1
Muslim Lifestyle

Sifat Tawadhu Artinya dan Manfaat di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Mempraktekkan sifat tawadhu dalam kehidupan ini memang sulit, karena terkadang kita juga pernah merasa lebih baik daripada orang lain. Namun kita harus membiasakannya. Ketika kita bertemu dengan orang lain, kita harus merasa bahwa ia lebih mulia daripada kita. Sehingga apabila setiap orang sudah memiliki sifat tawadhu artinya seperti yang mulia ini, Insya Allah tidak akan terjadi kezaliman antara satu manusia dengan yang lainnya. Lalu bagaimana hukum bertawadhu? Kita akan simak pembahasan ini.

Baca juga : Ini Hikmah Puasa Ramadhan yang Akan Dirasakan!

Macam Tawadhu

Sikap tawadhu menunjukkan rasa rendah diri dan santun terhadap sesama manusia tanpa memandang kasta dan harta yang dimiliki karena sesungguhnya Allah hanya menilai dan meningkatkan derajat manusia dengan akhlakul karimah yang dimilikinya. Ada dua macam sikap tawadhu yang biasa dimiliki oleh manusia, yakni tawadhu terpuji dan tawadhu tercela.

Tawadhu terpuji  adalah sebuah sikap merendahkan diri kepada Allah dan tidak berbuat semena-mena atau memandang remeh terhadap sesama. Tawadhu ini benar-benar di niatkan dari hati yang terdalam untuk sikap yang baik dan diridhai oleh Allah SWT.

Sedangkan tawadhu tercela adalah sikap merendahkan diri yang hanya dilakukan di hadapan orang yang lebih kaya dengan harapan culas agar ia bisa mendapatkan suatu keuntungan darinya. Tentu saja sikap tawadhu tercela ini tidak akan meningkatkan derajat di mata Allah, bahkan sebaliknya karena tawadhu tercela ini tidak disukai oleh Allah SWT.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Hukum Tawadhu

Memang tidak ada dalil khusus di dalam Al Quran yang mewajibkan seorang mukmin harus memiliki sifat tawadhu. Akan tetapi, beberapa kata yang terkandung di dalam Al Quran yang menyinggung tentang tawadhu memiliki arti dan maksud yang sama. Seperti halnya kata rendah hati, rendah diri, rendahkanlah, tidak sombong, lemah lembut, dan lain-lain.

Berikut ini adalah firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang berhubungan dengan tawadhu.

وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا

webinar umroh.com

Artinya: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (Al-Furqan Ayat: 63).

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.” (Qs. asy-Syu’araa’: 215)

Berikut ini adalah hadist Nabi Muhammad SAW yang mengharuskan umatnya untuk memiliki sifat tawadhu.

Dari Nabi SAW berkata, “Tidak akan masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar zarrah”. (HR. Muslim)

Dan Allah mewahyukan kepadaku agar kalian saling merendah diri agar tidak ada seorangpun yang berbangga diri pada yang lain dan agar tidak seorangpun berlaku zalim pada yang lain.” (HR.Muslim)

Berdasarkan beberapa dalil di atas dapat kita simpulkan bahwa hukum seseorang memiliki sifat tawadhu artinya bisa dikatakan amat penting, karena dengan tawadhu itulah derajat mukmin sejati akan ditinggikan oleh Allah SWT.

Nabi SAW berkata: “Tidaklah tawadhu seorang laki-laki kepada Allah SWT., kecuali Allah SWT mengangkat derajatnya.”

Yuk jadilah tamu Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Manfaat Punya Sifat Tawadhu

Tawadhu adalah sifat terpuji yang selain disukai Allah tapi juga memberi banyak manfaat bagi yang menerapkan. Sikap rendah hati dan tidak pernah menyombongkan kemampuan yang diri ini memberi manfaat positif seperti:

1. Mendapat Simpatik dari bayak orang

Sikap tawadhu lebih disukai dari pada sikap yang sombong dan jumawa oleh karena itu seseorang yang menerapkan sikap tawadhu’ akan mendapat banyak simpati dari orang-orang di sekitarnya.

2. Mempunyai Banyak Teman

Kemajuan teknologi dan modernisasi yang terus berkembang dengan pesatnya ini membuat kita harus pintar-pintar memilih teman untuk menghindari pengaruh-pengaruh negative yang diakibatkan dari tuntutan-tuntutan kemajuan teknologi tersebut.

Dengan memiliki sikap tawadhu, akan membuat orang lain jadi lebih nyaman berteman dan bergaul dengan kita. Karena sifat tawadhu’ memberi banyak manfaat dan pengaruh baik bagi orang-orang di sekitarnya sehingga akan mendapat penilaian positif dari orang-orang untuk dijadikan teman.

3. Dihormati Orang

Sikap rendah hati dan tidak pernah menyombongkan diri di hadapan orang lain terhadap ilmu-ilmu yang dimiliki akan secara otomatis mendapatkan nilai plus dan rasa hormat dari orang lain.

4. Hatinya Selalu Tenteram dan Tenang

Umroh.com merangkum, dengan sikap tawadhu akan dapat membuat hati dan pikiran jadi lebih terasa tenang serta tenteram. Tidak perlu merasa khawatir tentang kemampuannya yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain ataupun merasa tidak dihargai ilmunya. Karena ia sadar bahwa kemampuan dan keilmuan yang dimiliki bukan untuk diumbar apalagi dipuji-puji oleh orang lain.

sifat tawadhu artinya

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Terhindar Dari Sifat Sombong Atau Takabur

Sifat tawadhu artinya akan menghindarkan kita dari sifat sombong dan takabur karena arti dari sifat tawadhu’ sendiri menunjuk pada sifat rendah hati dan menyadari bahwa manusia saling membutuhkan manusia lainnya meski apapun harta dan kasta yang dimilikinya.