play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner

Lumpia Semarang di Jakarta yang Lezat dan Wajib di Cicipi!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Lumpia Semarang merupakan jenis jajanan khas Semarang Jawa Tengah yang memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Bukan hanya terkenal di kota Semarang saja tetapi lumpia Semarang sudah terkenal sampai ke seluruh Indonesia, tidak sulit bagi Anda menemukan lumpia Semarang di Jakarta.

Lumpia Semarang ini juga sering kali menjadi makanan yang umum dihidangkan pada setiap acara resmi, semi resmi maupun tidak resmi. Untuk yang belum mengetahui bagaimana cita rasa lumpia Semarang itu sendiri adalah perpaduan dari rasa antara Tionghoa dan Indonesia.

Baca juga : Wajib Dihafalkan! Begini Bunyi Doa Sa’i Tujuh Putaran

Sejarah Lumpia Semarang yang Ada di Jakarta

Cita rasa lumpia Semarang adalah perpaduan antara rasa Tionghoa dan Indonesia, karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

 Lumpia Semarang diawali oleh pasangan Tjao Thae Joe dan Wasi. Tjao yang meninggal pada tahun 1930-an membuat cita rasa lumpia berdasar asal daerahnya, Fukien, China. Karenanya masakannya yang dibuat bergaya Hokkian. Sementara Wasi adalah penjual lumpia lokal dengan cita rasa manis asin. Keduanya lalu menikah dan menyatukan usaha mereka.

Saat itu usaha yang dikembangkan berlokasi di Gang Lombok di kawasan Pecinan. Selanjutnya usaha tersebut diteruskan oleh anaknya, Siem Gwan Sing, generasi Ketiga, Siem SSwie Hie membuka warung di jalan Pemuda dan berkembang hingga kini diteruskan oleh Lien.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Pada saat ini terdapat jenis lumpia Semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie) dan ketiga aliran jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjao Thay Yoe dan Wasi dan yang terakhir adalah lumpia jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim).

Untuk aliran keempat adalah sejumlah bekas pegawai lumpia jalan Pemuda dan aliran kelima adalah orang-orang dengan latar belakang hobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar. Sehingga banyak sekali orang-orang yang membuka usaha toko lumpia dan bukan hanya berjualan di Semarang saja, tetapi orang-orang yang asli Jakarta juga membuka usaha Lumpia Semarang.

10 Tempat Membeli Lumpia Semarang yang Ada di Jakarta

1. Mr Lumpia Semarang

Mr lumpia Semarang ini berlokasi di Jalan Prof. DR. Satrio, RT 11/4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. Untuk tampat Mr lumpia Semarang ini buka setiap harinya mulai jam 08.00 hingga 20.00 WIB

2. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang ini berlokasi di Jalan Pulo Asem no. 4 RT.1/1, jati. Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Tempat beli lumpia Semarang ini buka setiap harinya mulai jam 08.30 hingga 17.25 WIB.

3. Lumpia Semarang enak

Untuk lokasi Lumpia Semarang enak ini berlokasi di Jalan Duri Mas I Blok A no. 22, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tempat beli lumpia Semarang enak ini buka setiap harinya mulai jam 09.00 hingga 18.00 WIB.

Apalagi yang engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

4. Lumpia Jakarta

Lumpia Jakarta berlokasi di Jalan Pecenongan no. 63, Kebon Kelapa, Gambir RT 9/3, kecamatan Gambir, kota Jakarta Pusat. Tempat beli lumpia Jakarta ini buka setiap hari kecuali hari Minggu. Buka setiap jam 09.00 hingga 21.00 WIB

5. Lumpia Semarang ‘Bamboo Good Eats’

Lumpia Semarang ‘Bamboo Good Eats’ berlokasi di jalan Bendungan Hilir gang. 11 No. 74 RT.2/3, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

6. Lumpia Gorengan Semarang

Lumpia goreng Semarang berlokasi di Dapur Raya 2 Pasar Jaya Blok M Lt LG, jalan Iskandarsyah II, RT.3/1, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, kota Jakarta Selatan.

7. RM. Bulevar

RM. Bulevar berlokasi di Jalan Boulevard Raya Blok1-4 No. 5, Kelapa Gading Permai, RT. 1/2 . kelapa Gading, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Tempat beli lumpia Semarang ini buka setiap harinya mulai pukul 09.00 hingga 20.30 WIB

8. Lumpia Pandanaran

Lumpia pandanaran berlokasi di Jalan Pahlawan Revolusi No.1, RT. 2/4, Pondok Bambu, Kecamatan. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. Tempat beli lumpia Semarang ini buka setiap harinya mulai jam 08.30 hingga 22.00 WIB

9. Lumpia Semarang

lumpia semarang di jakarta

Lumpia Semarang berlokasi di Jalan Boulevard Hijau Raya Blok B.8 No. 27 Kota Indah, gang Harapan, RT 3/1, Kelapa Gading Bar. Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Tempat beli lumpia Semarang ini buka setiap hari mulai jam 09.00 hingga 21.00 WIB

10. Lumpia Goreng Pejagalan

Umroh.com merangkum, lumpia Goreng Pejagalan ini berlokasi di RT. 9/4 Pejagalan, kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat. Tempat beli lumpia Semarang ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Nah, begitulah sejarah mengenai lumpia Semarang itu sendiri serta tempat beli lumpia Semarang yang berada di Jakarta, semoga dengan adanya artikel ini kita semua bisa mengetahui sejarah mengenai lumpia Semarang dan kita semua dapat melestarikannya dan merasakan nikmatnya rasa lumpia Semarang yang ada di Jakarta dan tentunya tidak kalah rasanya yang ada di Semarang.

Facebook Comments