1
Serba-serbi Ramadhan

11 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Penting Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang paling dinanti seluruh umat muslim di dunia. Waktu tersebut menjadi bulan yang penuh keberkahan dan dilipat gandakannya segala amalan baik. Berpuasa tentunya menjadi amalan wajib yang harus kita tunaikan sebulan penuh dan mendapatkan 11 keutamaan puasa ramadhan yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Sehingga dapat menjadi penyemangat dan mendorong umatnya untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan. Nah, karena bulan suci ramadhan merupakan waktu yang spesial dan menjadi suatu kesempatan bagi umat muslim meningkatkan ketakwaan, untuk itu jangan sampai melewatkannya begitu saja.

Baca juga : Keutamaan dan Dalil Puasa Ramadhan di Dalam Al -Quran

Keutamaan Berpuasa Ramadhan

Persiapkan diri secara optimal untuk menyambutnya, karena berpuasa di bulan ramadhan memiliki beberapa keutamaan yang bisa Anda dapatkan. Berpuasa saat bulan ramadhan akan mendatangkan keberkahan dan juga memiliki keutamaan yang dapat kita rasakan, diantaranya sebagai berikut :

1.      Berpuasa mendatangkan amal sholeh yang berlipat ganda

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa bulan ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Akan bernilai sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadan juga, umat muslim berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya, karena hal tersebut akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

2.      Berpuasa mendatangkan kita pada berkah

Inilah alasan kenapa bulan ramadan disebut dengan bulan seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan dan berpuasa di bulan ramadhan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan, untuk itu sangat di sayangkan melewatkan puasa di bulan ramadhan.

3.      Orang berpuasa senantiasa mendapat perisai

Rasulullah SAW bersabda : “puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka”. (HR. Ahmad dan Baihaqi). Jadi 11 keutamaan puasa ramadhan yaitu dengan berpuasa dapat menjadi perlindungan kita dari segala macam kemaksiatan dan juga keburukan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4.      Terdapat malam Lailatul Qadar

Pada 10 malam terakhir di  bulan ramadan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar. Dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.  Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3). Di bulan itu terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa dihalangi mendapatkan kebaikannya, maka ia telah terhalangi.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 55).

webinar umroh.com
keutamaan puasa ramadhan

Jika ramadan adalah bulan terbaik dalam satu tahun, maka malam lailatul qadar adalah malam terbaik di antara semua malam dan hari. Malam Lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran yang penuh keberkahan. Malam ini sangat spesial dimana nilainya adalah lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar sendiri tidak disebutkan secara spesifik kapan, namun Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan dalam sebuah hadits jika malam itu terdapat di 10 malam terakhir pada malam ganjil. Pada malam itu kita di sunahkan untuk lebih memperbanyak amalan ibadah kita

5.      Orang yang berpuasa akan mendapat pengampunan dosa

Barangsiapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim, dll). Ramadan adalah waktu paling spesial karena hujan keberkahan di dalamnya. Salah satu yang menjadi paling utama adalah waktu di mana dosa-dosa kita di masa lalu akan diampuni. Namun tentunya dengan sebuah syarat kita melaksanakan puasa di dalamnya hanya dengan mengharap pahala dari sisi Allah SWT dan iman kepada-Nya.

6.      Dibukanya pintu-pintu surga Ar- Royyaan

“Telah datang kepadamu bulan Ramadan, bulan yang diberkahi, di mana Allah mewajibkan puasa di bulan itu kepada kamu. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan durhaka dibelenggu.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 55). Sebagian ulama menafsirkan hadits ini dengan makna bahwa di bulan ramadan Allah SWT membuka amalan-amalan pahala selebar-lebarnya dan memberikan kemudahan dan pahala yang berlipat ganda, sehingga memudahkan jalan seseorang untuk meraih amalan menuju surga. Dengan berpuasa maka akan di bukanya pintu yang bernama Ar- Royyaan yang hanya bisa di masuki orang-orang yang berpuasa.

7.      Orang yang berpuasa akan dikabulkan doanya

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi” (HR. Tirmidzi; hasan) . Dalam berdoa terdapat waktu-waktu yang mustajab agar doa bisa mudah terkabul. Doa orang yang berpuasa menjadi salah satunya, apalagi mereka yang berpuasa di bulan ramadan yang penuh berkah. Maka ramadan ini menjadi kesempatan besar kita untuk meminta kepada Allah segala kebaikan melalui doa.

Apalagi yang engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8.      Terdapat keberkahan dalam bersahur

“Makan sahur itu berkah, maka jangan kamu tinggalkan meskipun hanya meminum seteguk air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur.” (HR. Ahmad, dihasankan oleh Al- Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 3683). Satu hal yang disunahkan saat kita berpuasa di bulan ramadan adalah bersahur. Kadang masih banyak dari kita menyepelekan hal ini, padahal di dalamnya banyak sekali mengandung kebaikan. Selain dalam 11 keutamaan puasa ramadhan untuk mempersiapkan tenaga untuk jalani ibadah puasa, bersahur memiliki keberkahan yang besar di mana Allah SWT dan para malaikatnya akan bershalawat kepada mereka yang bersahur.

9.      Pahala sholat tarawih yang berlimpah

 “Sesungguhnya Barangsiapa melakukan qiyamullail bersama imam hingga selesai, maka akan dicatat sholat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, Shahihul Jaami’ no. 2417). Selain sahur, amalan sunah khas lainnya yang hanya hadir di bulan Ramadan adalah salat Tarawih. Amalan ini juga gak boleh kita tinggalkan karena nilai pahalanya yang sangat besar, yaitu senilai sholat semalam suntuk. Tidak hanya itu, salat tarawih pun memiliki nilai kebaikan lainnya, di mana 10 hari pertama adalah waktu penuh rahmat, 10 hari kedua waktu penuh ampunan dan 10 hari terakhir adalah waktu penghindaran dari api neraka menjadi salah satu keutamaan puasa ramadhan.

10.  Amalan memberi makan orang untuk berbuka puasa

“Barangsiapa memberi makan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa itu tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala orang yuang berpuasa itu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dll. Shahihul Jaami’ no. 6415). Hal lainnya yang membuat ramadan penuh berkah adalah banyaknya orang berbondong-bondong bersedekah. Salah satunya adalah memberi makan orang yang berbuka puasa, bahkan nilai pahalanya sama besar seperti yang berpuasa. Maka ini menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk turut serta juga dalam amalan ini. Hal ini juga berlaku bagi para wanita yang terhalang puasa karena menstruasi, sedang hamil atau menyusui. Dengan menyediakan berbuka puasa bagi orang lain, mereka tidak akan kehilangan nilai amalan puasa.

11.  Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di hadapan Allah dari pada bau kasturi

keutamaan puasa ramadhan

Umroh.com merangkum, sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi : “puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah :’saya sedang berpuasa’. Demi dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuas lebih harum disisi Allah SWT pada hari kiamat daripada bau kasturi”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah  11 keutamaan puasa ramadhan yang bernilai banyak pahala, dan dapat menjadi motivasi kita agar bisa bersemangat menjalani puasa. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.