1
Kuliner

Sambousek, Pie Mini Isi Daging ala Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sambousek adalah pastry ala Timur Tengah. Pastry ini dibuat dengan mengisinya dengan berbagai macam isian. Bagi warga Barat, Sambousek mirip dengan pie, namun dibuat dengan menutup adonan dan mengisinya dengan berbagai macam isian. Ada yang membuat Sambousek dengan isian keju, dan ada pula yang membuatnya dengan isian daging.

Populer di Timur Tengah

Hidangan ala Timur Tengah ini mirip dengan empanadas di Amerika Latin, atau samosa di India. Hidangan ini sangat populer di Timur Tengah dan biasa disajikan sebagai hidangan pembuka atau snack. Sambousek banyak dihidangkan di acara jamuan makan ala Timru Tengah.

Disajikan dalam Beragam Bentuk                                  

Ada beragam bentuk Sambousek. Berbeda wilayah menyajikan Sambousek dengan cara yang berbeda. Ada yang membuat adonan kulit Sambousek tebal dan lebih mirip roti yang tipis. Ada juga yang membuat adonan kulitnya tipis dan crispy seperti kulit pangsit.

Dari bentuk, kita juga bisa melihat beragam bentuk Sambousek di Timur Tengah. Ada Sambousek yang berbentuk segitiga. Biasanya Sambousek segitiga memiliki kulit yang tipis dan crispy.  Sambousek dengan kulit yang tipis dan crispy ini biasanya juga berbentuk gulungan silinder.

Mirip Kue Pastel Khas Indonesia

Ada juga Sambousek yang dibuat dengan bentuk seperti bulan sabit. Bagian pinggir Sambousek bulan sabit ini dipilin untuk merekatkan adonan yang mulanya berbentuk pipih bundar. Sekilas, Sambousek bulan sabit ini mirip kue pastel di Indonesia. Hanya saja jika kue pastel berisi kentang, ayam dan sayuran, Sambousek ala Timur Tengah berisi penuh dengan daging.

Beragam Isian Sambousek

Selain bentuk, isi dari Sambousek juga beragam. Ada sambousek yang diisi dengan daging domba, atau daging kambing, atau daging sapi. Ada juga yang mengisinya dengan beraneka macam keju. Keju yang banyak digunakan untuk mengisi Sambousek adalah keju feta. Selain itu, ada juga yang mengisinya dengan sayuran dan rempah-rempah.

Diisi dengan Daging Berbumbu

Daging yang menjadi isian Sambousek biasanya dibumbui dengan bawang bombay dan beragam rempah khas Timur Tengah. Terlebih dahulu, daging dimasak dan ditumis dengan bawang bombay dan rempah-rempah. Setelah matang, daging akan diisikan ke dalam kulit pastry.

Adonan Kulit Sambousek yang Gurih

Adonan dari kulit Sambousek dibuat dari campuran tepung, ragi, serta gula dan garam. Setelah bahan-bahan tersebut dicampur, akan dimasukkan minyak dan air hangat. Inilah yang membuat kulit Sambousek terasa gurih dan sedap. Proses menggoreng atau deep fry untuk mematangkan Sambousek membuat kulitnya semakin crispy dan gurih.

webinar umroh.com

Perpaduan antara kulit yang gurih dengan isian daging berbumbu membuat Sambousek menjadi kudapan yang tidak bisa ditolak. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Bahkan wisatawan yang datang ke Timur Tengah juga menyukai Sambousek.

Dijual sebagai Street Food

Sambousek juga banyak dijual sebagai makanan pinggir jalan atau street food. Kita bisa menemukan Sambousek di kedai-kedai di jalanan Abu Dhabi, Dubai, Israel, hingga Lebanon.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.