1
Tips

Sepatu Baru Tidak Nyaman, Lakukan Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Punya sepatu baru rasanya menyenangkan, ya. Biasanya kita tertarik membeli sepatu karena melihat modelnya yang lucu, cantik atau keren. Namun sepatu baru biasanya kurang nyaman digunakan karena memang cenderung kaku dan tidak pas dengan ukuran kaki. Jika dipakai, kita akan mengalami lecet dan tidak nyaman saat berjalan. Eits, jangan keburu kecewa dan mengira sepatu itu kekecilan.

Agar sepatu jadi lebih nyaman, lakukan cara di bawah ini.

Memakai Sepatu dalam Waktu yang Lama

Pakai sepatu baru untuk berjalan-jalan dalam waktu yang lama. Kamu bisa memakainya untuk berjalan-jalan di dalam rumah atau bepergian ke suatu tempat.

Agar lebih longgar, cobalah untuk memakai kaos kaki sebelum memakai sepatu. Dengan begitu, sepatu baru yang kekecilan akan lebih longgar nantinya. Kaos kaki juga untuk menghindarkan kakimu dari lecet. Semakin sering sepatu itu kamu gunakan, maka ia akan semakin melar dan menyesuaikan dengan ukuran kaki.

Memakai Hair Spray

Jika kamu tidak memiliki waktu, dan ingin agar sepatumu itu segera melar dan sesuai dengan ukuran kaki, cobalah untuk memanaskannya. Caranya adalah dengan memakai kaos kaki yang tebal, lalu pakailah sepatumu. Setelah itu, panaskan sepatumu dengan menggunakan hair dryer.

Ketika sepatu sudah mulai panas, kita bisa menggoyang-goyangkan jari kaki atau sepatu agar bisa lebih melar. Pakai terus sepatu hingga suhunya menurun. Panas dari hair dryer itu akan melembutkan sepatu, sehingga lebih mudah menyesuaikan dengan ukuran kakimu.

Panas dari hair dryer ini juga bisa melembutkan lem yang digunakan di sepatu. Sehingga kamu perlu berhati-hati saat memakainya untuk berjalan-jalan saat sepatu masih panas. Kamu bisa melakukan metode ini berulang kali, hingga sesuai dengan ukuran kakimu.

Perlu diingat untuk tidak memanaskan sepatu yang terbuat dari plastik atau pvc, karena mereka tidak akan melar, malah akan mengeluarkan senyawa racun ke udara. Jika sepatu yang ingin dilonggarkan adalah sepatu kulit, maka berikan pelembab sebelum memanaskannya.

webinar umroh.com

Memakai Kantong Plastik

Kantong plastik juga bisa kamu gunakan untuk membantu melonggarkan sepatu baru. Caranya adalah dengan mengisi kantong ziplock dengan air hingga setengah penuh, lalu masukkan ke dalam sepatu. Volume dari air di dalam plastik akan membantu melonggarkan sepatu.

Kita bisa menggunakan dua plastik agar bisa mengisi sepatu dengan lebih baik. Setelah itu, bekukan sepatu yang sudah diisi dengan kantung berisi air itu. Diamkan semalaman di dalam freezer.

Pastikan saat dimasukkan ke dalam freezer, bentuk sepatu terjaga dengan baik. kita bisa menggunakan nampan agar bentuk sepatu tetap terjaga saat dimasukkan ke dalam freezer. Setelah dikeluarkan dari freezer keesokan harinya, letakkan di temperatur ruang selama 15 menit, lalu angkat plastik airnya.

Menggunakan Biji-Bijian

Biji-bijian bisa juga digunakan untuk melebarkan sepatu yang kekecilan, lho. Kamu bisa menggunakan biji gandum atau beras. Caranya adalah dengan mengisi kantong plastik dengan biji-bijian, lalu masukkan air, dan tutup plastik dengan rapat. Masukkan plastik berisi air dan biji ke dalam sepatu.

Biji-bijian itu akan mengembang setelah terendam dengan air. Ketika biji-biji itu mengembang, tekanan yang timbul akan membantu melonggarkan material sepatu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.