1
Doa

Terlengkap, Ini Tata Cara Sholat Jenazah yang Benar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mengurus jenazah muslim menjadi kewajiban bagi seluruh umat islam. Mulai dari memandikan hingga mensholatkannya harus dilakukan oleh orang mukmin yang masih hidup. Ini merupakan adab yang diajarkan oleh Islam dalam memperlakukan orang yang sudah meninggal dunia. 

Salah satu hal yang harus dilakukan kepada jenazah adalah mensholatkannya. Rasulullah memerintahkan umat muslim untuk mensholatkan jenazah dalam salah satu sabdanya. Beliau berkata, “sholatkanlah mayat-mayatmu”. 

Baca juga: Begini Bunyi Bacaan Doa Sholat Jenazah, Hafalin Yuk!

Umroh.com merangkum, sholat jenazah merupakan sholat fardhu. Akan tetapi, tidak seperti sholat lima waktu yang hukumnya fardhu ‘ain (wajib untuk setiap umat muslim), sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah. Kewajiban untuk melaksanakan sholat jenazah berlaku kolektif, sehingga jika tidak ada umat muslim yang melaksanakannya, maka seluruh umat muslim akan mendapat dosanya.  

Rukun Sholat Jenazah 

  1. Niat 
  2. Dilakukan dengan berdiri bagi yang mampu 
  3. Empat kali takbir 
  4. Mengangkat tangan pada takbir yang pertama 
  5. Membaca surat Al Fatihah 
  6. Mengangkat tangan pada takbir yang kedua
  7. Membaca shalawat 
  8. Mengangkat tangan pada takbir yang ketiga
  9. Berdoa untuk jenazah 
  10. Mengangkat tangan pada takbir yang keempat
  11. Salam 

Baca juga: Jangan Lupa untuk Mengaji Hari Ini, Baca Al Qurannya di Sini Ya!

Perbedaan Menyolatkan Jenazah Laki-Laki dan Jenazah Perempuan 

Tata cara sholat jenazah untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan berbeda. Perbedaan terdapat pada posisi jenazah. Untuk jenazah perempuan, imam menghadap pinggang jenazah dan selaras dengan arah kiblat. Sementara pada jenazah laki-laki, pastikan posisi kepala jenazah berada di hadapan imam. 

tata cara sholat jenazah (source shutterstock)

Tata Cara Sholat Jenazah

1. Berniat melakukan sholat jenazah 

Hadirkan di dalam hati, bahwa akan melakukan sholat jenazah. Niat juga bisa dilafalkan secara lisan untuk lebih memfokuskan hati dan pikiran.

Niat untuk jenazah pria: 

webinar umroh.com

 اُصَِّ لى عَلَى هَذَاالْمَِّ یتِ اَرْبعَ تَكْبرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَایَةِ مَأمُوْمًا ِﷲِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman 

lillaahi ta’aalaa 

Artinya: “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala”. 

Niat untuk jenazah wanita: 

 اصَِّ لى عَلَى هَذِهِ الْمَِّ یتةِ اَرْبعَ تَكْبرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَایَةِ مَأمُوْمًا ِﷲِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman 

lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala”. 

Baca juga: Punya Rencana untuk Pergi Umroh? Yuk Wujudkan Rencana Anda di Sini!

2. Melakukan Takbiratul Ihram 

3. Membaca Surat Al Fatihah  

4. Takbir Kedua 

5. Membaca Shalawat Nabi 

Shalawat yang dibaca saat sholat jenazah adalah shalawat Ibrahimiyah. 

 ا َّ للهَُّ م صَ ِّ ل عَلىَ مُحََّ مدٍ وَعَلىَ آلِ مُحََّ مدٍ كَماَ صََّ لیتَ عَلىَ إِبْرَاهِیمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِیمَ إِ َّ نـكَ حَمِیدٌ مَجِیْدٌ ا َّ للهَُّ م باَرِكْ عَلىَمُحََّ مدٍ وَعَلىَ آلِ مُحََّ مدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إبْرَاهِیمَ وَعَلىَ آلِ إبرَاهِیمَ إِ َّ نـكَ حَمِیْدٌ مَجِیْدٌ

Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. 

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad. Sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Yaa Allah, berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”. 

6. Melakukan Takbir Ketiga 

7. Membaca Doa untuk Jenazah 

Doa untuk jenazah laki-laki: 

 َّ اللهَُّ م اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنهُ وَأَكْرِمْ نزُلَهُ وَوَ ِّ سعْ مُدْخَلهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَ َّ الثلْجِ وَالبرَدِ وَنَِّ قهِ مِنَ الْخَطَایَا كَمَا نَّ قیتَ َّ الثوْبَ الأَبیَضَ مِنَ َّ الدنَسِ وَأبدِلْهُ دَارًا خَیْرًا مِنْ دَارِهِ وَأهْلاً خَیْرًا مِنْ أَهْلهِ وَزَوْجًا خَیْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأدْخِلْهُ الْجََّ نةَ

 وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ َّ النارِ

Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka”. 

Baca juga: Setelah Tata Cara Sholat Jenazah, Inilah 3 Keutamaan yang Didapatkan, Apa Saja?

Doa untuk jenazah perempuan: 

 َّ اللهَُّ م اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نزُلَهَا وَوَ ِّ سعْ مُدْخَلهَا وَاغْسِلهَا بِالمَاءِ وَ َّ الثلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَِّ قهَا مِنَ الْخَطَایَا كَمَا نََّ قیْتَ َّ الثوْبَ الأَبْیَضَ مِنَ َّ الدنسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَیْرًا مِنْ دَارِهَا وَأهْلاً خَیرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَیْرًا مِنْ زَوْجِهَا

 وَأَدْخِلْهَا الجََّ نةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ َّ النارِ

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar

8. Takbir Keempat 

9. Berdoa 

 َّ اللهَُّ م لاَ تحْرِمْنا أجْرَهُ وَلاَ تَفْتَّ نا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنا وَلَهُ

Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia”. 

Jika jenazah yang didoakan adalah perempuan, lafalkan doa:

 َّ اللهَُّ م لاَ تَحْرِمْنا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتَِّ نا بَعْدَهَا وَ اغْفِرْ لَنا وَلَهَا

Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa

10. Salam 

tata cara sholat jenazah (source shutterstock)

Sunnah Sholat Jenazah 

Ada hal-hal sunnah ketika melakukan sholat jenazah. Jika melakukannya, pahala orang yang mengerjakan sholat jenazah akan bertambah. Berikut ini daftarnya: 

  • Mengangkat Tangan di Setiap Takbir

Saat imam melakukan takbir, disunnahkan mengangkat tangan. Kesunnahan ini sangat diutamakan karena dalam sholat jenazah tidak ada rukuk dan gerakan lainnya. 

  • Merendahkan Suara 

Sunnah ini berlaku bagi imam maupun makmum.  

  • Membaca Ta’awuz 

Disunnahkan membaca ta’awuz setelah melakukan takbirotul ihram pertama. 

Baca juga: Pengertian, Hukum dan Syarat Sah Sholat Jenazah

  • Memperhatikan Jumlah Jamaah 

sholat jenazah lebih baik dilakukan dengan banyak orang sebagai jamaah.  

  • Memperhatikan Jumlah Shaf 

Jumlah shaf sebaiknya berjumlah minimal tiga.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.