1
Kuliner

Zaatar, Campuran Rempah Serbaguna

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Zaatar adalah campuran rempah yang banyak digunakan di Timur Tengah. Ketika orang-orang di Timur Tengah menyebut “zaatar”, yang mereka maksud adalah rempah-rempah yang tumbuh di rumah mereka. Karena rempah-rempah tersebut banyak digunakan dalam hidangan sehari-hari, maka campuran berbagai rempah disebut dengan Zaatar.

Banyak Digunakan di Timur Tengah

Zaatar banyak digunakan di Lebanon, Israel, Palestina, Suriah, dan Yordania. Selain di daerah tersebut, negara-negara seperti Iraq, Arab Saudi, Kepulauan Siprus, dan Turki juga beberapa mengenal campuran rempah ini. Komposisi Zaatar di berbagai negara tersebut berbeda-berbeda. Zaatar di Lebanon akan berbeda dengan Zaatar di Arab Saudi. Bahkan, berbeda rumah pun akan memiliki resep Zaatar yang berbeda.

Zaatar menjadi semacam warisan keluarga, dan tidak semua keluarga bersedia membagi resep tersebut kepada orang lain. Kelezatan hidangan yang dibumbui dengan Zaatar racikan rahasia sering menjadi kebanggaan bagi setiap rumah.

Sebagai Topping Roti

Zaatar ini sering digunakan sebagai topping roti. Wanita di Timur Tengah biasa membuat roti Zaatar atau Zaatar Manakish sebagai sarapan keluarga. Mereka membuat adonan roti di pagi hari, mengoleskan minyak zaitun dan zaatar di atasnya, lalu memanggangnya. Roti Zaatar menjadi hidangan favorit keluarga Timur Tengah. Olesan minyak zaitun dan zaatar menjadikan roti zaatar gurih dan wangi.

Terdiri dari Bermacam Rempah

Cita rasa zaatar sendiri wangi dan segar. Di dalamnya terdapat berbagai campuran rempah-rempah daun, rasa asam dari sumac, dan biji wijen yang disangrai. Di dalam Zaatar biasanya terdiri dari :

Thyme

Thyme adalah dedaunan yang memiliki aroma yang unik dan kuat. Thyme memberikan cita rasa segar di dalam Zaatar. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Biasanya, Thyme dipanen pada musim semi dan dikeringkan. Karena disimpan dalam keadaan kering, thyme bisa digunakan sepanjang tahun.

Marjoram

Marjoram adalah dedaunan yang memiliki cita rasa dan bentuk mirip oregano. Dedaunan ini juga biasa disertakan saat membuat Zaatar.

Sage

Sage adalah daun yang memberikan cita rasa segar. Daun yang juga bisa diseduh ini memberikan rasa segar dan menjadi penyeimbang dalam cita rasa Zaatar.

webinar umroh.com

Sumac

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga. Sumac menjadi komponen penting dalam membuat Zaatar. Sumac memberikan cita rasa asam, sehingga membuat rasa Zaatar jadi khas. Sebagai pengganti sumac, banyak yang menggunakan air lemon untuk menambah cita rasa asam.

Wijen

Wijen adalah biji-bijian yang disertakan di antara beragam rempah daun di Zaatar. Biji wijen yang sudah disangrai akan memberikan cita rasa dan aroma gurih yang khas.

Agar kualitas Zaatar bagus, rempah-rempah tersebut harus dicampur dalam keadaan benar-benar kering. Sebelum dicampurkan, biasanya rempah-rempah tersebut akan dihaluskan terlebih dahulu. Setelah semua rempah kering dan halus, kemudian dicampurkan dan disimpan dalam toples kedap udara.

Digunakan di Beragam Hidangan

Bukan hanya dioles di atas roti, Zaatar juga biasa digunakan dalam berbagai hidangan Timur Tengah. Mulai dari taburan pada kentang goreng dan telur goreng, untuk membuat bumbu marinasi ayam atau sayur, dicampurkan dalam adonan Falafel, di taburkan di atas sup, dan masih banyak lagi. Zaatar sangat fleksibel digunakan di berbagai hidangan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.