1
Haji Umroh & Haji

Urutan Pelaksanaan Haji (Arofah) Bagian-2 (3)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

E. ‘UMROH

  1. THOWAF

Ketika masuk Masjidil Haram kita harus dalam keadaan berwudhu. Kita disunnahkan masuk melalui Babus Salam dimulai dengan kaki kanan, ketika melihat Ka´bah kita membaca :

اَلَّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمْ وَمِنْكَ السَّلاَمْ فَحَيَّنَا رَبَّنَا بِا لسَّلاََمْ

Artinya: “Ya Allah Engkaulah sumber segalakesejahteraan dan dari Engkaulah datangnya segala kesejahteraan, maka hidupkanlah kami ya Allah dengan keselamatan.” (al-Umm 2 : 144,al-Baihaqi 5 : 73, al-Fathu-r Robbani 12 : 8Hadits Shohih, Nailul Author 5 : 109)

اَلَّلهُمَّ زِِدْ هَذَ الْبَيتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَا بَةً وَزِدْمَنْ شَرَّفَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيمًا

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah kepada rumah ini (Ka’bah) kehormatan, kemuliaan dan kewibawaan. Dan tambahkanlah kepada siapa yang menghormatinya dan memuliakannya, yaitu orang yang mendatanginya untuk haji dan ‘umroh kehormatan, keagungan, kemuliaan dan kebajikan.”

Setelah itu kita menuju garis coklat yang sejajar dengan Hajar Aswad dan mulailah Thowaf dari sini dengan diawali mencium Hajar Aswad bila memungkinkan. Bila tidak cukup mengusapnya lalu mencium tangan atau isyarat dengan tangan tanpa mencium tangan sambil mengucapkan :

                                       بِِــسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر

webinar umroh.com

Artinya : “ Dengan nama Allah, Allah Maha Agung”

Kemudian mengelilingi Ka´bah tujuh putaran, tiga putaran pertama bagi laki-laki berlari-lari kecil kalau memungkinkan (putaran selanjutnya cukup dengan berjalan biasa), sedangkan wanita cukup berjalan biasa untuk semua putaran.

 

Selama thowaf bacalah do´a dan dzikir yang jama´ah kehendaki atau sukai. Ketika melewati Rukun Yamani usaplah dengan tangan (kalau tidak mungkin cukup dengan melambaikan tangan) sambil mengucapkan BismiLLahi waLLahu akbar” .Dan jama´ah akhiri setiap putaran, yaitu diantara rukun yamani dan Hajar Aswad dengan bacaan :

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةْ وَفِى الاَْخِرَةِ حَسَنَةْ وَقِنَا عَذَابَ النَّارْ

Artinya : “Wahai Rabb kami, Brilah kami kebaikan didunia ini, dan berikanlah kami kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa api neraka.” (Ahmad dan Abu Dawud)

Sesampainya di Hajar Aswad lakukanlah seperti permulaan thowaf sampai selesai tujuh putaran. Kemudian menuju Maqom Ibrohim sambil membaca:

                                                            وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ اِبْرَاهِيمَ مُصَلّى

Artinya:“Dan jadikanlah sebagian dari maqom Ibrohim sebagai tempat sholat.”

Lakukanlah shalat dua rakaat di belakang Maqom Ibrohim bila memungkinkan. Bila tidak, lakukanlah di tempat lain di dalam Masjid dengan membaca surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan dirakaat kedua surat Al-Ikhlash.

Setelah itu minumlah air Zamzam dan bacalah:

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءًا مِنْ كُلَّ دَاءٍ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfa’at dan rizki yang lapang serta obat dari segala penyakit”.