1
Motivasi

Uang Bisa Membuatmu Bahagia, Tapi dengan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Uang merupakan salah satu bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah, agar kita bisa memenuhi segala kebutuhan hidup. Namun uang hanya perantara dan bukan segalanya. Semua orang setuju bahwa uang bukanlah hal yang bisa memberikan kebahagiaan sepenuhnya. Namun para peneliti menemukan bahwa uang memang bisa memberikan kebahagiaan, namun dengan berbagai catatan tertentu.

Penelitian para ilmuwan mengungkap bahwa uang bisa memberi kita kebahagiaan, jika digunakan untuk hal-hal di bawah ini.

Mendapatkan Waktu Ekstra

Waktu merupakan salah satu harta paling berharga yang dimiliki oleh manusia. Karena itu, jika seseorang memiliki kesempatan untuk mendapatkan waktu luang tambahan, maka bisa dibilang ia adalah orang yang berbahagia.

Uang yang dihabiskan untuk mendapatkan waktu ekstra bisa membuat kita lebih bahagia. Misalnya untuk membayar jasa asisten rumah tangga sehingga kita bisa menggunakan waktu untuk lebih fokus membahagiakan anggota keluarga lewat waktu yang berkualitas. Atau membayar jasa laundry agar kita bisa memaksimalkan waktu yang sempit untuk beristirahat.

Membayar jasa orang lain untuk mengerjakan hal-hal yang tidak bisa kita lakukan dengan baik membuat kita bisa manfaatkan waktu untuk lebih fokus pada hal yang lebih penting.

Merasakan Pengalaman Baru

Benda yang baru dan canggih mungkin bisa memberikan kebahagiaan kepada kita. Namun dengan berjalannya waktu, benda-benda yang tadinya menyenangkan bisa tampak membosankan. Karena itulah para ilmuwan menganjurkan agar kita tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal bersifat fisik.

Benda bersifat fisik tidak bisa memberikan kebahagiaan dalam waktu yang lama. Mereka menyarankan agar menghabiskan uang untuk merasakan pengalaman. Misalnya dengan berlibur atau mencoba wahana tertentu. Pengalaman tersebut akan melekat pada ingatan dalam jangka waktu yang lama, sehingga akan membuat kita bahagia setiap kali mengingatnya.

Berbagi dengan Orang Lain

Sebuah penelitian dilakukan kepada mahasiswa. Satu kelompok mahasiswa diminta untuk menghabiskan uang bagi dirinya sendiri. Sementara kelompok lainnya diminta untuk memberikan uang kepada orang lain.

webinar umroh.com

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang kedua memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Dari penelitian tersebut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa ketika kita menggunakan uang untuk orang lain, kita akan merasakan adanya hubungan dengan mereka, sehingga kita tidak terlalu fokus kepada diri sendiri. Inilah yang membuat orang-orang yang gemar memberi biasanya tidak terlalu tenggelam dalam kekhawatiran, dan justru fokus untuk membuat orang lain bahagia. Tindakan tersebut justru akan berbalik kepadanya dan memberikannya kebahagiaan yang lebih.

Berbagi dengan Keluarga dan Teman

Hubungan yang baik, yang dicerminkan dengan kepedulian kepada orang lain, bisa membuat manusia lebih panjang umur, lho. Pengalaman-pengalaman yang kita rasakan bersama dengan orang lain bisa memberikan kepuasan yang mendalam, serta membuat kita lebih bahagia.

Karena itu, sisihkan waktu lebih banyak dengan keluarga dan teman. Selain itu, jangan pelit untuk menghabiskan uang buat mereka yang kita cintai. Kita bisa memberikan mereka hadiah yang kira-kira bisa membuat mereka bahagia.  Senyum mereka saat menerima hadiah bisa menjadi memori yang indah yang akan melekat selamanya.

 

Ternyata menghabiskan uang untuk orang lain bisa membuat kita lebih bahagia, ya. Namun pastikan sebelum kita menghabiskan uang untuk mereka, kita menggunakan uang untuk hal-hal mendasar yang kita butuhkan. Selamat berbagi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.