1
Serba-serbi Ramadhan

Mau Kuat Puasa Tanpa Sahur? