1
News

Senangnya, Kini Jamaah Tuna Rungu di Masjid Al Aqsa Bisa Memahami Khutbah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jamaah Palestina di Masjid Al Aqsa yang tunarungu kini dapat memahami khutbah shalat Jum’at di bulan Ramadhan. Dalam shalat Jum’at yang diselenggarakan di masjid Al Aqsa, kini disediakan penerjemah untuk jamaah yang tuna rungu. Salah seorang penerjemah bernama Thaer Daraghmeh yang bertugas membantu menerjemahkan khutbah ke dalam bahasa isyarat.

Keinginan Sejak Lama

Daraghmeh mengatakan bahwa menerjemahkan khutbah untuk jamaah yang tuna rungu di Masjid Al Aqsa merupakan mimpinya sejak bertahun-tahun yang lalu. Ia merasa senang karena mimpinya tersebut bisa menjadi nyata tahun ini.

Aksinya diawali dengan menghubungi dan memanggil jamaah yang tunarungu satu persatu. Kemudian mengundang mereka untuk datang ke Masjid Al Aqsa setiap Jum’at. Aktivitas ini telah Ia laksanakan selama bulan Ramadhan tahun ini.

Agar Jamaah yang Tuna Rungu Semangat Beribadah

Sebuah organisasi lokal menginisiasi penerjemah untuk jamaah tuna rungu di Masjidil Aqsha. Mereka menyediakan penerjemah bahasa isyarat untuk memfasilitasi jamaah yang tunarungu.

Di setiap shalat Jum’at, ada beberapa orang penerjemah yang ditugaskan untuk membantu jamaah tunarungu memahami khutbah yang sedang disampaikan. Gerakan ini untuk mendorong jamaah Palestina yang tunarungu untuk menghadiri kegiatan ibadah di Masjid Al Aqsa.

Disambut Baik oleh Jamaah yang Tuna Rungu

Salah seorang jamaah tuna rungu, bernama Muhammad, mengatakan bahwa ia sangat gembira karena jamaah tuna rungu akhirnya bisa datang dan beribadah ke Masjid Al Aqsa dengan nyaman. Sebenarnya ia telah terbiasa dengan tidak adanya penerjemah setiap ada ceramah atau khutbah.

Menurut Muhammad, jamaah tuna rungu dahulu tidak memahami apa yang sedang dibicarakan saat ada ceramah, khotbah atau saat ada perkumpulan kegiatan keagamaan. Ia menceritakan bahwa orang-orang yang tunarungu biasanya hanya bisa hadir secara fisik  namun tidak bisa memahami isi dari pertemuan tersebut.

Warga Hanya Bisa Beribadah di Hari Jum’at

Karena ada peraturan ketat dari Israel di Tepi Barat dan Gaza, warga Palestina yang tinggal di Yerusalem hanya bisa beribadah shalat di Masjid Al Aqsa pada hari Jum’at di bulan Ramadhan.

webinar umroh.com

Masjid Al Aqsa adalah Masjid paling suci ketiga bagi umat Islam yang terletak di Yerusalem, Palestina. Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama bagi umat Islam. Kompleks Masjid Al Aqsa berada di Kota Tua Yerusalem, dan di dalamnya terhadap terdapat banyak situs di antaranya adalah kubah batu atau Dome of The Rock atau qubbatu shakhrakh.

Kompleks ini memang menjadi tempat yang dianggap suci bagi tiga agama, yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Di dalam Kompleks Masjid ini, masing-masing agama memiliki situs sucinya masing-masing. Tidak heran Masjid Al Aqsa menjadi rebutan bagi 3 agama tersebut.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.