1
Kesehatan

Rambut dan Kulit Jadi Sehat dengan Air Beras, Ini Alasannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Beras memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Di dalam beras, terkandung senyawa vitamin B yang disebut Inositol. Inositol bermanfaat memperbaharui sel kulit, menghambat proses penuaan, dan meningkatkan kesehatan rambut. Jika kita rutin menggunakan air beras untuk melakukan perawatan, kita akan tampak 10 tahun lebih muda.

Telah Digunakan untuk Perawatan Kecantikan Sejak Dulu

Air beras sendiri telah digunakan dalam perawatan tradisional dari Timur. Sudah sejak lama petani wanita di Jepang menggunakan air beras untuk mandi dan keramas. Air yang digunakan adalah air bekas mencuci beras. Tidak heran banyak wanita Jepang yang memiliki penampilan awet muda.

Mengandung Senyawa yang Efektif Merawat Kulit dan Rambut

Sebuah studi bahkan menunjukkan, bahwa senyawa paling bermanfaat untuk merawat rambut adalah yang ditemukan di air beras, yaitu Inositol. Inositol membantu menikmatkan elastisitas rambut dan membuat rambut semakin indah. Studi tersebut menguatkan asumsi bahwa air beras memang memiliki banyak manfaat, baik bagi rambut maupun kulit. Bahkan air beras sangat ideal untuk dijadikan komposisi produk komersil perawatan kecantikan.

Cara Mendapatkan Air Beras

Ada beragam cara untuk membuat air beras. Cara pertama adalah dengan merendam beras dengan air. Terlebih dahulu, beras ini harus dibilas sekali untuk menghilangkan debu dan pestisida. Rendam beras yang telah bersih minimal selama 15 menit untuk mendapatkan air berasnya. Setelah itu gunakan air rendaman itu untuk keramas atau mencuci wajah.

Cara kedua adalah dengan merebus beras. Cara ini dianggap bisa mengeluarkan semua kandungan yang terkandung di dalam beras. Caranya adalah dengan menyaring air yang keluar saat memasak nasi. Kita akan mendapatkan air beras yang berwarna putih pekat.

Air beras ini memiliki konsentrasi senyawa bermanfaat yang lebih tinggi, sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan mencampurkan pada air bersih. Campurkan beberapa sendok air beras dengan air bersih, lalu gunakan untuk mencuci rambut dan wajah. JIka masih ada sisa, air beras yang pekat ini bisa disimpan dalam wadah tertutup, dan akan bertahan selama seminggu.

Membuat Masker dari Air Beras

Selain menggunakannya untuk mencuci wajah, kita bisa memanfaatkannya sebagai masker. Caranya adalah dengan menghaluskan nasi yang telah matang, lalu mencampurkannya dengan air beras yang pekat. Campurkan kedua bahan tersebut hingga teksturnya menyerupai pasta. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah rata, diamkan pada wajah selama 5-10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Kita juga bisa memanfaakan butiran beras yang halus sebagai scrub. Caranya adalah dengan merendam beras yang telah bersih hingga cukup lunak untuk dihaluskan. Setelah lunak, haluskan hingga beras menjadi butiran-butiran kecil yang halus. Kita juga akan mendapatkan air beras setelah beras tersebut dihaluskan.

webinar umroh.com

Campurkan dengan air dan madu hingga teksturnya seperti pasta. Pijatkan pada wajah dengan gerakan memutar. Butiran beras akan berfungsi sebagai scrub alami yang mengangkat sel kullit mati. Diamkan pada wajah hingga kering, lalu bilas hingga bersih.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.