1
Haji Umroh Umroh & Haji

Rangkaian Ibadah Haji di 7 Lokasi Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ibadah haji adalah ibadah yang masuk dalam rukun Islam kelima. Bila mampu, umat muslim diwajibkan melaksanakannya. Menunaikan ibadah haji memerlukan ketahanan fisik yang kuat. Saat melaksanakan ibadah ini, jamaah harus mengikuti rangkaian yang melibatkan 7 lokasi. Inilah tempat-tempat yang akan dilalui oleh jamaah dalam melaksanakan ibadah haji.

  1. Miqat

Miqat adalah tempat pertama yang akan dikunjungi oleh calon jamaah haji. Letaknya Miqot berbeda-beda, tergantung dari lokasi yang dipilih oleh jamaah haji. Rombongan jamaah haji biasanya memilih Miqat berdasarkan jalur yang mereka lalui sebelum memasuki kota Mekkah.

Di Miqat, jamaah haji akan melakukan Ihram dan mengucapkan niat untuk melaksanakan ibadah haji. Dari sini, Jamaah haji disunnahkan membersihkan diri, kemudian mengenakan pakaian Ihram. Setelah berniat melaksanakan ibadah Haji, jamaah diajurkan memperbanyak kalimat talbiyah.

  1. Mekkah

Setelah selesai melakukan Ihram di Miqat, jamaah haji menuju Masjidil Haram di Mekkah. Sesampainya di Masjidil Haram jamaah haji akan melakukan Thawaf. Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Sebelum melakukan Thawaf, jamaah harus sudah berniat Thawaf, memastikan tubuh telah suci,  dan menutup aurat. Disunahkan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu saat memasuki Masjidil Haram.  Thawaf dimulai dari Hajar Aswad dan disunnahkan untuk mengusap dan menciumnya setiap melewati Hajar Aswad. Jika tidak mampu, jemaah cukup melambaikan tangan.

Ibadah lain yang dilakukan di Mekkah adalah Sa’i. Sa’i harus dilakukan setelah melakukan Thawaf. Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Ibadah ini dilakukan untuk napak tilas Siti Hajar saat mencari air bagi Nabi Ismail yang masih bayi.

  1. Mina

Setelah dari Mekkah, di tanggal 8 Dzulhijjah, Jamaah akan menuju Mina untuk bermalam. Keesokan harinya, jamaah akan menuju Padang Arafah.

  1. Padang Arafah

Di padang Arafah, jamaah haji akan melaksanakan Wukuf pada tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf artinya diam. Saat melakukan wukuf, jamaah dianjurkan untuk melakukan ibadah sebanyak mungkin. Jika dimulai dari pagi, jamaah akan meninggalkan Padang Arafah setelah melakukan Shalat Dhuhur dan Ashar. Jamaah kemudian menuju Muzdalifah setelah matahari terbenam.

webinar umroh.com
  1. Muzdalifah

Muzdalifah terletak sekitar 7 kilometer dari Arafah. Di Muzdalifah jamaah haji akan memungut kerikil untuk melempar jumroh. Setelah itu Jamaah akan bermalam di Muzdalifah hingga terbit fajar. Usai salat Subuh dan sebelum matahari terbit, jamaah akan berangkat menuju Mina.

  1. Mina

Di Mina, jamaah haji akan melakukan lempar jumroh selama tiga hari. Pada hari tasyrik ini, Jamaah juga akan merayakan Idul Adha. Mereka bisa menyembelih hewan dalam rangka membayar dam atau berkurban. Setelah dari Mina, jamaah akan menuju ke Mekah lagi.

  1. Mekkah

Di Mekah, jamaah akan menuju Masjidil Haram. Di sini, jamaah akan melaksanakan tawaf Wada atau tawaf perpisahan. Thawaf ini menjadi penanda berakhirnya rangkaian ibadah haji.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.