1
Parenting

Sederhana, Ini 8 Hal yang Membuat Anak Bahagia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Anak adalah anugerah bagi orang tua. Segala yang terbaik pasti akan diberikan kepada anak. Orang tua akan berusaha memberikan hal-hal terbaik agar anak merasa bahagia. Namun ternyata anak-anak hanya membutuhkan hal yang sederhana agar ia merasa bahagia. Di bawah ini adalah hal-hal sederhana yang bisa membuat anak senang dan bahagia.

Didengarkan ketika Berbicara

Ketika mulai bisa berbicara, anak akan sangat antusias bercerita tentang segala hal yang ia lihat atau ia alami. Tidak sulit untuk membuat anak-anak bahagia. Cukup dengarkan apa yang mereka katakan. Tunjukkan bahwa kita fokus pada apa yang ia bicarakan. Tunjukkan juga wajah yang antusias terhadap cerita mereka, dan sesekali berikan tanggapan terhadap detail pada cerita mereka.

Dipahami Perasaannya

Setiap orang pasti ingin dipahami perasaannya, termasuk anak-anak. Memahami perasaan berarti mengizinkan anak-anak untuk menunjukkan dan mengekspresikan emosi sesuai apa yang ia rasakan. Tunjukkan bahwa orang tua memahami apa yang dirasakan anak. Jangan sampai ketika anak sedang mengekspresikan isi hatinya, orang tua mengabaikan dan tidak memperdulikan perasaannya.

Dipuji Kelebihannya

Pujian sangat penting diberikan oleh orang-orang di sekitar anak, agar ia mengetahui di mana letak kelebihannya. Selain membuat anak bahagia, pujian akan membentuk konsep diri positif, yang akan menjadi bekal untuknya meraih kesuksesan di masa depan. Namun perlu diperhatikan cara kita memujinya. Jangan sampai kita terlalu membesar-besarkan kelebihannya, tanpa mengoreksi perilakunya yang perlu diperbaiki.

Diijinkan untuk Berteman dengan Anak-Anak Lain

Berinteraksi dengan teman sebaya akan menjadi hal yang membuat anak bahagia. Orang tua bisa melatih kemampuan sosial anak dengan mengajaknya bertemu dengan teman-teman sebayanya. Anak akan senang jika orang tua mengizinkannya untuk bermain dan bereksplorasi bersama dengan anak-anak yang seumuran. Selain belajar bersosialisasi, bergaul dengan anak-anak seumurannya akan membuat anak belajar memecahkan masalah.

Diijinkan Bermain

Bermain adalah dunia anak. Anak-anak yang dilarang bermain tentu akan merasa sangat sedih karena ia kehilangan dunianya. Dengan bermain, ada banyak hal yang akan dipelajari anak. Mulai dari belajar mengambil peran, berimajinasi, memecahkan masalah, hingga mengasah kemampuan motoriknya.

Ditemani oleh Orang Tua

Anak akan merasa senang ketika orangtuanya hadir dan menemaninya. Tentu saja orang tua memiliki kesibukan yang bertujuan untuk memberikan kehidupan yang baik bagi anak. Namun untuk membuat anak bahagia, sempatkan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak. Terutama di hari libur atau ketika waktu makan, misalnya makan malam atau sarapan. Usahakan makan malam bersama atau sarapan bersama anak agar anak tetap merasakan kehadiran orang tuanya setiap harinya.

Disambut dengan Bahagia oleh Orang Tuanya

Mengetahui orang tua sangat menantikan kehadirannya adalah hal yang sangat membahagiakan bagi anak. Ketika berjumpa dengan anak, pastikan raut wajah kita gembira dan menunjukkan rasa bahagia ketika menatap wajahnya. Ini akan membuat anak merasa nyaman ketika berada di tengah keluarganya.

webinar umroh.com

Diberi Sentuhan dan Kata-Kata Penuh Kasih Sayang

Sentuhan dan kata-kata penuh kasih sayang penting untuk membuat anak bahagia. Tujuannya adalah agar anak mengetahui secara pasti bahwa orang tuanya menyayanginya. Walaupun tidak semua orang terbiasa untuk mengatakannya, paling tidak katakan sesekali agar anak-anak merasakan kehangatan kasih sayang di dalam keluarga.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.