1
Tips

Tiket Gratis dari KAI, Ini Cara Mendapatkannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada tiket kereta gratis bagi kamu yang ingin mudik tahun ini. Dilansir dari kompas.com, Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro mengatakan bahwa PT. KAI akan menyediakan hingga 2.500 kursi secara gratis dalam agenda mudik Lebaran tahun ini. 2.500 kursi dalam program mudik gratis tersebut dibagi ke dalam arus mudik dan arus balik.

Jumlah Kuota Meningkat

Jumlah ini meningkat dari tahun lalu. Pada tahun 2018, kuota untuk mudik gratis hanya sebesar 1.520 sehingga kenaikan kuota ini mencapai 65%.

Program mudik gratis ini diselenggarakan untuk keberangkatan pada tanggal 26-27 Mei 2019 atau H-9 dan H-10 Lebaran. Selanjutnya, program arus balik gratis akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 juni 2019 atau H + 9 H dan H + 10 Lebaran.

Cara Mendapatkan Tiket Gratis

Jika tertarik mengikuti program mudik gratis ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri secara online di mudikbumn.co.id. Pendaftaran ini dibuka pada 26 April pukul 09.00 WIB hingga 8 Mei 2019 atau saat kuota telah habis.

Saat mendaftar, masyarakat wajib memiliki identitas resmi seperti KTP/ SIM/ paspor/ Surat Keterangan/ atau identitas resmi lainnya. Jika ingin mendaftar secara keluarga, peserta program mudik gratis wajib menunjukkan bukti Kartu Keluarga.

Seorang pendaftar program mudik gratis bisa mendaftarkan anggota keluarga dengan jumlah sesuai dengan yang tercantum di Kartu Keluarga. Namun ada batas maksimal pendaftaran keluarga ini, yaitu sebanyak 10 peserta. Jika ingin membawa bayi yang usianya di bawah 3 tahun, pendaftar bisa mendaftarkannya tanpa mengurangi kuota peserta. Namun bayi tersebut tidak mendapatkan nomor tempat duduk.

webinar umroh.com

Proses Verifikasi

Warga yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan email bukti pendaftaran, yang isinya adalah rincian pendaftaran dan nomor pendaftaran. KAI kemudian akan melakukan verifikasi data pendaftar, dan pendaftar yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk melakukan daftar ulang sesuai SMS atau email.

Email atau SMS verifikasi, yang berisi tanggal waktu dan lokasi pendaftaran ulang, akan dikirimkan KAI dalam waktu 2 hari, setelah melakukan pendaftaran tiket kereta api. Untuk program mudik gratis ini tidak dapat dibatalkan, diubah nama ataupun jadwalnya, dan setiap peserta mudik harus tunduk terhadap segala peraturan dan ketentuan yang berlaku di lingkungan KAI.

Tujuan Program Mudik Gratis

Program mudik gratis ini diluncurkan oleh PT. KAI untuk meminimalisir angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya. Disampaikan oleh Edi, pihaknya berharap program mudik gratis ini mampu mengurangi keinginan masyarakat untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Pada kompas.com, Edi mengatakan, “kami berharap dengan adanya program mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat merayakan lebaran dengan keluarganya di kampung halaman”.

Tidak Dipungut Biaya Sepeserpun

Pada program mudik gratis ini, tentu saja masyarakat tidak akan dipungut biaya sepeserpun oleh PT. KAI. Karena itu, Edi menghimbau agar masyarakat tidak mudah tertipu dengan pihak-pihak yang memanfaatkan momen ini untuk meminta imbalan. Misalnya meminta imbalan dalam proses administrasi. Selain itu, masyarakat juga harus waspada pada orang tidak bertanggung jawab yang hendak mengambil keuntungan saat perjalanan mudik gratis.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.