1
Kesehatan

Waspadalah, Ini 9 Tanda Kelenjar Tiroid Terganggu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk mirip kupu-kupu dan terletak di leher. Kelenjar ini dikenal sebagai kelenjar terbesar dalam metabolisme manusia. Kelenjar tiroid berfungsi mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, serta mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Jika kelenjar ini tidak bekerja dengan baik, maka kesehatan tubuh akan terganggu seluruhnya.

Berikut adalah gejala yang ditunjukkan tubuh ketika kelenjar tiroid terganggu.

  1. Rasa Tidak Nyaman di Leher

Ketika kelenjar tiroid terganggu, kita akan merasa bengkak di bagian leher. Rasa tidak nyaman akan semakin terasa jika kita memakai dasi atau pakaian dengan kerah yang tinggi.

  1. Perubahan pada Kulit dan rambut

Rambut dan kulit juga akan terpengaruh jika kelenjar tiroid mengalami gangguan. Rambut jadi terasa kering, mudah patah, dan mudah rontok. Semnetara kulit terasa kering, menebal, dan kasar.

  1. Perubahan Berat Badan

Kelainan pada kelenjar tiroid bisa dilihat dari perubahan berat badan yang sangat drastis. Perubahan berat badan yang terjadi karena kelainan kelenjar tiroid biasanya tidak bisa dijelaskan penyebabnya. Kondisi ini disebut dengan hypothyroidism dan hyperthyroidism.

  1. Kolestrol Tinggi

Saat kelenjar tiroid terganggu, terjadi peningkatan pada kolestrol dalam darah. Namun kolestrol akibat gangguan tiroid tidak mudah hilang walaupun sudah mengkonsumsi obat penurun kolestrol, berolahraga, dan mengubah pola makan.

  1. Haid yang Tidak Teratur dan Masalah Kesuburan

Bagi wanita, siklus haid akan tidak teratur ketika kelenjar tiroid mengalami gangguan. Menstruasi jadi lebih sering atau lebih pendek, serta merasakan sakit. Selain itu, terdapat masalah pada kesuburan.

  1. Masalah pada Perut

Ketika terjadi masalah dengan kelenjar tiroid, perut juga akan mengalami gangguan. Seseorang yang kelenjar tiroidnya terganggu akan mengalami konstipasi atau diare yang berkepanjangan, serta gangguan pada sistem pencernaan lainnya.

webinar umroh.com
  1. Nyeri pada Otot dan Sendi

Jika ototmu terasa tidak sekuat biasanya, bisa jadi kelenjar tiroid sedang terganggu. Gejala lainnya adalah tangan atau lengan yang sering terasa kesemutan.

  1. Kelelahan

Orang yang terganggu kelenjar tiroidnya akan mengalami kelelahan yang tidak jelas penyebabnya. Tubuh jadi merasa tidak nyaman dan masih terasa lelah walaupun sudah tidur.

  1. Depresi dan Kecemasan

Gangguan pada emosi juga menjadi tanda kelenjar tiroid terganggu. Seseorang akan merasakan depresi, kecemasan, atau gangguan kepanikan yang tiba-tiba ketika kelenjar tiroid terganggu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.