1
Parenting

Untuk Ayah, Tunjukkan 7 Sikap Ini Kepada Anak Lelaki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menunjukkan sikap yang baik adalah hal yang harus dilakukan oleh ayah kepada anak lelakinya. Lelaki adalah pemimpin bagi wanita, dan cara seorang lelaki memimpin dipengaruhi teladan yang dilihatnya dari ayah. Tentunya, anak lelaki menginginkan ayahnya menunjukkan sikap tertentu agar ia menjadi nyaman, dan kelak mengembangkan karakter yang baik. Di bawah ini adalah 7 hal yang ingin dilihat oleh anak lelaki dari ayahnya.

Mencintai Ibunya

Cara ayah memperlakukan ibunya akan menjadi contoh bagi anak. Anak akan memperlakukan ibu, saudara perempuan, dan seluruh wanita sama seperti cara ayah memperlakukan ibunya. Jika ayah memperlakukan ibu dengan hormat, kelak ia akan selalu menghormati wanita.

Cara Menghadapi Kegagalan

Kegagalan adalah suatu hal yang pasti dihadapi oleh setiap orang. Anak akan meniru cara ayahnya menghadapi kegagalan. Jika seorang ayah menunjukkan bahwa ia bisa mengatasi kegagalan dengan baik, anak lelaki akan melihat bahwa kegagalan bukan masalah yang besar. Ia juga bisa belajar bahwa kesalahan adalah hal yang akan memberi banyak pelajaran. Ketika seorang anak lelaki tidak takut untuk menghadapi kegagalan, ia akan tumbuh menjadi pria yang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan.

Teladan dalam Memimpin

Seorang ayah adalah kepala keluarga. Dari seorang ayah, anak lelaki akan belajar tentang cara memimpin. Kepemimpinan yang baik didapat dari seorang ayah yang senantiasa mengayomi seluruh anggota keluarga. Mengajarkan kebaikan, menyediakan kebutuhan keluarga, serta menunjukkan sikap yang santun adalah cara seorang keluarga dalam memimpin keluarganya. Anak akan meniru hal ini, dan kelak akan menerapkan kepemimpinan yang baik untuk keluarganya, di tempat kerjanya, atau di masyarakat.

Kepastian bahwa Ayah Mencintainya

webinar umroh.com

Seorang anak ingin mengetahui bahwa orang tuanya mencintainya. Ayah mungkin akan canggung untuk mengucapkan “Ayah sayang kamu” atau “Ayah mencintaimu”. Akan tetapi, kalimat tersebut akan membuat anak menjadi lebih aman dan tenang.

Selain kalimat yang menunjukkan bahwa Ayah mencintainya, tunjukkan juga bahwa Ayah mendukungnya. Seorang Ayah diharapkan lebih sering mengatakan kata-kata supportif, seperti “Ayah bangga padamu”, “Kamu hebat”, “Kamu masih butuh berlatih, tapi Ayah yakin kamu bisa”, dan sebagainya. Kata-kata tersebut akan membuat anak lelaki merasa dicintai dan didukung oleh ayahnya.

Mengajarkan Disiplin dengan Cinta

Ajarkan kedisiplinan pada anak dengan cinta. Anak harus tahu bahwa ada hal yang harus dilakukannya, dan ada yang tidak. Sampaikan bahwa akan banyak manfaat yang didapat ketika mengerjakan hal-hal yang diperintahkan. Sampaikan juga bahwa ada konsekuensi yang akan diterima akan jika ia melanggar larangan. Usahakan menyampaikan hal tersebut dengan bahasa yang santun dan positif.

Ketika ayah mengajarkan kedisiplinan dengan cinta, anak lelaki akan lebih mudah memahami pentingnya disiplin. Ia akan tahu bahwa harus ada hal yang ditempuh untuk mencapai hal baik. Selain itu, ada juga konsekuensi yang timbul jika mereka melakukan sesuatu yang buruk.

Ketaatan kepada Allah

Seorang anak lelaki akan belajar banyak tentang kehidupan sebagai seorang hamba Allah. Ia akan melihat bagaimana keyakinan ayahnya terhadap Allah, serta ibadah-ibadah yang dilakukan oleh ayahnya. Jika ia sering melihat ayahnya ke masjid, anak lelaki akan senang mengikuti ayahnya beribadah di masjid. Tunjukkan pada anak tentang bagaimana cara bertingkah laku sesuai tuntunan Islam. Kelak, anak akan mengingatnya, meniru dan melakukannya tanpa perlu disuruh.

Kehadiran Ayah

Seorang anak lelaki ingin agar ayah selalu hadir dalam setiap aspek hidupnya. Mulai dari pendidikan, kehidupan sosial, dan sebagainya. Seorang anak lelaki mengharapkan peran Ayah dalam membantu anak memahami pelajaran di sekolah, mengajarkan cara bergaul dengan teman sebaya, hingga bermain dan bersenang-senang bersama. Ketika ayah bisa hadir dalam setiap aspek hidupnya, kehadiran Ayah akan menjadi dukungan yang baik bagi perkembangan karakternya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.