1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips Umroh Umroh & Haji

Umrah di Bulan Syawal: Apakah Diperlukan Pengorbanan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika seseorang melakukan umrah di bulan Syawal kemudian kembali ke keluarganya, kemudian datang untuk melakukan haji, mayoritas ulama berpandangan bahwa ia tidak melakukan tamattu dan ia tidak harus menawarkan pengorbanan, karena ia kembali ke Keluarga kemudian dia kembali untuk melakukan haji sendiri.

Ini adalah pandangan yang diriwayatkan dari Umar ibn Al-Khattab dan putranya Abdullah (ra dengan mereka berdua), dan itu adalah pandangan mayoritas ulama.

Di sisi lain, diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa peziarah dalam hal ini melakukan tamattu, dan bahwa ia memang harus menawarkan pengorbanan, karena ia menggabungkan Umrah dan Haji dalam bulan-bulan Haji pada tahun yang sama.

Tetapi mayoritas ulama mengatakan bahwa jika dia kembali ke keluarganya – dan beberapa dari mereka mengatakan bahwa bahkan jika dia melakukan perjalanan jarak pendek – maka kembali untuk haji sendiri, maka dia tidak melakukan tamattu.

Tampaknya, bahwa pandangan yang paling benar adalah yang diriwayatkan dari Umar dan putranya Abdullah (semoga Allah berkenan dengan mereka berdua): Jika Muslim kembali ke keluarganya, maka ia tidak melakukan tamattu, dan dia tidak harus menawarkan pengorbanan.

Tetapi bagi orang yang datang untuk melakukan haji dan melakukan umrah dan kemudian tinggal di Jeddah atau At-Ta’if, dan dia bukan salah satu dari orang-orang mereka, maka dia memasuki ihram, orang ini melakukan tamattu`, dan fakta bahwa dia pergi ke At-Taif atau Jeddah atau Madinah tidak berarti bahwa dia tidak lagi melakukan tamattu, karena dia datang untuk melakukan Umrah dan Haji bersama-sama, dan dia pergi ke Jeddah atau At-Taif hanya untuk sebuah alasan.

Hal yang sama berlaku untuk orang yang mengunjungi Madinah – ini tidak berarti bahwa ia tidak lagi melakukan tamattu menurut pandangan yang paling jelas dan paling benar. Jadi dia harus menawarkan pengorbanan tamattu dan melakukan Sa’i untuk haji seperti halnya dia melakukan Sa’i untuk Umrah.