Muslim Lifestyle Travel

Wisata Religi di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jakarta ialah ibu kota dari Negara Indonesia yang tak pernah sepi akan kehidupan. Setiap harinya jutaan orang datang dan melakukan aktivitas di kota yang terkenal akan kemacetannya ini.  Tidak hanya menjabat sebagai ibu kota saja, ternyata kota Jakarta mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar Jakarta maupun local. Tak sedikit masyarakat yang datang berkunjung hanya untuk sekedar melihat megah nya ibu kota ataupun rekreasi di tempat wisata bersama keluarga dan kerabat dekat. 

Baca juga: 9 Wisata Religi Walisongo yang Wajib Dikunjungi

Tahukah Anda jika kota Jakarta tidak hanya memiliki segudang tempat wisata yang terkenal  dan menarik saja, meskipun jarang terekspos dan tidak terlalu banyak diminati pengunjung wisatawan namun ada beberapa destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi dan Anda pelajari berbagai sejarah dan keislamannya  disana.

Baca juga: Baca AL Quran dan Terjemahannya di Sini

Mau tau apa saja wisata religi di Jakarta yang wajib dikunjungi? Berikut rangkuman umroh.com untuk Anda.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Bagi masyarakat Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Istiqlal. Ya, masjid istiqlal ini merupakan masjid megah dan merupakan salah satu masjid terbesar di asia  tenggara. Masjid yang terletak di pusat ibu kota tepatnya di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah besar, kota Jakarta Pusat ini merupakan hasil karya desain dari Frederich Silaban seorang arsitek berdarah batak yang ternyata merupakan seorang umat kristiani. Masjid istiqlal memiliki luas mencapai 93.200 meter dengan daya tampung sekitar 200.000 jamaah. Bagi Anda wisatawan luar Jakarta dan khusus nya masyarakat yang tinggal di daerah Jakarta pusat dan sekitarnya, tidak ada salah nya jika Anda berkunjung ke masjid istiqlal untuk sekedar singgah melaksanakan sholat sekaligus mempelajari sejarah keislaman yang terdapat pada masjid tersebut. 

2. Masjid Agung Sunda Kelapa

Wisata religi selanjutnya ialah Masjid agung Sunda Kelapa. Masjid yang terletak di Jl. Taman Sunda Kelapa No 16, Menteng , Jakarta Pusat ini dibangun pada tahun 1960an dengan desain dari arsitek lulusan ITB yaitu Ir. Gustaf Abbas. Mengapa masjid ini termasuk kedalam salah satu wisata religi yang patut dikunjungi karena keunikan yang terdapat pada masjid yaitu tidak adanya kubah, bedug, bintang bulan dan sederet symbol khas daerah timur tengah pada bangunannya. Selain itu bentuk bangunan menyerupai perahu yang sejatinya menyimbolkan pelabuhan sunda kelapa tempatnya saudagar muslim berdagang dan menyebarkan ajaran islam pada masa lalu silam. Terbilang unik dan menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan jamaah yang berkunjung. 

3. Makam Mbah Priok, Jakarta Utara

Makam mbah priok merupakan salah satu destinasi tempat wisata religi di Jakarta yang menjadi daya tarik tersendiri. Makam mbah priok di resmikan oleh mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai cagar budaya dan kawasan wiasata. Makam mbah priok berada di pasir koja RW 01 Jakarta Utara.terdapat 13 makam termasuk makam Habib Al hadad atau dikenal dengan makam mbah Priok dan tokoh lainnya. Selain bisa mengunjungi atau berziarah kubur disini, para wisatawan juga bisa melakukan ibadah di masjid terapung.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat

4. Masjid At-Tin, Jakarta Timur

Masyarakat local Jakarta maupun luar Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan masjid At-Tin. Masjid yang terletak di jalan ray ataman mini pintu 1 Jakaarta Timur di bangun pada zaman presiden Soeharto untuk di dedikasikan kepada istri tercinta Tien Soeharto. Masjid At-Tin mampu menampung hingga 9.000 jamaah didalam dan 1.900 jamaah diluar.

wisata religi jakarta
source: flickr.com

5. Gereja Katedral

Gereja Katedral adalah sebuah gereja di Jakarta yang diresmikan pada tahun 1901 yang dibagun dengan arsitektur neogotik dari eropa. Gereja Katedral memiliki nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga. Di dalam gereja terdapat serambi gereja, ruang umat dan panti imam. Gereja Katedral memiliki museum yang diresmikan pada tanggal 28 april 1991 yang isinya terdapat teks doa berbingkai, mitra dan tongkat gembala paus Paulus VI, piala dan kasula paus yohanes Paulus II, replica pastoran, perangko, lukisan dari batang pohon pisang karya kusni kasdut, replica perahu pastor P.bonike, relique santo dan santa dan yang terakhir orgel pipa asli katedral. 

6. Gereja Kristen Indonesia Kwitang

Merupakan bangunan ibadah peninggalan belanda yang berbentuk huruf L, gereja yang berada di jalan kwitang no. 28 kelurahan kwitang Jakarta Pusat ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya pada tahun 2005 oleh departemen kebudayaan dan pariwisata. 

7. Pura Aditya Jaya Rawamangun

Pura yang diresmikan pada tahun 1972 merupakan pura tertua dan terbesar di Jakarta. Pura ini berlokasi di jalan daksinapati raya Rawamangun, Jakarta Timur. Memiliki luas ± 1 hektar dengan pepohonan rindang da bangunan ornament bergaya khas Bali.

source: flickr.com

Demikianlah beberapa destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi saat Anda berada di kota Jakarta. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang ingin berkunjung maupun menyempatkan waktu untuk beribadah disana.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini