1
Kesehatan

Ramuan Herbal Yang Dapat Digunakan Untuk Asma

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ramuan Herbal Yang Dapat Digunakan Untuk Asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang banyak terdapat pada negara-negara dengan polusi udara yang tinggi. Salah satu contohnya di Indonesia sendiri penyakit asma banyak diderita oleh penduduk di perkotaan dengan tingkat polusi udara yang tinggi seperti tingginya asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik dan lain-lain. Penyakit asma berhubungan dengan saluran pernafasan, penyakit tersebut terjadi akbita terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan akibata adanya peradangan atau gangguan lain yang terdapat pada dinding rongga saluran pernafasan. Penyakit ini jika kambuh menandakan suatu ciri yang sangat khas. Ciri khas dari penyakit asma  adalah bunyi nafas mengik, batuk, bengek dan sesak nafas. Ketika penderita asma  menghembuskan nafasnya maka bunyi nafas mengik akan terdengar. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Ada juga yang disebabkan oleh faktor genetik. Karena penyebabnya berbeda cara mengatasi asma  kadang kadang juga berbeda.

Untuk mengatasi penyakit tersebut dapat menggunakan obat-obatan kimia dan ramuan herbal. Namun cara mengatasi asma yang banyak digunakan dan banyak yang mengatakan tanpa adanya efek samping adalah dengan menggunakan ramuan herbal atau ramuan alami.

Ramuan alami untuk mengatasi asma

Mengatasi asma dengan jahe

Cara mengatasi asma yang pertama yaitu dapat menggunakan tanaman jahe. Dengan menggunakan jahe akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Cara untuk membuat ramuan alami dengan jahe yaitu dengan menyiapkan Jahe kira kira satu setengah jari tangan, 3 siung bawang putih dan satu setengah jari kayu cendana. Pertama, bakarlah jahe hingga kalis kemudian memarkan. Bawang di iris tipis tipis dicampur dengan jahe yang telah dibakar dan kayu cendana dimasak dengan menambahkan air 3 gelas. Masak campuran bahan tersebut hingga air menjadi setengahnya. Angkat kemudian disaring. Rebusan bahan alami ini simpan pada botol yang steril. Untuk mrngkonsumsinya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Jika digunakan untuk anak anak 5-8 tahun minumlah tiga kali sehari satu sendok makan
  • Untuk anak usia 9-12 tahun minum tiga kali sehari dengan takaran 6 sendok makan
  • Untuk dewasa diminum tiga kali sehari dengan dosis 8 sendok makan

Mengatasi asma dengan kencur

Cara mengatasi asma yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan ramuan alami kencur. Kencur merupakan tanaman yang mengandung pati sebanyak 4,14%, mineral 13,73%, dan minyak atsiri sebanyak 0.02% yang dapat melegakan saluran pernapasan. Cara membuat ramuan kencur tersebut sangatlah mudah. Bahan yang harus dipersiapakan yaitu kencur secukupnya, madu murni sebanyak dua sendok makan, satu butir telur ayam kampung, dan seperempat buah jeruk nipis. Untuk cara pembuatannya pertama bersihkan dahulu bahan-bahan untuk membuat kencur tersebut dengan air sampai bersih, kemudian parutlah kencur yang sudah di cuci tadi dan kemudian peras dan ambil sari-sarinya. Setelah itu, campurkan sari pati kencur tersebut  dengan madu, telur ayam kampung dan air perasan jeruk nipis. Aduklah bahan tersebut sampai rata dan jadilah ramuan kencur sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit asma. Untuk mengkonsumsinya minumlah ramuan tersebut setiap sore dan malam hari menjelang tidur agar kandungan dalam ramuan tersebut dapat bekerja secara maksimal pada tubuh. Untuk mengkonsumsinya haruslah diperhatikan dosisnya janganlah mengkonsumsi ramuan tersebut secara berlebihan.

Mengatasi asma dengan menggunakan ramuan alami merupakan cara pengobatan yang bersifat pengendalian. Pengendalian tersebut ditujukan agar frekuensi serangan penyakit asma berkurang dan penyakit asma tidak akan sering kambuh.