play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kesehatan

Ini 13 Bukti Jeniusnya Rasulullah dalam Masalah Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – setiap orang pasti pernah mendengar kalimat “ lebih baik mencegah dari pada mengobati “. Kalimat itu merupakan kalimat populer yang menggambarkan bahwa kesehatan adalah salah satu aset paling berharga dalam hidup kita. Kesehatan merupakan hal yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa kesehatan, manusia tidak akan bisa beraktifitas dan bekerja. Berikut akan dijelaskan soal bukti kejeniusan Rasulullah tentang masalah kesehatan yang jarang diketahui.

Dalam islam, kesehatan dinilai menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan dalam kehidupan sehari – hari. Islam sudah menganjurkan dan memerintahkan umat islam untuk senantiasa menjaga kesehatan sedari zaman Rasulullah saw. Pada zaman itu, Rasulullah saw pun menjadi seseorang yang sangat memperhatikan betul pasal kesehatan. Mulai dari mengatur pola tidur, makan, aktivitas dan hal kecil lainnya agar senantiasa sehat dan bugar.

Baca juga: Bisa Jadi Solusi, Ini Jaminan Kesehatan Menurut Islam

Kesehatan Dalam Sudut Pandang Islam 

Umroh.com merangkum, Sehat dalam pandangan Islam adalah sehat lahir dan sehat batin. Sehat lahir adalah dimana seluruh komoponen atau kondisi organ tubuh berjalan normal sebagaimana fungsi yang semestinya. Sehat batin adalah terhindarnya ruhani dan nafsani dari berbagaimacam penyakit rohani.

Manusia itu terbagi kepada dua macam golongan kesehatan yang pertama kesehatan jasmani sebagaimana telah diketahui kesehatan jasmani yaitu berjalanya fungsi organ – organ yang terdapat di dalam tubuh sebagaimana fungsinya masing masing. Dan yang kedua kesehatan ruhani atau kesehatan jiwa yang memberikan perasaan senang, sedih, tenang, kecewa dalam diri seseorang kesehatan dalam segi kejiwaan, kedua hal tersebut saling berkaitan erat satu sama lainya dan tidak bisa terpisahkan karena satu dan yang lainya saling bersinggungan.

Pandangan kesehatan menurut Islam tersebut melingkupi keseluruhan aspek yang ada dan mempengaruhi kesehatan manusia tidak bersinggunan dengan teori kesehatan secara umum, namun ada 2 sedikit perbedaan dimana menurut sudut pandang Islam kesehatan itu sendiri di bentuk oleh suatu dasar yang memberikan dampak dalam aspek ke percayaan kepada sang pencipta. Islam percaya kesehatan adalah sebuah kenikmatan yang di limpahkan kepada siapa saja yang mau menjaga, menerima dan mensyukurinya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Gaya Hidup Sehat Rasul

Umroh.com merangkum, Banyak hal yang Rasulullah lakukan demi menjaga kesehatan dirinya. Hal ini pun sangat dianjurkan bagi kaum muslim agar senantiasa sehat dan bugar. Diantaranya ialah :

1. Bangun subuh

Nabi Muhammad diketahui mempunya kebiasaan untuk tidur lebih awal dan bangun di waktu adzan subuh setiap hari. Secara ilmiah, kebiasaan bangun pagi yang dilakukan oleh Nabi ini dikatakan berhubungan secara umum dengan produktivitas yang lebih baik, serta kesehatan mental yang lebih baik.

2. Tidak makan berlebihan

Rasulullah membiasakan diri untuk makan secukupnya, makan sedikit ala Rasul ini secara ilmiah dikatakan untuk mencegah penyakit dan penyakit.m Konsep Islam ‘1/3 untuk makanan , 1/3 untuk cairan, dan 1/3 untuk napas sangat mirip dengan konsep ‘hara hachi bu’ ala Jepang, yang berarti makan sampai hanya sampai 80 persen merasa kenyang.

