1
Muslim Lifestyle Tips

Tips Agar Selalu Mendapat Solusi di Setiap Masalah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Agar kita senantiasa diberikan solusi dalam setiap permasalahan yang ada, berikut ada beberapa tips yang perlu kita lakukan:

-Khusnudzon kepada Allah.

Meski kita sedang dilanda masalah dan kesulitan, tapi jangan pernah sekali pun kita bersu’udzon kepada Allah. Justru sebaliknya, kita wajib untuk tetap selalu berkhusnudzon kepada Allah apa pun masalah yang mendera kita.

Ingat bahwa Allah tidak mungkin memberikan masalah di luar batas kemampuan hamba-Nya. Dan yakinlah bahwa Allah akan selalu bersama kita asalkan kita sabar dan ridho terhadapan apa pun kehendak-Nya.

Allah berfirman:

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ

Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu. (Q.S. Adh-Dhuhaa, Ayat 3)

 

webinar umroh.com

-Yakin jika Allah lebih tahu mana yang terbaik untuk kita.

Sangat penting juga juga untuk meyakini bahwa Allah lebih tahu mana yang terbaik untuk kita. Karena tak jarang seorang hamba yang sok tahu, dengan berpikir bahwa takdir Allah itu buruk dan merasa yang menurut pemikirannya itu lebih baik.

Ingat bahwa apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah. Demikian pula sebaliknya, apa yang buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Allah. Dan Allah lebih tahu dari kita. Sehingga jangan pernah kita sok tahu dan merasa lebih tau Allah atas apa yang menimpa kita.

 

-Yakinlah Allah tak mungkin menciptakan masalah tanpa solusi.

Tidak ada masalah yang muncul tanpa ada sebuah solusi. Yakinlah Allah menciptakan masalah pasti sudah sepaket juga dengan solusinya. Cuma memang terkadang kita harus dapat berpikir untuk bisa menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.

(Q.S. Al-Insyirah, Ayat 5 – 6)

 

-Terus bertaqwa dan juga bertawakkal

Tak jarang pula bahwa terkadang pada saat kita sudah merasa buntu dalam mencari jalan keluar, sering pula muncul solusi dari jalan yang tak terduga-duga. Intinya yakinlah saja jika kita bertaqwa, InsyaaAllah Allah akan mempermudah jalan kita dalam mendapatkan solusi.

Karena itu, yakinlah bahwa sesungguhnya jika Allah menghendaki sesuatu pasti menyiapkan solusinya, ada cara yang tidak terbayangkan. Intinya berusahalah saja semaksimalkan mungkin, sisanya tawakkal saja pada Allah. Tetapi jangan juga hanya pasrah dan berserah diri tanpa ada ikhtiar yang maksimal. Semua harus seimbang.

… ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

…. Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

(Q.S. Ath-Thalaq, Ayat 2 – 3)

 

-Jangan pernah berhenti berdo’a

Jangan pernah berhenti untuk berdo’a kepada Allah yang maha kuasa. Ingat bahwa doa juga memiliki efek yang begitu dahsyat. Tetapi jangan pula hanya mengandalkan doa tanpa usaha. Usaha yang maksimal harus tetap dilakukan. Tetapi jangan pula berusaha maksimal tapi lupa untuk berdoa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(Q.S. Al-Baqarah, Ayat 153)

 

Silakan dishare, semoga bermanfaat.