1
Kuliner

Yuk, Cicipi Falafel, Gorengan Khas Timur Tengah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Makanan yang dimasak dengan teknik deep-fried (menggoreng hingga terendam dalam minyak panas) memang memiliki pesona tersendiri. Tekstur yang renyah serta rasa yang lebih gurih membuat gorengan memiliki penggemar yang tidak main-main. Terlebih di Indonesia. Warga Indonesia terkenal sebagai penggemar makanan yang dimasak dengan teknik deep fried.

Berbagai macam hidangan khas Indonesia banyak yang menggunakan cara memasak ini. Mulai dari lauk hingga cemilan. Ayam goreng, tempe dan tahu goreng, serta berbagai macam cemilan seperti bakwan / bala-bala, pisang goreng, hingga bola ubi.

Falafel, Gorengan Khas Timur Tengah

Jika kamu termasuk pecinta gorengan, kamu juga harus mencicipi gorengan khas Timur Tengah ini. Warga di dataran Timur Tengah juga memiliki sajian yang dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas. Di antaranya Falafel.

Falafel adalah bola-bola dari adonan kacang yang digoreng. Adonan kacangnya terbuat dari kacang arab dan kacang fava. Biasanya dihidangkan sebagai cemilan atau hidangan pembuka. Falafel merupakan makanan yang umum di Timur Tengah. Mulai dari Mesir, Israel, hingga Arab Saudi mengenali falafel sebagai makanan khas negara mereka.

Falavel biasanya disajikan bersama roti pita. Falafel bisa dimakan langsung atau dinikmati sebagai filling yang dimasukkan dalam roti pita dan ditambahkan sayuran segar. Cara makan seperti ini sangat populer di Israel. Bahkan, warga Israel menganggap sandwich falafel ini sebagai fast food nomor satu.

Digemari Masayarakat di Belahan Dunia Lain

Bukan hanya di Timur Tengah, popularitas falafel ini juga sampai hingga ke belahan dunia lain. Misalnya, warga Amerika Serikat menyantap falafel sebagai pengganti daging dalam diet mereka.

webinar umroh.com

Buat Sendiri Falafel di Rumahmu

Jika kamu tertarik mencicipi falafel, yuk, coba buat sendiri di rumah dengan resep ini. Siapkan bahan berikut ini:

  • Satu cangkir kacang arab
  • Satu siung Bawang bombay yang dicincang kasar
  • Dua sendok makan parsley cincang
  • Dua sendok makan seledri cincang
  • Satu sendok teh garam
  • Setengah sendok teh cabe bubuk
  • Empat siung bawang putih
  • Satu sendok teh kunyit
  • Satu sendok teh baking powder
  • Empat hingga enam sendok makan tepung terigu.

Cara membuatnya :

  1. Rendam kacang arab dengan air semalaman.
  2. Campurkan kacang arab yang sudah lunak dengan bawang bombay cincang, parsley, seledri, garam, cabe bubuk, bawang putih, dan kunyit.
  3. Haluskan dengan food processor hingga halus dan tercampur rata.
  4. Masukkan tepung terigu dan baking powder, uleni sampai kalis.
  5. Diamkan bulatan adonan dalam wadah, tutup dengan kain, lalu masukkan dalam kulkas selama satu jam. Proses ini berguna agar adonan tidak lengket saat dibentuk
  6. Setelah adonan dingin, bentuk bulat-bulat sebesar bola pingpong.
  7. Goreng bulatan dalam minyak panas.
  8. Tiriskan minyaknya, falafel siap dinikmati.

Ternyata membuat falafel tidak terlalu sulit, bukan? Kalau kamu bosan dengan gorengan Indonesia, kamu bisa menjadikan falafel yang gurih ini sebagai variasi kudapan sore, lho. Selamat mencoba.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.