1
Kesehatan

Terlalu Banyak Duduk, Apa Akibatnya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apakah aktivitas harianmu melibatkan banyak duduk? Bekerja dari pagi hingga sore di kantor dan menatap komputer adalah salah satu rutinitas yang banyak kita lakukan. Untuk memenuhi tanggung jawab, kita harus melaksanakan tugas yang sebagian besar dilakukan dengan duduk.

Jika kamu termasuk orang yang bekerja dengan duduk dalam posisi lama, sebaiknya kamu mulai waspada. Ada banyak masalah kesehatan yang diakibatkan karena duduk terlalu lama.

Masalah pada Otak, Leher, dan Pundak

Duduk dalam waktu yang lama membuat aliran oksigen dan darah yang menuju ke otak jadi melambat dan berkurang. Kondisi ini menghambat kita untuk berpikir secara jernih. Duduk dalam waktu lama sambil menatap layar komputer juga bisa memberikan tegangan yang hebat pada lehermu. Tidak heran kamu akan merasakan kaku pada leher jika terlalu lama duduk. Duduk dengan postur yang tidak baik juga bisa mengakibatkan kerusakan pada punggung dan bahu.

Masalah di Punggung

Masalah yang sangat terasa ketika kita terlalu lama duduk adalah rasa tidak nyaman di punggung. Postur duduk yang kurang baik menjadi penyebab utama punggung terasa sakit, tulang belakang yang terasa kaku, serta kerusakan ruas tulang belakang. Bagi mereka yang terlalu lama duduk menatap komputer, resiko terjadi hernia di ruas tulang belakang juga semakin tinggi.

Penurunan Fungsi Otot

Duduk yang terlalu lama tidak memerlukan banyak gerakan pada otot. Jika otot terlalu lama tidak digunakan, bisa menyebabkan postur tubuh yang tidak normal. Duduk terlalu lama juga menyebabkan penurunan fleksibilitas di pinggul dan punggung.

Melemahnya Organ

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular, serta kanker usus besar. Masalah kesehatan tersebut disebabkan karena produksi insulin yang terlalu banyak saat tubuh tidak aktif, serta kurangnya aliran darah yang menuju ke organ. Produksi insulin berlebih juga menyebabkan peningkatan berat badan yang mengakibatkan tingginya risiko diabetes dan obesitas.

Gangguan pada Kaki

Duduk terlalu lama juga bisa menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi ini menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, yang akhirnya menyebabkan bengkak pada pergelangan kaki, pembuluh darah yang menonjol, serta terhambatnya aliran darah. Terlalu lama dalam posisi duduk juga mengakibatkan tulang kaki menjadi lebih lemah dan kurang padat.

Solusi

Jika duduk menjadi rutinitas terbanyakmu, yuk perbanyak gerak dan olahraga di akhir pekan. Membiasakan olahraga membantu meminimalisir dampak buruk duduk terlalu lama.

webinar umroh.com

Saat duduk dan bekerja, perbaiki postur dudukmu. Usahakan punggung selalu tegak untuk mencegah rasa sakit. Lemaskan bahu, busungkan dada, dan pastikan punggung dalam keadaan lurus, tidak membungkuk.

Kamu juga bisa mengurangi dampak buruk terlalu lama duduk dengan berdiri setiap 20 menit saat bekerja. Ini bisa memberikan relaksasi pada otot di sekitar punggung, pinggang dan leher. Bila perlu, berjalanlah selama satu menit agar terasa lebih segar.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.