1
Haji Umroh Umroh & Haji

5 Rukun Umroh ini Wajib Kamu Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam Islam, rukun merupakan hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Rukun ini terdiri hal-hal yang harus dilakukan dalam proses pelaksanaan ibadah. Jadi rukun umroh merupakan rangkaian aktivitas ibadah yang wajib dilakukan dalam ibadah umroh.

Umroh adalah ibadah dalam Islam yang biasanya disebut Haji kecil yang memiliki empat rukun umroh. Secara bahasa, Umroh bisa diartikan sebagai niat atau ziarah. Maksud dari ziarah di sini adalah mengunjungi Baitullah. Sedangkan secara istilah, Umroh berarti niat mengunjungi Baitullah disertai dengan ibadah-ibadah khusus yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Anda yang Mau Beribadah Umroh, Sebaiknya Cari Paket Umroh yang Terbaik

Rukun Umroh

Dalam pelaksanaan ibadah ini, berikut 5 (lima) rukun umroh yang harus dilakukan.

1. Ihram, berniat untuk memulai umroh

`Ihram adalah tahap pertama dari rukun Umroh. Saat melakukan Ihram, Jama’ah mengucapkan niat dengan menggunakan pakaian Ihram. Niat saat Ihram disunnahkan untuk diucapkan secara lisan. Disunnahkan juga melakukan Ihram di tempat Miqat yang telah ditentukan.

Niat Ihram (Umroh)

Labbaika Allahumma Umratan.

Artinya :

webinar umroh.com

“Aku sambut panggilan-Mu ya Allah untuk niat berumroh.”

Pakaian ihram bagi laki-laki adalah dua lembar kain Ihram. Dua lembar kain tersebut dipakai sebagai sarung dan penutup pundak. Bagi wanita, pakaian Ihram yang disyariatkan adalah menutup seluruh tubuh dan tidak diperbolehkan memakai cadar atau niqab. Memakai sarung tangan juga tidak diperbolehkan.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

2. Thawaf

Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Dalam umroh, thawaf ini merupakan rukun kedua. Titik awal Thawaf dimulai dari Hajar Aswad. Disunnahkan untuk mengusap Hajar Aswad setiap melewatinya.Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jama’ah diperbolehkan memberi isyarat dengan melambaikan tangan.

Saat Thawaf, tidak ada doa atau dzikir yang diwajibkan. Dengan begitu, kita diperbolehkan mengucapkan lafadz dzikir atau doa apapun.

Baca Juga: Ini Syarat-syarat Agar Thawaf yang Dilaksanakan Sah

3. Sa’i

Rukun ketiga dari ibadah umroh adalah sa’i. Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Sa’i juga dlakukan sebanyak tujuh kali. Saat melakukan Sa’i, tidak ada doa yang wajib dibacakan. Jama’ah diperbolehkan berdzikir dan memanjatkan doa yang diinginkan. Bukit Marwah adalah tempat berakhirnya ibadah Sa’i.

Ritual dalam rukun Sa’i ini berasal dari kisah Siti Hajar saat mencarikan minum bagi anaknya, Ismail. Saat itu, karena kebingungan, istri Nabi Ibrahim itu berlari bolak-balik antara bukit Shafa dan Marwah. Saat melakukan Sa’i, kita melakukan napak tilas terhadap perjuangan Siti Hajar, serta keyakinannya terhadap kebesaran dan kasih sayang Allah.

Karena iman yang kuat tersebut, Allah menganugerahkan air zam-zam bagi kota Mekkah. Hingga kini, mata air zam-zam tidak pernah surut dan menjadi berkah bagi seluruh jamaah dan penghuni kota Mekkah.

4. Tahallul

Tahallul adalah rukun umroh yang keempat atau terakhir. Jamaah Umroh melakukan Tahallul selesai menunaikan Sa’i. Tahallul dilaksanakan di Bukit Marwah. Saat melakukan Tahallul, jamaah mencukur sebagian atau seluruh rambut di kepala. Bagi pria, disunnahkan mencukur semua rambutnya. Bagi jamaah pria yang ingin mencukur semua rambutnya,

Tahallul dilakukan di luar Masjidil Haram. Biasanya, di pintu Masjidil Haram yang dekat bukit Marwah, terdapat banyak tukang cukur yang menawarkan jasanya. Sedangkan bagi wanita, Tahallul dilakukan dengan menggunting minimal tiga helai rambut.

Wanita harus dipotong rambutnya oleh sesama jamaah wanita yang telah melakukan Tahallul. Suami dari jamaah wanita juga diperbolehkan mencukur rambut istrinya. Tidak diperbolehkan bagi wanita untuk dicukur oleh pria yang bukan muhrimnya. Setelah melakukan Tahallul, jama’ah bebas dari larangan selama melakukan Umroh.

5. Tertib

Tertib maksudnya semua rukun di atas harus dilakukan secara berurutan. Jika tidak ibadah umroh tidak sah.

Demikian ulasan tentang rukun umroh yang telah dirangkum umroh.com.

Baca Juga: Keutamaan dari Ibadah Umroh

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Tanya Jawab Seputar Rukun Umroh

1. Apa rukun umroh yang pertama?

Rukun Umroh pertama adalah Ihram. Ihram berarti berniat untuk memulai umroh.

2. Apa rukun umroh yang kedua?

Rukun Umroh kedua adalah Thawaf. Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

3. Apa rukun umroh yang ketiga?

Rukun Umroh ketiga adalah Sa’i. Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali.

4. Apa rukun umroh yang keempat?

Rukun Umroh keempat adalah Tahallul. Tahallul adalah rukun umroh yang keempat atau terakhir.

5. Apa rukun umroh yang kelima?

Rukun Umroh kelima adalah Tertib. Tertib maksudnya semua rukun di atas harus dilakukan secara berurutan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.