceritakan di dalam Al Qur’an. Video-video yang ditayangkan di setiap area akan berbeda. Karena itu, akan ada pemandu yang akan menjelaskan dan memberi tahu kapan waktunya untuk berpindah ke bagian selanjutnya.

webinar umroh.com

Gua buatan ini juga dirancang agar ramah pengunjung. Pengunjung tidak akan bingung dan tersesat karena gua ini dibuat dalam satu jalur. Selain itu, ada tempat duduk yang disamarkan di dalam gua, jadi kita bisa duduk sambil menyaksikan video yang sedang ditayangkan.

Taman Bunga (The Park)

Di taman ini, ada bunga-bunga dan pohon yang tumbuh subur. Kita juga bisa melihat bunga anggrek yang ditempatkan di beberapa lokasi di taman. Taman ini juga menyediakan pohon yang rindang untuk berteduh, serta bangku-bangku yang memiliki solar panel di bagian atasnya. Jadi kita bisa mengisi baterai handphone sambil beristirahat.

Taman ini juga memiliki danau buatan dan air mancur, yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Di salah satu sudut taman ini ada One Coffee House, sebuah kedai kopi yang menyajikan kopi, coklat, dan hidangan manis. Pramusaji di cafe ini juga ramah dan menyenangkan. Di sebelah Cafe, juga ada playground yang bisa digunakan si kecil untuk bermain.

Di sekeliling taman, ada jogging track dan jalur bersepeda, serta peralatan gym yang bisa digunakan secara gratis, lho. Fasilitas di Quranic Park sangat lengkap, ya. Kamu tertarik berkunjung ke sini?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.