1
Tips

Terungkap! 5 Kebiasaan Ini adalah Resep Panjang Umur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Usia memang di tangan Allah SWT. Manusia diperbolehkan berdoa dipanjangkan selalu umur, agar bisa banyak berbuat kebaikan. Di samping itu, kita juga ternyata bisa, lho, berikhtiar untuk memiliki umur yang panjang.

Studi yang dilakukan oleh Harvard University, menunjukkan bahwa kita bisa mengusahakan agar panjang umur dengan beberapa kebiasaan. Bahkan kita bisa mendapatkan waktu ekstra 12,1 tahun untuk laki-laki dan ekstra 14 tahun untuk wanita.

Dalam studi tersebut, Harvard meneliti sejarah kesehatan dari 44.354 pria dan 78.865 wanita yang tersebar selama 3 dekade. Orang-orang tersebut sebenarnya juga telah mengikuti studi sebelumnya tentang Health Professionals Follow-up Study dan Nurses’ Health Study.

Lebih dari 42 ribu partisipan dalam studi tersebut meninggal dunia ketika para peneliti menelaah data yang didapat. Peneliti kemudian menemukan kebiasaan-kebiasaan sehat yang bisa membuat seseorang panjang umur.

Menurut para ilmuwan tersebut, di bawah ini adalah kebiasaan yang bisa membuat seseorang panjang umur.

Tidak Merokok

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa merokok memang memiliki efek negatif bagi tubuh seseorang. Salah satu bagian tubuh yang terpengaruh adalah paru-paru. Racun yang ada dalam rokok juga bisa mengakibatkan resiko penyakit yang lainnya.

Ternyata para partisipan yang memiliki usia lebih panjang adalah mereka yang tidak merokok. Karena itu, jika kamu tidak merokok, pertahanan kebiasaan tersebut. Studi lain juga menunjukkan bahwa jika seseorang merokok ia akan meninggal 7 tahun lebih awal daripada yang seharusnya.

Menjaga Berat Badan

Semakin banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh, maka tubuh kita akan rentan terserang penyakit. Mulai dari kolesterol tinggi, penyakit darah tinggi, hingga penyakit jantung.

webinar umroh.com

Menjaga agar indeks massa tubuh tetap rendah adalah salah satu cara agar panjang umur. Indeks massa tubuh bisa dilihat dari ukuran lingkar pinggang. Kondisi disebut berbahaya ketika seorang laki-laki memiliki lingkar pinggang lebih dari 40 inch, sementara wanita lebih dari 35 inch. Jika ingin panjang umur, seseorang harus mengecilkan pinggang dan menyingkirkan lemak di perutnya.

Berolahraga 30 Menit dalam Sehari

Orang yang olahraga cenderung memiliki usia yang panjang serta penampilan dan tubuh yang awet muda. Studi lain menunjukkan bahwa seseorang yang rutin berolahraga akan memiliki fisik 9 tahun lebih muda dibandingkan orang-orang seusianya.

Tidak Minum Alkohol

Alkohol juga menjadi salah satu kebiasaan yang bisa membawa efek buruk pada kesehatan. Karena itu, jika ingin panjang umur sebaiknya seseorang tidak mengkonsumsi alkohol.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan memiliki banyak pengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang. Semakin baik makanan yang dikonsumsi, maka tubuhnya akan semakin sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Makanan yang disebut sehat mungkin bisa berbeda versi bagi banyak orang. Namun para peneliti menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan mengutamakannya dalam menu kita sehari-hari. Misalnya sayur, buah, kacang-kacangan dan sebagainya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.