1
Kuliner

Saleeg, Hidangan Anti Gagal yang Lezat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saleeg adalah nasi yang dimasak dalam kaldu dan susu. Hidangan ini merupakan hidangan tradisional di Kerajaan Arab Saudi. Banyak yang bilang Saleeg mirip dengan risotto ala Italia, atau bubur ala Indonesia. Hal yang membedakannya adalah Saleeg dibuat dengan menggunakan susu.

Tak Mungkin Tidak Enak

Saleeg sering disebut oleh orang Arab sebagai hidangan yang bisa memutihkan wajah atau face whitening dish. Maksudnya adalah kuliner Timur Tengah ini tidak akan membuatmu malu di depan para tamu, karena sudah pasti enak. Teksturnya yang lembut, serta rasanya yang gurih membuat siapapun tidak kuasa menolaknya.

Dibuat dari Bahan Sederhana

Saleeg mudah dibuat dan hanya memerlukan bahan-bahan sederhana. Kita hanya memerlukan beras, ayam, susu, dan bumbu rempah. Karena itulah, Saleeg sering menjadi pilihan untuk. dihidangkan pada jamuan makan malam. Kebanyakan para tamu akan merasa puas dan senang dengan hidangan ini.

Berasal dari Hijaz

Saleeg berasal dari daerah Hijaz di bagian barat Saudi Arabia. Dari daerah ini, Saleeg kemudian dinobatkan sebagai hidangan nasional. Saleeg kini banyak ditemukan di daerah sekitar Mekah dan Tabuk. Biasanya, hidangan ini dimasak pada acara-acara tertentu.

Disukai Anak-Anak

webinar umroh.com

Saleeg adalah makanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Cita rasanya yang gurih dan lembut memang menjadi rasa favorit anak-anak.  Banyak orang tua membuatkan Saleeg untuk anak-anak mereka.

Menurut para orang tua di Arab Saudi, anak mereka yang biasanya susah makan tidak akan menolak Saleeg. Selain rasanya gurih dan lezat, Saleeg juga sangat kaya akan nutrisi dan mudah dicerna oleh anak-anak. Tidak heran hidangan Timur Tengah ini sering dipilih orang tua untuk anak-anak mereka.

Proses Memasak yang Mudah

Memasak Saleeg diawali dengan merebus ayam untuk mengambil kaldunya. Kemudian, nasi dimasak dengan kaldu dari ayam tersebut. Ketika nasi telah matang, ditambahkan susu ke dalamnya. Proses memasak nasi berlanjut hingga nasi menjadi lembut creamy.

Dihidangkan Bersama Topping, Salad, atau Roti

Secara tradisional, Saleeg biasanya dihidangkan panas-panas di piring besar yang disebut Tabasi. Di atasnya kemudian diberi topping ayam bakar atau daging. Saleeg bisa dihidangkan dengan Salata Hara untuk memberikan aroma tajam. Banyak juga yang menyajikan Saleeg dengan Duggus (saus tomat cabai), acar lemon, dan salat yang terbuat dari timun, parsley, tomat, jus lemon, garam dan gula.

Menggunakan Beras Amerika dan Mesir

Tidak seperti kebanyakan hidangan Arab Saudi yang menggunakan beras panjang seperti basmati, Saleeg dimasak dengan kombinasi beras dari Mesir dan Amerika. Neras yang berasal dari sana biasanya memiliki butiran yang lebih pendek dan lebih cepat matang. Inilah yang membuat teksturnya jadi lebih mudah creamy

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.