Roman Theater, Gedung Teater Tempat Pertunjukan di Kota Amman-Yordania

Tempat yang juga cukup menarik di kawasan Yordania adalah Roman Theater. Tempat ini merupakan gedung yang mempunyai ukuran cukup besar dan curam. Tempat ini bisa menampung orang sampai dengan 6000 penonton. Tempat ini dibuat pada masa pemerintahan Marcus Aurelius yaitu pada tahun 169-177 Masehi.

Monumen monumental Jordan sampai hari ini mungkin adalah teater, yang dibangun pada masa pemerintahan Antoninus Piusyang bisa menampung ribuan orang orang. Teater dan odeon berada di dua sisi sebuah forum bertingkat, yang hanya sebagian kecilnya masih ada sampai sekarang. Ini awalnya berdiri di samping sungai dan jalan utama, Decumanus Maximus; arus sekarang berada di gorong-gorong bawah tanah dan jalannya sudah lama dibangun. Sebuah gerbang tiga melengkung yang pernah berdiri di sebelah utara forum juga telah lenyap; itu adalah pintu masuk ke tangga prosesi sampai ke benteng, dan disebutkan oleh pelancong pada akhir 1900. Pada tahun 1948, teater tersebut menyediakan tempat perlindungan sementara bagi ribuan pengungsi Palestina yang melarikan diri dari rumah mereka di tempat yang menjadi Israel. Dalam dua minggu, populasi Amman hampir dua kali lipat.

Roman Theater sendiri terdiri dari 3 daerah horizontal. Yang kesatu adalah daerah pintu masuk yang ada di lantai dasar, yang kedua berupa daerah yang hendak menuju ke orchestra, dan yang ketiga meruapakan tempat yang digunakan untuk panggung. Salah satu sisi yang ada di kamar yang terletak di balik pintu kini digunakan sebagai Museum Tradisional Yordania, dan terdapat juga sisi lain yang berfungsi sebagai Museum Rakyat Yordania.

Saat tempat ini ini diperbarui pada tahun 1957, cukup banyak bahan asli bangunan ini yang diganti sehingga sekarang bangunan ini tidak lagi sepenuhnya asli. Namun demikian, hasil pembaruan bangunan ini sangat mengesankan juga tidak meninggalkan nilai estetika aslinya. Jika kita hendak menonton beberapa pertunjukkan disini, maka sebaiknya kita pergi pada bulan Juli atau Agustus.

 

 

 

 

Facebook Comments
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com