1
Kuliner

Segar! 5 Minuman Khas Dubai untuk Obati Dahagamu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Cuaca Dubai yang terik tentu akan membuatmu ingin minuman yang segar. Setelah puas berkeliling dan belanja di Dubai, yuk, nikmati kesegaran 5 minuman tradisional Dubai ini.

Jellab

Minuman segar ini termasuk dalam hidangan tradisional Timur Tengah yang klasik. Jellab adalah campuran dari grape molasses (sari tebu) dengan air mawar. Minuman ini biasa dinikmati dengan beragam topping. Kita bisa memilih topping yang diinginkan, mulai dari kacang pinus, hingga kismis.

Jellab sangat populer di Dubai. Minuman ini banyak dinikmati saat musim panas. Di Bulan Ramadhan, Jellab juga sering menjadi hidangan untuk berbuka.

Laban

Rasa lelah setelah berkeliling dalam cuaca terik Dubai akan terobati dengan segelas Laban. Laban adalah minuman dingin yang terbuat dari buttermilk. Minuman ini sangat mudah dijumpai. Mulai dari di kedai tradisional, hingga di supermarket dengan kemasan modern.

Banyak penjual yang menjual Laban dengan versi original, atau berbagai varian. Kita bisa memilih Laban dengan tambahan kurma, air mawar, orange blossom, atau rempah-rempah seperti saffron dan kapulaga. Tambahan bahan-bahan tersebut akan membuat Laban yang creamy dan menyegarkan menjadi semakin kaya cita rasa.

Qamardeen

webinar umroh.com

Qamardeen adalah minuman segar yang banyak dinikmati warga Dubai, terutama saat cuaca panas. Minuman ini juga menjadi menu berbuka favorit di Bulan Ramadhan. Keluarga di Dubai biasa menyajikan ini untuk berbuka bagi keluarga besar dan para tamu dalam jamuan berbuka.

Qamardeen adalah minuman kental yang terbuat dari apricot. Biasanya, minuman ini dibuat dari pasta apricot yang dikeringkan. Cita rasa minuman yang manis dan segar ini bisa dinikmati di beberapa pasar tradisional juga, lho.

Ayran

Jika kamu menyukai yoghurt, Ayran pasti akan menjadi minuman favoritmu. Minuman ini terbuat dari yoghurt yang asam dan creamy. Ayran banyak dijumpai di berbagai lokasi di Dubai. Ayran biasa dinikmati dengan es dan diberi sedikit garam. Cita rasanya jadi lebih asam dari yoghurt biasa. Inilah yang membuat Ayran sangat segar dikonsumsi saat cuaca panas.

Jus Segar

Jus buah memang bukan minuman tradisional khas Dubai. Akan tetapi, kita bisa menemui banyak penjual jus saat cuaca panas di Dubai. Varian paling populer adalah lemonade dengan mint. Minuman ini dipercaya warga lokal Dubai sebagai penawar saat cuaca sedang panas-panasnya.

Warga Dubai biasa menyebut minuman tersebut dengan sebutan lemon-mint. Minuman ini menjadi minuman sehari-hari. Warga Dubai biasa menikmatinya saat kepanasan, atau menyegarkan lidah saat menikmati hidangan lokal yang cita rasanya tajam dan berat.

Lemonade dengan cita rasa lokal khas Dubai ini dibuat dengan merendam asam di dalam air, kemudian diberi tambahan gula dan air lemon. Minuman ini juga biasa disebut Tamar Hindi. Kesegaran minuman lemon yang manis dan dan asam ini juga sangat populer di wilayah Syam lainnya.

Jus buah lain yang bisa ditemui di Dubai adalah jus semangka, melon, nanas, dan pepaya. Di beberapa cafe, jus-jus buah biasanya dibuat dengan campuran susu unta dan laban. Dengan versi ini, jus buah menjadi lebih kental dan creamy. Segar!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.