1
News Tips Travel

Taman Nasional Komodo Salah Satu Harta Terindah di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam hal jumlah dan popularitas di kalangan wisatawan, Taman Nasional Komodo mungkin tampak sedikit pudar terhadap kecerahan pulau-pulau turis lainnya seperti Bali atau Lombok.

Namun, ini adalah tempat khusus dalam banyak hal, karena menyajikan banyak hal yang wisatawan tidak dapat temukan di tempat lain. Baca terus untuk diyakinkan bahwa Taman Nasional Komodo di Indonesia adalah salah satu harta karun terbaik di dunia.

 

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau

Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca dan berbagai pulau kecil di sekitarnya. Terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, di sebelah timur Bali dan Lombok yang lebih populer.

 

Taman Nasional Komodo adalah Situs Warisan Dunia
Taman Nasional Komodo didedikasikan untuk menyediakan habitat alami untuk konservasi, Komodo kuno dan langka (Varanus komodoensis). Pentingnya taman ini diakui oleh organisasi global seperti UNESCO, yang mengklasifikasikannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Tidak hanya itu, WWF dan Conservation International telah mengakui tempat itu sebagai area prioritas konservasi global. Dan yang tak kalah pentingnya adalah status taman sebagai salah satu New7Wonders of Nature, yang telah menetapkan signifikansi globalnya.

 

webinar umroh.com

Temukan Naga Komodo yang langka
Komodo Dragon hanya dapat ditemukan di lima pulau di seluruh dunia, empat di antaranya merupakan bagian dari taman nasional, ditambah Pulau Flores terdekat di Nusa Tenggara Timur. Menurut para ilmuwan, spesies khusus ini telah berhasil bertahan hidup selama jutaan tahun, menjadikannya salah satu spesies tertua yang masih ada sampai sekarang. Banyak ilmuwan percaya bahwa Naga dunia lain adalah kerabat dekat dengan dinosaurus, dari era yang sama dan menunjukkan struktur tubuh yang serupa. Karena alasan itu, Komodo Dragon sering disebut “dinosaurus terakhir di dunia.” Spesies ini juga dikenal sebagai spesies kadal hidup terbesar, dengan panjang rata-rata 2-3 meter.

Prestasi itu telah mengarahkan para ilmuwan yang tertarik dan turis yang ingin tahu ke taman. Meski begitu, daerah itu jauh kurang disukai turis dibandingkan dari tetangganya Bali atau Lombok.

 

Keanekaragaman hayati yang melimpah
Betapa agungnya mereka, Komodo bukan satu-satunya penghuni taman nasional. Lingkungan alamnya yang unik menggabungkan arus yang kuat, air laut yang kaya nutrisi, dan elemen vulkanik, yang memungkinkan ribuan spesies berbeda untuk berkembang di dan sekitar pulau. Sebanyak 1.000 spesies ikan tropis, 260 spesies karang, 70 spesies spons, serta spesies endemik yang luar biasa seperti unggas scrub berkaki oranye, rusa Timor, tikus Rinca, kura-kura, lumba-lumba, dan duyung hidup di dalam kawasan tersebut. .

 

Petualangan bawah laut yang luar biasa
Meluas melampaui daratan, spesies bawah laut di daerah ini juga mengesankan. Faktanya, taman ini memiliki lebih dari 50 lokasi penyelaman kelas dunia untuk dijelajahi, menawarkan sesuatu untuk pemula bagi para penyelam ahli. Penyelam hampir dapat dijamin pertemuan dengan spesies eksotis yang langka, dari ikan tropis neon ke penyu, spons sampai teripang. Banyak spesies karang dan ikan yang sangat indah juga dapat diamati hanya dengan bermalas-malasan mengapung di atas air dengan snorkeling.

 

Keindahan yang luar biasa
Pulau-pulau vulkanik dengan tumbuh-tumbuhan yang subur dan bukit-bukit indah tentu membuat pemandangan yang indah. Di pulau-pulau Taman Nasional Komodo, wisatawan dapat menikmati pantai pasir putih, perairan biru yang cemerlang, hutan hijau yang rimbun, sabana kering dan semuanya dalam satu gambar.