1
Serba-serbi Ramadhan

Sunnah Buka Puasa dengan Kurma Di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Berbuka puasa menjadi saat paling dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Di tanah air, umat Islam akan berbondong-bondong mencari makanan khas misalnya seperti kolak dan es buah untuk berbuka puasa. Namun ada satu hal yang kita patut tiru dari apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa kurma. Sehingga untuk itu sunnah buka puasa dengan kurma karena seperti beliau.

Berbuka puasa dengan kurma sangat baik dilakukan karena kandungan gula alami pada kurma membuat tubuh bisa cepat memulihkan energi setelah berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Mengkonsumsi kurma sendiri sangat dianjurkan sama halnya seperti yang dijelaskan dalam hadits Nabi yang berbunyi, “Dari Anas bin Malik, ia berkata Nabi Saw. biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.” (HR. Abu Dawud).

Baca juga : Ini 7 Manfaat Kurma Muda Selain Sunnah Rasul

Sunnah Buka Puasa Dengan Kurma

Nabi Muhammad SAW adalah panutan umat Islam yang sudah diutus oleh Allah SWT. Maka setiap tindakannya adalah baik dilakukan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis atau kurma, namun jika tidak ada kurma, maka dengan air putih. Namun Nabi Muhammad SAW lebih mendahulukan untuk berbuka puasa dengan kurma seperti hadits berikut ini:

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

sunnah buka puasa dengan kurma

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yang memiliki arti : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air”. (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad, 3/164, hasan shahih).

Ibnu Qayim Al-Jauziyah menerangkan bahwa cara Nabi SAW yang berbuka puasa dengan kurma atau air, mengandung hikmah yang sangat mendalam sekali. Karena saat berpuasa lambung kosong dari makanan apapun. Menurutnya, tidak ada sesuatu yang amat sesuai dengan liver (hati) yang dapat di di suplai langsung ke seluruh organ tubuh serta langsung menjadi energi, selain kurma dan air.

“Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi SAW berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka)”.

Karbohidrat yang ada dalam kurma lebih mudah sampai ke liver (hati) dan lebih cocok dengan kondisi organ tersebut. Namun, hadits ini dianggap hadits mursal. Yakni sebagai hadits dha’if (lemah) sebab sanadnya yang terputus. Syaikh Al-Albani pun berpendapat bahwasanya hadits ini dhaif. Di antara ulama yang mendha’ifkan hadits semacam ini adalah Ibnu Qayim Al-Jauziyah.

webinar umroh.com

Mulai hari ini kuatkan Niat mu kebaitullah dan wujudkan bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Manfaat Memakan Kurma

Umroh.com merangkum, tentunya buah kurma mulai banyak dijual di pasar ataupun supermarket menjelang bulan ramadhan. Jangan lupa beli ya, karena ternyata buah kurma yang berasal dari Timur Tengah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya yaitu :

  • Memulihkan energi berkat kandungan kalori
  • Menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan polifenol flavonoid
  • Menurunkan risiko jantung koroner karena kaya akan potasium
  • Melancarkan buang air besar karena kaya akan serat

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Terbukti bukan, bahwa buah kurma yang selain disunnahkan oleh Rasulullah SAW untuk di konsumsi saat berbuka puasa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita loh. Luar biasa bukan? Untuk itu tunggu apalagi, Yuk Anda bisa mencobanya mulai sekarang, apalagi jika di konsumsi saat bulan ramadhan akan sangat terasa manfaatnya. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.