1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Sadarilah Jika Kita Sangat Butuh Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

.
Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

“Seluruh makhluk amat butuh pada Allah dalam setiap aktivitasnya, bahkan dalam diam mereka sekali pun. Secara dzat, Allah sungguh tidak butuh pada mereka. Oleh karena itu, Allah katakan bahwa Dialah yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji, yaitu Allah-lah yang bersendirian, tidak butuh pada makhluk-Nya, tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah sungguh Maha Terpuji pada apa yang Dia perbuat dan katakan, juga pada apa yang Dia takdirkan dan syari’atkan.”
.
Seluruh makhluk sungguh sangat butuh pada Allah dalam berbagai hal.
.
Makhluk masih bisa terus hidup, itu karena karunia Allah.
.
Anggota badan mereka begitu kuat untuk menjalani suatu aktivitas, itu pun karena pemberian Allah.
.
Mereka bisa mendapatkan makanan, rizki, nikmat lahir dan batin, itu pun karena kebaikan yang Allah beri.
.
Mereka bisa selamat dari berbagai musibah, kesulitan dan kesengsaraan, itu pun karena Allah yang menghilangkan itu semua.
.
Allah-lah yang memberikan mereka petunjuk dengan berbagai hal sehingga mereka pun bisa selamat.
.
Jadi, makhluk sudahlah pasti jika mereka teramatlah butuh kepada Allah dalam melakukan penghambaan kepada-Nya, cinta kepada-Nya, ibadah kepada-Nya, dan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya.

Seandainya mereka tidak melakukan suatu penghambaan yang semacam ini, maka sudah niscaya jika mereka akan hancur, serta ruh, hati, dan juga seluruh kondisi mereka pun akan hancur dan binasa.
.
Di antara bentuk ghina Allah yaitu suatu perbuatan yang merasa tidak butuh pada makluk-Nya, adalah Allah tidak butuh pada ketaatan yang dilakukan oleh orang yang taat. Tetapi sebaliknya, kita semua wajib menyadari bahwa sejatinya hamba-Nya lah yang membutuhkan Allah, sehingga bentuk ketaatan itu pada dasarnya karena kebutuhan dari hamba itu sendiri, dan bukan karena Allah yang butuh.

Perlu kita ketahui, bahwa sama sekali tidak memudhorotkan Allah jika seorang hamba berbuat maksiat.

Bahkan mungkin sering kita dengar pula sebuah ungkapan yang menyebutkan jika seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini beriman, tidak akan menambah kerajaan-Nya sedikit pun juga.

Begitu pula jika seluruh makhluk yang ada di muka bumi kafir, tidak pula mengurangi kerajaan-Nya sedikit pun.