1
Motivasi Muslim Lifestyle

Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sepertinya setiap kali saya memeriksa email saya hari ini, ada deretan pesan baru dari pengecer yang bersaing untuk perhatian saya. Penuh dengan huruf kapital, tanda seru, dan bintang, perusahaan-perusahaan ini tampaknya hampir putus asa untuk klik saya.

Sering kali, taktik ini berhasil. Jika saya melihat kata-kata “pengiriman gratis” —bungkus terkunci atau tidak — saya akan segera menggulir melalui toko online dan menambahkan item yang saya tidak tahu ingin masuk ke keranjang belanja saya. Ketika akhirnya saya pergi untuk meninjau pesanan saya, saya berhenti sejenak dan berpikir, tunggu, untuk apa saya membuka laptop saya !? Hal yang sama dapat terjadi di dalam toko. Saya pikir saya menginginkan sesuatu, dan saya akan memegangnya ketika saya melihat-lihat rak lainnya. Seolah-olah sebuah mantra menghampiri saya sementara saya tanpa sadar melihat-lihat rak pakaian yang tidak saya butuhkan atau peralatan dapur yang tidak akan pernah saya gunakan. Ketika tiba saatnya untuk check out, saya akhirnya tidak menginginkan barang yang saya bawa-bawa. Sepupu saya mengajari saya trik kecil ini untuk menghindari penyesalan pembeli di kemudian hari.

Janji-janji mewah dari persentase dan tanda-tanda penghematan yang gemerlap bisa menjadi gangguan besar pada saat ini. Selama musim liburan, banyak orang fokus memberi. Tentu saja, memberi hadiah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan ikatan di antara orang-orang terkasih. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Berikan hadiah, dan Anda akan saling mencintai” [Al-Adab al-Mufrad]. Namun, selain dari sikap mulia pemberian hadiah yang berakar dalam tradisi banyak keluarga, ada yang lain jatuh jauh ke dalam siklus keinginan.

Sebagai seseorang yang liburannya tidak jatuh pada bulan Desember tahun ini, saya bukan target utama dari banyak promosi yang sedang berjalan. Itu tidak berarti saya kebal terhadap iklan. Saya memiliki banyak jingle liburan yang dihafal dan mendapati diri saya ingin mendapatkan sesuatu yang baru di musim belanja musim gugur dan musim dingin. Bagaimana Anda bisa melewatkan banyak hal, bukan? Sesuatu mungkin merupakan “kesepakatan yang bagus,” tetapi tentu saja, Anda akhirnya menabung lebih banyak ketika Anda memilih untuk tidak membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan!

Tidak ada yang salah dengan menginginkan sesuatu yang baru sesekali, dan yang terbaik adalah menjadi pembelanja yang cerdas dan mendapatkan barang itu ketika sedang dijual. Namun, kita harus sadar. Apakah kita benar-benar membutuhkan barang ini, atau kita hanya menginginkannya untuk memuaskan diri kita sendiri? Keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang baru tidak hilang begitu saja. Perlu memiliki tas tangan atau smartphone terbaru mungkin terlihat seperti kebutuhan, tapi sungguh, itu adalah keinginan yang akan memundurkan kepalanya yang jelek ketika hal baru berikutnya keluar. Alih-alih menjadi mangsa materialisme ini — yang tidak akan meninggalkan Anda dengan kepuasan jangka panjang — kita perlu menemukan kebahagiaan kita melalui cara lain yang bertahan lama.

Kebahagiaan sejati tidak datang dari harta materi. Semua orang tahu ungkapan, “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan.” Telepon mewah, rumah besar, dan mobil mewah hanyalah barang, hanya benda nyata dunia ini. Kami tidak dapat menemukan kebahagiaan abadi di toko-toko dan online. Dalam Islam, kita diajarkan untuk menemukan kebahagiaan melalui Allah. Mematuhi perintah-perintah-Nya, membangun hubungan yang dekat dengan-Nya, dan berbuat baik (untuk diri sendiri dan orang lain) dengan niat untuk menyenangkan-Nya — itulah yang membawa sukacita ke hati seorang Muslim.

Nabi Muhammad SAW berkata, “Kebahagiaan adalah karena dia yang dibimbing untuk Islam dan memiliki ketentuan yang mencukupi untuk zamannya dan tetap puas” [Tirmidzi].