1
Motivasi

Saat Mood Turun, Lakukan 8 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Perasaan manusia bisa mengalami naik dan turun. Ada kalanya kita merasa bersemangat, ada juga waktu-waktu saat kita merasa down dan tidak mood. Sayangnya, tidak setiap kondisi yang kita alami bisa berkompromi dengan mood. Mau tidak mau, kita harus berusaha menaikkan mood agar segala aktivitas tidak terbengkalai.

Jika mood sedang turun, lakukan hal di bawah ini.

Jangan Berkutat dengan Hal yang Membuatmu Pusing

Ketika kamu merasakan pikiran sedang sumpek hingga membuatmu tidak mood, segera alihkan pikiranmu. Pikirkan sesuatu yang membuatmu kembali bersemangat. Salah satu cara mengalihkannya adalah dengan merencanakan kegiatan menyenangkan dengan teman atau keluarga. Ketika kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta, pikiranmu jadi lebih tenang setelah menghadapi hari yang tidak menyenangkan.

Lampiaskan Emosi

Sebagai manusia biasa, sangat mungkin kita merasakan emosi yang negatif, misalnya marah, sedih, atau kecewa. Tidak masalah jika ingin melampiaskannya. Salah satu cara melampiaskan emosi adalah dengan menangis. Jika ingin melampiaskan emosi, pastikan caranya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ambil Nafas Dalam-Dalam

Mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan memiliki efek terapi. Dengan cara itu, kita bisa menenangkan pikiran. Ketika pikiran sedang sumpek dan tidak mood, cobalah tarik nafas perlahan lalu hembuskan. Fokuskan pada setiap hembusan nafas. Lakukan beberapa tarikan nafas yang panjang dan dalam. Rilekskan tubuh dan pikiran. Dengan begitu, hatimu jadi lebih tenang.

Lakukan Hal yang Membuatmu Bahagia

Jika ada hal yang membuatmu mood jadi tidak baik, cobalah berfokus pada diri sendiri. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang membuatmu bahagia. Misalnya jalan-jalan di alam terbuka, nonton tayangan favorit, makan makanan yang kamu sukai dan sebagainya.

Bersedekah

Bersedekah dan membantu orang lain bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik. Dengan memberi, kita jadi lebih merasa bahagia.  Jika kamu merasa sedang tidak enak, segera keluarkan sebagian dari harta atau tenaga untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, suasana hatimu jadi lebih lapang.

Berbagi Dengan Orang Terpercaya

Salah satu cara untuk menaikkan mood adalah dengan membicarakan hal-hal yang mengganggu pikiranmu. Temukan orang-orang yang kamu percaya untuk jadi tempat berbagi. Misalnya orang tua, saudara, pasangan, atau sahabat. Dengan begitu, kamu jadi merasa lebih tenang dan pikiranmu jadi lebih ringan.

webinar umroh.com

Berolahraga

Berolahraga bisa membantu melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh. Dengan berolahraga, kamu jadi merasa lebih ringan, lebih bersemangat, dan lebih bahagia. Untuk menaikkan mood saat sedang sedih, segera lakukan olahraga sederhana. Misalnya berjalan kaki, senam atau aktivitas fisik lain yang kamu sukai.

Ekspresikan Lewat Seni

Cobalah mengekspresikan kegundahan hati lewat jalan yang lebih produktif. Kamu bisa menghasilkan karya berupa lukisan atau tulisan untuk membantu menyalurkan emosi yang sedang kamu rasakan. Berekspresi lewat seni bisa menjadi cara menaikkan mood. Kamu pun menjadi lebih bahagia.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.