1
News

Sejarah Pemburu Kepala Borneo

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sepanjang sejarah, masyarakat saling berperang satu sama lain. Beberapa, termasuk suku-suku di Kalimantan, memotong kepala korban mereka dan melestarikannya sebagai piala atau untuk tujuan ritualistik. Temukan dasar dan motif di balik headhunter terkenal dan menakutkan di Kalimantan.

Pengayauan di Kalimantan

Pemburu kepala di Kalimantan aktif hingga sekitar satu abad yang lalu. Berbagai suku, termasuk Iban Sarawak dan Murut dan Kadazan-Dusun Sabah membawa ketakutan kepada penjajah awal Inggris. Victoria Britania menjuluki tanah ‘Kalimantan Barbaric’ yang cocok untuk sifat suku asli. Beberapa mengumpulkan kepala prajurit musuh untuk dibawa pulang sebagai piala atau sebagai bukti kemenangan mereka. Yang lain harus membunuh dan membawa tengkorak itu kembali ke desa untuk izin menikah. Terlepas dari motifnya, praktik pengayauan di Kalimantan telah membangkitkan minat dan menanamkan rasa takut pada orang luar selama beberapa generasi. Pengunjung dapat memasuki bekas rumah panjang dan melihat tengkorak masih menggantung dari atap. Bahkan hari ini, komunitas pedesaan sesekali masih menjaga kepala yang ditangkap oleh leluhur mereka.

Iban

Iban Sarawak membentuk sekitar 30% dari populasi negara bagian. Pada abad ke-21, banyak yang mengadopsi agama Kristen, tetapi masa lalu mereka memiliki kisah yang lebih gelap. Dalam budaya Iban, pengayauan selama pertahanan dan perluasan wilayah mereka tersebar luas. Mengumpulkan kepala dan membawanya kembali ke desa adalah tanda kejantanan dan sifat yang sangat dicari ketika datang ke pernikahan dan prestise di masyarakat. Orang Iban percaya memotong kepala memberi mereka roh yang pada gilirannya membuat kolektor lebih kuat. Larangan yang diterapkan oleh Sir James Brooke dari Inggris pada tahun 1800 menghambat praktik tersebut. Tetapi tradisi kuno dihidupkan kembali selama pendudukan Jepang dalam Perang Dunia II dan upaya Indonesia gagal untuk menyerang Sarawak pada 1960-an. Saat ini, sejumlah kecil pria Iban tua memiliki garis-garis berlekuk di punggung tangan mereka. Ini menunjukkan bahwa mereka telah membunuh dan memotong kepala seseorang sebelumnya.

Murut

Suku Murut ditakuti di seluruh Kalimantan karena praktik pengayauan mereka. Sementara Iban memutuskan kepala untuk ‘trofi’, masyarakat dan budaya Murut jauh lebih brutal dan kejam. Di dalam komunitas, seorang pemuda yang gagal mengumpulkan setidaknya dua kepala menerima sedikit rasa hormat. Sebelum menikah, pria harus memutuskan dan mendapatkan setidaknya satu kepala, sehingga mereka tidak dikucilkan. Kebetulan, sekelompok pemuda Murut melanjutkan penggerebekan headhunting reguler untuk membunuh dan memutuskan kepala siapa pun yang mereka temui. Tidak ada pria yang selamat, wanita dan anak-anak semuanya terbunuh. Itu tidak masalah. Yang penting adalah mengumpulkan kepala untuk ritual peralihan mereka ke kedewasaan.

Kadazan-Dusun

Pemburu kepala Kadazan-Dusun di Kalimantan mengikuti pendekatan yang lebih spiritual. Kepala dikumpulkan dari musuh yang menyerang dan ditawarkan sebagai bukti kemenangan. Korban Kadazan-Dusun hampir selalu pejuang. Tetapi latihan itu memiliki twist yang lebih mengerikan. Anggota suku ini adalah rohani dan percaya tubuh memiliki beberapa roh yang berangkat ke Gunung Kinabalu segera setelah kematian. Seorang prajurit muda Kadazan-Dusun perlu melepas kepala sementara korban masih hidup untuk melestarikan semangatnya. Seorang kepala dari mayat yang jiwanya sudah pergi tidak ada artinya dalam pandangan mereka. Komunitas mengadakan upacara khusus untuk menenangkan jiwa kepala. Mereka percaya jika mereka menjaga semangat, itu akan melindungi desa mereka dari bencana. Beberapa Kadazan-Dusun masih melindungi kepala yang dikumpulkan oleh leluhur mereka.