3. Makan pelan-pelan

Tahukah Anda, bahwa tubuh kita memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak bahwa perut telah kenyang dan terisi penuh Makan pelan-pelan akan membantu kita untuk makan lebih sedikit makanan dan meningkatkan pencernaan.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

4. Berpuasa

Berpuasa adalah kebiasaan rutin untuk Nabi Muhammad SAW, tidak hanya selama bulan Ramadhan. Akan tetapi Nabi juga biasa berpuasa sampai Maghrib setiap hari Senin dan Kamis, dan juga pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya. Ini mirip dengan praktik puasa intermiten, yang telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

5. Aturan minum air

Dalam meminum air, Rasulullah SAW menerapkan kebiasaan untuk tidak meminumnya dalam sekali nafas. ‘Jangan meminum air dalam satu nafas, tetapi meminumnya dalam dua atau tiga nafas’, adalah cara meminum air ala Nabi Muhammad. Ilmu pengetahuan sendiri membuktikan bahwa ketika seseorang meminum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan dalam tingkat elektrolit darah dan bahkan timbulnya rasa pusing. Minum perlahan membantu disebutkan dapat membantu tubuh benar-benar menyerap cairan dan mendapatkan manfaat maksimal.

6. Aktif bergerak

Nabi Muhammad SAW sangat mendorong latihan fisik alias olahraga dan menyarankan orang tua untuk mendorong aktivitas fisik pada anak-anak mereka dengan mengajarkan anak-anak mereka untuk berenang, menunggang kuda, dan memanah.

7. Tidak Makan Makanan yang Haram

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah: 3)

Tidak makan-makanan yang haram bukan hanya perilaku yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, melainkan telah menjadi ketetapan Allah yang tidak bisa berubah. Untuk itu, Allah memerintahkan manusia agar tidak makan dan minum sesuatu yang kharam. Alasan yang paling logis dan masuk akal adalah karena makanan haram memiliki kandungan yang tidak sehat dan membuat tubuh manusia menjadi rusak jika terus mengkonsumsi hal tersebut.

8. Tidak Meminum Khamr

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, yang adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaithan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)” (QS Al Maidah : 90-91)

Sebagaimana makanan yang haram, minuman yang haram seperti khamr pun juga dilarang. Khamr adalah minuman memabukkan dan dapat merusak otak manusia. Untuk itu, jika dilakukan maka akan mengganggu sistem tubuh manusia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

9. Tidur Miring ke Kanan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidur seperti ini disarankan oleh Rasulullah karena dengan tidur berbaring ke kanan dapat memperlancar kerja jantung dan hati. Proses metabolisme tubuh dan juga detoksifikasi saat tidur akan lebih mudah jika dilakukan dengan berbaring ke sisi kanan badan.

10. Sabar, tidak pemarah

Bahkan dalam nasihat Rasulullah, perihal anjuran ‘jangan marah’ Beliau ulangi sampai tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasad, tetapi lebih kepada kebersihan jiwa.

11. Optimis dan tidak putus asa

Sikap optimis memberikan efek emosional yang mendalam bagi kelapangan jiwa selain harus memperbanyak sabar, istiqamah, bekerja keras serta tawakal kepada Allah.

12. Tidak pernah iri hati

Maka untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa, kita harus menjauhkan diri dari sifat iri hati.

13. Pemaaf

Pemaaf adalah sifat yang sangat diperlukan untuk mendapatkan ketenteraman hati dan jiwa.

Makanan Dan Minuman Rasul

1. Minuman yang Manis dan Dingin.

Rasulullah sangat menyukai minuman yang rasanya manis dan dingin.
Dari Aisyah radhiyallahu anha meriwayatkan, “Minuman yang paling disukai Rasulullah adaah minuman yang manis dan dingin.”(HR. Tirmidzi)

2. Makanan yang Manis.

Rasulullah sangat menyukai makan yang manis-manis rasanya, seperti buah-buahan yang manis dan segar. Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata, bahwa Rasulullah gemar makanan manis-manis dan madu…”(HR. Bukhari)

3. Susu 

Rasulullah menyukai susu sebagai makanan dan munimannya. Karena di dalam susu banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh dan bisa membuat kenyang tanpa menyantap makanan. “Tidak ada sesuatupun yang bisa berfungsi sebagai makanan sekaligus minuman selain susu.”

Mau dapat kesempatan untuk berangkat umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Betapa sederhana dan mudahnya Rasulullah saw dalam menjaga kesehatan baik itu lahir maupun batin. Semoga kita semua senantiasa bisa mempraktikan dalam kehidupan kita sehari – hari agar selalu sehat lahir batin seperti Rasulullah saw. aamiin

Facebook Comments