1
Kuliner

Thareed, Hidangan Oman yang Populer Sebagai Makanan Berbuka

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Oman memiliki tradisi tersendiri di bulan Ramadhan. Salah satunya dalam soal menyantap hidangan berbuka. Buka puasa selalu menjadi momen spesial bagi warga di Oman. Tidak jarang mereka akan mengundang para kerabat, atau rekan-rekan mereka yang ekspatriat untuk mencicipi hidangan berbuka di rumah mereka.

Di rumah warga Oman, kita akan merasakan kehangatan lewat sambutan mereka, sekaligus makanan yang dihidangkan. Ada beberapa hidangan berbuka khas Oman yang akan kamu cicipi ketika berkunjung ke negara ini. Salah satu yang banyak ditemui adalah Thareed.

Thareed

Salah satu hidangan paling populer di Oman adalah Thareed. Banyak warga Oman menyukai hidangan yang terbuat dari sup dan dicampur dengan roti ini. Biasanya, thareed khas Oman dihidangkan saat makan malam keluarga.

Roti yang digunakan untuk membuat Thareed biasanya adalah roti pipih yang dipotong menjadi potongan-potongan kecil.  Roti ini biasanya adalah roti yang dibuat oleh keluarga atau homemade, lho. Tekstur roti yang digunakan untuk membuat Thareed ini tipis dan cenderung crispy. Roti ini disebut dengan Khubz Rakal.

Setelah itu, roti akan direndam dengan sup yang terbuat dari ayam atau daging sapi. Selain ayam, ada juga yang membuat Thareed dari daging ikan.

Roti yang direndam dalam sup ini menjadi lebih lembut dan juicy. Banyak orang yang menganggap hidangan ini sangat menggoda dan membangkitkan nafsu makan.

Thareed juga banyak dihidangkan saat acara-acara penting seperti pernikahan, atau ulang tahun. Selain itu, Thareed juga digunakan sebagai hidangan saat keluarga besar berkumpul di hari raya.

Karena teksturnya yang lembut, Thareed banyak digunakan sebagai menu berbuka bagi warga Oman di bulan Ramadhan. Banyak warga Oman yang memilih Thareed sebagai menu buka puasa karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna setelah perut kosong selama berjam-jam.

webinar umroh.com

Selain Thareed, ada beberapa makanan khas Oman yang sering disajikan saat berbuka, yaitu Sakhana, Fatta, salad ikan, serta kurma dan sirup kayu manis.

Sakhana

Satu lagi makanan lembut yang banyak digunakan untuk berbuka puasa, yaitu adalah Sakhana. Sakhana adalah bubur kental yang terbuat dari gandum, kurma, molases atau sirup tebu, dan susu. Biasanya Sakhana banyak dihidangkan di rumah-rumah atau dijual oleh pedagang di pinggir jalan.

Fatta

Fatta juga merupakan hidangan Oman yang menggunakan Khubz atau roti khas Oman sebagai bahan utama. Fatta adalah hidangan sayur dan daging yang kemudian dicampur dengan roti pipih ala Oman itu.

Salad Ikan

Salad ikan adalah hidangan berbuka khas di Oman. Hidangan ini terbuat dari ikan yang dicampur dengan sayur-sayuran yang telah direbus. Biasanya, salad Ikan dimakan setelah orang-orang berbuka dengan kurma atau yogurt.

Kurma dan Sirup Kayu Manis

Warga Oman memiliki cara yang unik untuk menikmati kurma saat berbuka puasa, yaitu dengan mencelupnya ke dalam sirup beraroma kayu manis. Manisnya kurma yang berpadu dengan sirup kayu manis membuatnya nikmat disantap saat berbuka.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.