1
Kuliner

Tidak Biasa, Cicipi 7 Hidangan Khas Turki yang Unik Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada beberapa hidangan Turki yang terkenal, seperti Kebab, Baklava atau Turkish Delight. Namun selain makanan-makanan yang sudah banyak dikenal itu, ada juga makanan-makanan unik yang akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Makanan yang unik ini banyak ditemui di Turki, sehingga kita juga bisa dengan mudah menikmatinya.

Simit

Simit adalah roti yang bentuknya seperti donat besar (mirip bagel), namun diberi taburan wijen yang banyak. Saking banyaknya, sampai menutupi permukaan roti ini. Banyak orang menikmati Simit sebagai menu sarapan ketika tidak memiliki banyak waktu. Banyak juga orang yang menjual Simit di pinggir jalan, sehingga orang-orang bisa dengan mudah menjadikannya sebagai bekal saat sedang sibuk.

Makanan Berbahan Mawar

Lebih dari separuh dari produksi mawar dunia berasal dari Turki. Tidak heran banyak produk yang dibuat dari mawar di kota ini. Mulai dari minyak esensial mawar, parfum mawar, hingga hidangan yang bisa dinikmati dengan bahan mawar. Misalnya minuman yang terbuat dari kelopak bunga mawar, atau hidangan manis yang menggunakan air mawar sebagai bahannya. Aroma mawar di makanan yang kamu jumpai akan membuat citarasanya menjadi sangat eksotis.

Turşu

Orang-orang Turki biasa mengkonsumsi acar dalam keseharian mereka. Tidak heran, banyak toko-toko yang menjual acar dari berbagai bahan, seperti kubis, tomat, hingga terong. Mereka akan mendisplay dagangannya sehingga tampak menarik dan menggoda.

Untuk membuat Turşu, sayuran-sayuran itu direndam dalam cuka, kemudian hasilnya akan digunakan sebagai makanan pendamping. Jika kamu suka makanan yang cita rasanya segar, mungkin Turşu ini akan cocok dengan lidahmu.

Maraş Dondurma

Maraş Dondurma adalah es krim khas Turki. Berbeda dengan es krim lainnya, es krim ini memiliki tekstur yang lebih kenyal karena terbuat dari salep, suatu bahan yang berasal dari bunga anggrek. Rasa dan aroma es krim ini juga sedikit berbeda. Hal yang unik lain dari es krim ini adalah penjualnya yang akan memberikan atraksi unik sebelum menyuguhkan es krim kepada pembelinya.

Sarma and Dolma

Pernahkah kamu terpikir untuk mengkonsumsi daun anggur? Di Turki, daun anggur biasa dikonsumsi sebagai makanan yang bernama Sarma. Baik Sarma maupun Dolma merupakan kuliner khas Turki yang berupa nasi dan daging, yang dimasukkan ke dalam sayuran atau daun anggur. Nasi dan daging yang dimasukkan ke dalam sayuran, seperti tomat, cabai, atau terong ini disebut dengan Dolma. Sedangkan hidangan nasi dan daging yang dimasukkan dalam daun anggur disebut dengan Sarma.

Tavuk Göğsü

Pernahkah kamu berpikir bahwa dada ayam bisa dijadikan hidangan mirip puding? Tavuk göğsü ini merupakan hidangan Turki yang mungkin akan tampak aneh bagimu. Makanan khas Turki ini terbuat dari ayam yang direbus, kemudian dicampur dengan susu dan gula, serta dibumbui dengan kayu manis. Walaupun kombinasinya tampak tidak biasa, namun ketika menyantapnya kita akan mendapatkan cita rasa yang lezat.

webinar umroh.com

Kestane şekeri

Orang-orang Turki sangat suka dengan makanan-makanan manis. Tidak heran ada banyak makanan manis yang berasal dari kota ini, seperti baklava dan kunafa. Selain hidangan manis dari pastry, ada juga hidangan manis yang terbuat dari sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. hidangan khas Turki ini disebut dengan Kestane şekeri. Manisan dari buah-buahan ini tentu akan sangat sulit ditemukan di negara lain. Karenanya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ketika berkunjung ke Turki.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.