1
Kesehatan

Sulit Bangun Pagi dan Ngantuk setelah Makan? Bisa Jadi Kamu Mengalami Gangguan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sulit Bangun Pagi

Apa kamu suka menekan tombol “snooze” saat alarm berbunyi? Rasanya masih ingin tidur dan enggan beranjak dari tempat tidur. Jika kamu sulit bangun pagi, bisa jadi ada gangguan pada ritme circadian hormonmu.

Hormon tertentu dihasilkan dalam sebuah siklus circadian yang terpola setiap hari. Jika terjadi gangguan, maka kamu akan merasa lelah, pusing, dan tidak bersemangat. Misalnya hormon stres atau kortisol harusnya ada pada level tinggi di pagi hari. Fungsinya adalah untuk membuatmu bersemangat menghadapi hari. Namun jika siklusnya terganggu, kamu jadi ingin lebih lama tidur di pagi hari.

Jika ini terjadi padamu, coba kurangi mengkonsumsi kopi selama satu minggu. Ganti kopi dengan teh hijau, namun batasi asupannya. Jangan meminumnya setelah jam tiga sore.

Mengantuk Setelah Makan                            

Pernahkah kamu merasa ngantuk setelah memakan sepiring nasi padang? Atau sarapan sarat karbohidrat membuatmu lemas di kantor? Jika ini terjadi padamu berarti ada gangguan dalam hormon insulinmu. Hormon insulin adalah hormon yang bertugas menghantarkan gula (makanan yang kita santap) dari aliran darah ke sel-sel dalam tubuh.

Bukan hanya rasa lemas setelah menyantap makanan tinggi karbohidrat, tanda-tanda dari hormon insulin yang terganggu juga bisa dilihat dari bentuk tubuh. Ketika tubuh kita mulai kelebihan berat badan, atau mengalami gangguan kesehatan, maka itu bisa menjadi pertanda gangguan fungsi hormon insulin.

Tubuh manusia memompa banyak hormon insulin jika kita mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Kondisi ini mengakibatkan meningkatnya gula darah dan insulin setelah makan, namun akan turun drastis beberapa jam kemudian.

Jika ini terjadi padamu, kurangi asupan karbohidrat agar kadar gula dalam darah dan hormon insulin terkontrol. Tingginya kadar insulin dalam darah bisa mengakibatkan peningkatan berat badan dan kerja otak yang menurun.

Seimbangkan menu makanan harianmu agar hormon di dalam tubuhmu kembali seimbang. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, tubuh jadi lebih fleksibel dan membakar lemak tubuh dengan lebih efektif. Gangguan fungsi hormon insulin dalam tubuh membuat badanmu jadi tidak fleksibel. Tubuh jadi sangat bergantung pada asupan karbohidrat untuk mendapatkan energi. Jika hormon insulin dalam tubuh seimbang, maka cadangan energi yang tersimpan dan bertumpuk dalam tubuh bisa digunakan.

webinar umroh.com

Gangguan Hormon dan Penyebabnya

Hormon adalah senyawa kimia yang mengantarkan pesan ke seluruh tubuh, mulai dari organ, jaringan, dan sel. Fungsi hormon adalah untuk melancarkan metabolisme, membangun otot, menyingkirkan stres, menaikkan mood, dan sebagainya.

Ada banyak faktor yang mengendalikan hormon. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, aktivitas yang dilakukan (gerakan-gerakan apa yang dilakukan), hingga faktor gaya hidup, seperti tidur, dan pengaturan stres. Hal tersebut memainkan peranan penting dalam mengatur keseimbangan hormon.

Kalau sembarangan memilih asupan makanan atau kurang olahraga, maka keseimbangan hormon dalam tubuh akan terganggu. Ada beberapa orang yang tidak merasakan dampak berarti dari ketidakseimbangan hormon. Akan tetapi, ada juga yang mengalami gangguan kesehatan akibat ketidakseimbangan hormon. Akibatnya, aktivitas jadi terganggu, dan kita harus menanggung konsekuensi yang berat darinya.

Jaga gaya hidup agar kamu selalu sehat dan bersemangat setiap hari, ya!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.