1
Kuliner

Yuk, Masak Soup-E Jo. Hidangan Khas Persia yang Bisa Menghangatkan Saat Hujan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Musim hujan sudah tiba, nih. Saat hujan deras turun dan kita terjebak di rumah, lebih baik memasak makanan yang bisa menghangatkan tubuh. Ada salah satu hidangan sup asal Persia yang bisa kamu nikmati di musim hujan ini. Namanya adalah Soup-E Jo.

Sup krim ini terbuat dari barley, sejenis gandum. Rasa sup ini gurih dan bernutrisi, serta memiliki rasa yang kaya. Karena mengandung sedikit kalori, sup ini juga bisa menjadi sumber energi yang sehat bagi kamu yang sedang diet, lho.

Soupe Jo stau Soup-E Jo

Sup krim khas Persia ini adalah hidangan klasik yang banyak dikenal dengan nama Soup-E Jo.  “Jo” berarti barley dalam bahasa Persia. Hidangan ini sangat populer karena memiliki cita rasa yang gurih, natural dan sederhana.

Memiliki Banyak Nutrisi

Barley, sebagai bahan utamanya, menciptakan tekstur yang unik dan konsistensi yang bagus pada hidangan ini. Konsistensi Soup-E Jo berbeda dengan  konsistensi yang diperoleh dari tepung terigu atau tepung jagung.

Tekstur seperti krim yang terbentuk dari barley yang dihaluskan juga mengandung lebih banyak nutrisi. Sama seperti oats, barley adalah sumber beta glucan yang baik. Kandungan ini merupakan serat yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

Keunggulan barley dibandingkan dengan oats adalah dalam jumlah serat. Barley memiliki lebih banyak serat. Kandungan serat pada Barley ada di seluruh bulirnya, bukan hanya di bagian luar butirannya. Saat memasak Soup-E Jo, pastikan barley telah dimasak hingga matang agar cita rasanya lebih enak.

Bahan Tambahan untuk Menambah CIta Rasa

Bahan lain yang digunakan dalam Soup-E Jo adalah daun bawang, wortel, seledri, dan rempah-rempah. Tambahan bahan tersebut berguna untuk memperkaya rasa dan nutrisinya.

Soup-E Jo juga bisa dimasak bersama dengan jamur untuk menambah cita rasa. Akan tetapi, ketika dimasak bersama jamur, warnanya jadi sedikit menghitam, namun rasanya tetap enak. Jika ingin warna jamur tidak terlalu mempengaruhi tampilan sup, ini masak dulu barley bersama dengan daun bawang, lalu tambahkan jamur yang telah dimatangkan sebelumnya ke dalam sup.

webinar umroh.com

Cara Membuatnya Mudah

Jika kamu ingin membuatnya di rumah, Soup-E Jo relatif mudah dibuat. Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bawang bombay hingga kecoklatan. Tambahkan bawang putih yang telah diparut, lalu aduk hingga berubah menjadi coklat keemasan. Tambahkan barley, daun bawang atau jamur, tomat, seledri, daun salam, bumbu rempah, garam, merica, lalu aduk beberapa menit hingga keluar aromanya. Tambahkan kaldu ayam, lalu didihkan. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak selama satu jam atau lebih. Masak hingga tekstur barley yang matang berubah menjadi lembut.

Setelah tektur barley empuk dan matang, ambil separuh bagian sup lalu haluskan dengan blender. Blender hingga teksturnya menjadi halus dan lembut. Campurkan kembali dengan separuh bahan lain yang tidak dihaluskan.

Tambahkan air perasan lemon, untuk memberikan cita rasa segar. Tambahkan juga krim asam dengan menyendok semangkuk sup dan mencampurkannya dengan krim asam secara terpisah, aduk rata lalu campurkan lagi ke dalam panci. Aduk hingga rata, lalu sajikan hangat-hangat dengan taburan seledri. Soup-E Jo siap menghangatkanmu saat hujan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.