1
Motivasi Tips

Tidak bersemangat? Ikuti 10 Tips untuk Meningkatkan Motivasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menjalani aktivitas harian dengan motivasi tinggi membuat kita semangat. Kita merasa lebih berenergi, sehingga segala tantangan jadi lebih mudah dihadapi. Akan tetapi, lain halnya jika motivasi kita menurun. Walaupun badan kita tidak sedang sakit, rasanya enggan melakukan kegiatan yang harus diselesaikan. Kamu harus mengembalikan motivasimu agar kembali bersemangat. Lakukan cara di bawah ini untuk mengembalikan motivasi.

Menerapkan Aturan Dua Menit

Memulai mengerjakan suatu tugas adalah hal yang paling sulit. Akan tetapi, kita bisa memaksa tubuh dan pikiran dengan memberikan kesempatan mengerjakannya selama dua menit. Secara mengejutkan, kamu akan mampu mengerjakan tugas yang sulit itu lebih lama. Cara ini ampuh untuk membuatmu menyelesaikan tugas dengan baik, lho.

Evaluasi Diri Sendiri                                                   

Memahami masalah yang kamu hadapi bisa membantu proses pencarian solusi. Pahamilah mengapa kamu merasa tidak termotivasi. Setelah itu, carilah cara untuk mengatasi hal tersebut.

Membuat Daftar Syukur

Walaupun tampak sederhana, bersyukur adalah salah satu kebiasaan yang sangat powerful. Ketika kita merasa tidak termotivasi, tulislah hal-hal yang membuat kita merasa bersyukur. Tuliskan sebanyak mungkin dan sejelas mungkin. Dengan begitu, kondisi hati dan mood kita jadi lebih baik.

Berolahraga

Menggerakkan badan untuk berolahraga secara teratur bisa melepaskan hormon endorfin, atau hormon yang menyebabkan kita merasa bahagia. Selain itu, kita juga merasa lebih berenergi. Mental kita jadi lebih kuat untuk mencapai tujuan dalam berbagai aspek hidup.

Buatlah Papan Mimpi

Kumpulkan gambar-gambar yang memberikan gambaran jelas tentang apa yang ingin dicapai di masa depan. Taruh di satu papan yang mudah dilihat tiap hari. Dengan begitu, kamu bisa lebih bersemangat mencapai impianmu.

Lakukan Afirmasi

Semangati diri sendiri dengan melakukan afirmasi yang positif. Kamu bisa menuliskan kata-kata positif yang menginspirasimu, atau kutipan-kutipan dari orang sukses yang sesuai dengan kondisimu saat ini. Walaupun tidak serta merta memberimu motivasi yang tinggi, namun mengingat kutipan dari orang-orang yang menjadi panutan bisa membuatmu jadi lebih baik dan meningkatkan level energi.

Menulislah

Menulis memiliki efek terapi dan menenangkan. Untuk meningkatkan motivasimu, setel timer dan tuliskan apa saja yang ada di pikiran. Menuliskan isi pikiranmu bisa membantu merapikan isi kepala dan melampiaskan kondisi emosional yang bisa jadi penghambat produktivitas.

webinar umroh.com

Melakukan Teknik Pomodoro

Teknik ini dikembangkan oleh Francesco Criollo. Teknik ini berupa bekerja selama 25 menit, lalu diselingi dengan istirahat selama 5 menit. Selain itu, kita juga bisa memecah-memecah tugas yang besar menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah diatasi. Ini akan membuat pikiran kita jadi lebih ringan saat melakukan pekerjaan.

Menerima dan Melakukan Teknik Psikologi Terbalik

Terimalah kondisi dirimu yang sedang tidak termotivasi. Akui kamu sedang tidak bisa melakukan tugasmu. Setelah itu, tanamkan bahwa kamu tidak memiliki pilihan lain selain berjuang. Tariklah dirimu untuk memikirkan cara-cara mencapai tujuan.

Buatlah Ringan

Salah satu hal yang membuat kita merasa tidak termotivasi adalah karena  terberani dengan isi pikiran kita sendiri. Ubahlah pola pikir dengan meyakinkan diri bahwa tugas yang kita kerjakan adalah sesuatu yang menyenangkan. Bila perlu, tuliskan tiga hal yang kamu suka dari pekerjaanmu. Mungkin pekerjaanmu menantang, atau karena bisa memberikanmu pengalaman yang menyenangkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.