1
Kuliner

Sonbola Bakery, Toko Roti yang Dijalankan Siswa Berkebutuhan Khusus

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memiliki kebutuhan khusus tidak seharusnya menjadi penghalang dalam menggapai impian. Contohnya adalah seorang Baker (pembuat roti) di Burj Al Shamali, Lebanon. Di kota tersebut, ada sebuah toko roti bernama Sonbola yang dijalankan oleh sekelompok siswa yang berkebutuhan khusus. Tidak hanya membuat roti-roti yang dijual di sana, mereka yang berkebutuhan khusus juga sekaligus dipercaya mengatur jalannya bisnis di toko roti tersebut.

Dijalankan untuk Menyalurkan Bakat Siswa Berkebutuhan Khusus

Sonbola Bakery, yang terletak di lantai dasar Mosan Center ini, sudah beroperasi sejak 2003. Mosan Center sendiri adalah sebuah lembaga yang menaungi siswa-siswa berkebutuhan khusus di kota tersebut. Sonbola Bakery adalah salah satu usaha yang dijalankan untuk menyalurkan kegemaran siswa membuat roti. Toko roti ini melayani roti segar, dessert, dan sebagainya.

Dipimpin oleh Ali Kerdi, yang Juga Memiliki Kebutuhan Khusus

Bakery itu dipimpin oleh Ali Kerdi yang memiliki keterbatasan di pendengaran dan kemampuan bicaranya. Ali Kerdi sejak dulu bermimpi menjadi seorang pembuat roti. Sejak remaja, ia senang melihat ibunya membuat roti di rumahnya.

Ia mengawali karir di Sonbola Bakery sebagai pembersih. Pada awalnya, ia hanya bisa melihat para karyawan membuat roti. Dari pengamatannya itulah ia kemudian belajar cara membuat roti. Kini, ia yang menjadi manajer di toko roti tersebut. Orang-orang di sekelilingnya pun terkejut saat ia mulai membuat roti.  Ia mulai memberi kesempatan kepada remaja berkebutuhan khusus laIn yang ingin membuat roti.

Toko Roti yang Berawal dari Kegiatan Amal

Sonbola Bakery sendiri mulai membuat roti Jerman saat bakery ini menjadi bagian dari kegiatan amal yang berasal dari Jerman. Sebuah gerakan amal dari Jerman, Bread Against Misery, menyumbangkan mesin pembuat roti bekas kepada Mosan Center. Tidak berhenti sampai di situ, tiga pembuat roti asal Jerman juga didatangkan untuk mengajari karyawan Sonbola Bakery membuat roti ala Jerman. Tujuannya adalah agar para siswa di sana bisa belajar membuat roti Jerman yang berkualitas.

webinar umroh.com

Produk Sonbola Bakery Sangat Digemari

Tak disangka, ternyata roti tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat Lebanon.   Proyek yang mulanya murni kegiatan amal kini menjadi sebuah usaha yang dikembangkan oleh Mosan Center. Sebuah toko roti dibuka dan diberi nama Sonbola Bakery.

Warga Lebanon awalnya menganggap roti ala Jerman tersebut adalah hal baru. Akan tetapi, rasanya yang enak membuat roti-roti tersebut memiliki banyak penggemar. Kini roti tersebut menjadi kegemaran warga Lebanon. Selain warga lokal, para ekspatriat yang bekerja di Lebanon juga sangat menyukai roti buatan Sonbola. Para pekerja asing tersebut merasa roti buatan Sonbola mengingatkan mereka pada kampung halaman di Jerman. Roti dan biskuit yang diproduksi selalu habis diserbu oleh pembeli.

Menjadi Tempat Belajar Membuat Roti

Ali Kerdi, yang merupakan Manajer Sonbola, kini dikenal sebagai orang yang ahli membuat roti-roti ala Jerman. Selain melatih para karyawan berkebutuhan khusus, banyak orang juga mulai datang dan belajar ke Mosan Center untuk membuat roti Jerman yang enak. Kamu juga tertarik mencicipi roti buatan Ali Kerdi dan rekan-rekannya?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.