1
Travel

Wajib Tahu! Ini 6 Fakta Burj Khalifa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bicara tentang Dubai, tidak akan lepas dari Burj Khalifa. Menara tertinggi di dunia ini sering menjadi simbol kemegahan dan kemewahan. Sudah terkenal di seluruh dunia, ini fakta-fakta Burj Khalifa yang perlu kamu tahu.

Tertinggi Di Dunia, Menggeser Rekor Menara Taipei

Burj Khalifa adalah menara pencakar langit setinggi 828 meter, atau 2.716 kaki. Tinggi Burj Khalifa ini dua kali dari tinggi Empire State Building di New York, serta tiga kali dari tinggi Menara Eiffel di Paris.

Burj Dubai juga kemudian memecahkan rekor gedung tertinggi yang sebelumnya dipegang oleh menara Taipei 101 di Taiwan. Menara itu memegang rekor sebagai menara tertinggi sejak tahun 2004, dengan tinggi 508 meter atau 1.667 kaki.

Rekor-Rekor Burj Khalifa

Selain rekor sebagai bangunan tertinggi, menara dengan 200 lantai ini juga memegang rekor lain, yaitu bangunan dengan jumlah lantai terbanyak di dunia, bangunan dengan ruang observasi tertinggi di dunia, bangunan dengan elevator tertinggi dan menempuh jarak terjauh di dunia, serta bangunan dengan kolam renang di gedung yang tertinggi di dunia.

Memakan Biaya Miliaran Dolar dan Belasan Ribu Pekerja

Pembangunan Burj Khalifa memakan biaya 1,5 Miliar Dollar Amerika. Lebih dari 12.000 pekerja internasional dilibatkan dalam pembangunan Burj Khalifa. Setelah dibangun selama enam tahun, Burj Khalifa akhirnya diresmikan tahun 2010 oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Terinspirasi dari Bunga

Bangunan Burj Khalifa ini mirip jarum yang menjulang ke angkasa. Namun tahukah kamu, Burj Khalifa ini terinspirasi oleh bunga Spyder Lily (Hymenocallis), yang berasal dari wilayah Sekitar Amerika – Amerika Selatan.

Gedung ini dirancang oleh arsitek dari Amerika Serikat, Adrian Smith. Ia juga yang merancang Jeddah Tower yang tingginya 3.280 kaki, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Jeddah Tower ini diperkirakan akan melampaui tinggi Burj Khalifa.

Mulanya Bukan Bernama Burj Khalifa

Awalnya, gedung tertinggi di dunia ini diberi nama Burj Dubai. ‘Burj’ berarti ‘menara’, dan ‘khalifa’ artinya adalah ‘pemimpin’. Penggantian nama itu bertujuan untuk menghormati presiden Uni Emirat Arab dan pemimpin Abu Dhabi, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, yang ada di balik pendanaan berdirinya gedung ini.

webinar umroh.com

At The Top Burj Khalifa

Ingin menikmati pemandangan Dubai dari atas Burj Khalifa? Bisa! Kita bisa menuju ke tempat khusus yang bernama At The Top. Di lantai ini, kita diperbolehkan untuk menikmati pemandangan Dubai. Harga tiket yang dikenakan untuk menikmati fasilitas At The Top beragam, tergantung lantai mana yang ingin kita pilih, dan waktu kunjungan kita. At The Top ada di lantai 148, 124, dan 125.

Untuk mencoba fasilitas ini, kita harus memesan terlebih dahulu jika tidak ingin mengantri. Selain itu, tiket yang dipesan saat reservasi juga lebih murah. Kita bisa mendatangi lantai dasar Burj Khalifa jika ingin menikmati pemandangan di At The Top Burj Khalifa.

Pemandangan dari sana sangat luar biasa. Bayangkan, kita bisa melihat bumi dari gedung tertinggi di dunia. Banyak yang setuju kalau pemandangan paling menakjubkan adalah sesaat sebelum matahari terbenam. Menyaksikan matahari terbenam dari At The Top Burj Khalifa bisa menjadi pengalaman tak terlupakan!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.