1
Motivasi Tips

Sayangi Dirimu dengan 4 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menyayangi diri sendiri bukan berarti bersikap egois dan tidak memikirkan orang lain. Hal terpenting dari menyayangi diri sendiri adalah memastikan bahwa seluruh kebutuhan kita terpenuhi. Dengan mencintai diri sendiri, kita jadi lebih mudah untuk memberikan cinta bagi orang di sekeliling kita. Di samping kebutuhan pokok, pastikan kamu memenuhi empat hal ini sebagai langkah menyayangi diri sendiri.

  1. Pastikan Kesehatan Spiritual

Hal utama yang perlu kamu pastikan untuk menyayangi dirimu adalah kesehatan spiritual. Pastikan kamu memiliki kondisi jiwa yang tenang dan bahagia. Dengan ketenangan dan kebahagiaan, kamu jadi lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari. Seseorang dengan kondisi spiritual yang lemah akan mudah putus asa dan merasa stres dengan tantangan kehidupan.

Pastikan kesehatan spiritualmu dengan beribadah yang teratur. Penuhi panggilan Allah lima kali dalam sehari. Sholat adalah fasilitas yang Allah berikan agar kita mudah menjalani kehidupan. Bila perlu, perbanyak ibadah sunnah agar kamu semakin terhubung dnegan Allah. Dengan begitu, kondisi spiritualmu jadi lebih sehat.

Berolahraga juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan spiritual. KOmbinasi antara jiwa yang sehat dan badan yang sehat akan membuat dirimu bahagia dan tenang. Sayangi dirimu dengan melakukan olahraga favorit. Kamu bisa berjalan kaki di pagi hari, senam, menari, dan sebagainya. Apapun jenisnya, olahraga yang baik bisa menghasilkan hormon endorfin, hormon bahagia yang sangat penting bagi dirimu.

Pastikan juga kesehatan spiritualmu dengan melakukan afirmasi positif. Perbanyak ucapan-ucapan yang baik dan bernada optimisme. Hindari menjelek-jelekkan diri sendiri dan memikirkan hal-hal buruk. Banyak bersyukur juga merupakan salah satu cara melakukan afirmasi positif. Dengan bersyukur, kita jadi lebih sadar akan semua hal baik yang telah Allah berikan kepada kita.

  1. Penuhi Kebutuhan Beristirahat

Jangan rusak dirimu dengan bekerja tak kenal waktu. Sayangi dirimu, dan penuhi kebutuhannya untuk beristirahat. Tubuh manusia membutuhkan istirahat agar bisa berfungsi dengan baik setiap hari. Kamu bisa menggunakan waktu istirahatmu untuk membaca buku, melakukan perawatan kecantikan, mendengarkan podcast atau kajian, dan sebagainya. Sayangi dirimu dengan memberinya kesempatan untuk beristirahat dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Pastikan kamu mendapat istirahat yang cukup. Tidurlah sebanyak tujuh hingga delapan jam sehari. Salah satu tanda istirahatmu cukup adalah kamu bangun dalam keadaan segar keesokan harinya. Dengan begitu, fungsi organmu jadi terjaga dan kamu akan terhindar dari penyakit berat di usia muda.

  1. Mengekspresikan Diri

Setiap manusia membutuhkan sarana untuk mengespresikan diri. Jika tidak dipenuhi, seseorang akan merasa kehilangan jati diri dan kehilangan antusias untuk hidup. Sayangi dirimu dengan melakukan kegiatan yang membuatmu merasa ‘hidup’.

webinar umroh.com

Lakukan hobimu, dan ekspresikan dirimu di bidang yang kamu sukai. Jika kamu suka menulis, buatlah tulisan yang membuatmu merasa bermanfaat. Jika kamu hobi melukis, pergilah ke tempat dengan pemandangan indah untuk menghasilkan karya. Lakukan semua hal agar semua potensi dirimu tereksplorasi. Dengan begitu, kamu jadi lebih bahagia.

  1. Jalin Silaturahim

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Salah satu cara untuk menyayangi diri sendiri adalah dengan menjalin hubungan dengan orangyang kamu sayangi. Habiskan waktu dengan mereka yang bisa membuatmu merasa lebih hidup. Orang tua, sahabat, pasangan, keluarga, dan sebagainya. Jika lokasi mereka jauh, sempatkan untuk menelepon dan berbagi cerita. Kamu juga bisa membuat janji dengan temanmu untuk sekedar berbincang dan minum teh. Kamu akan semakin bersyukur bahwa Allah menghadirkan orang-orang itu untuk menemanimu menjalani kehidupan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.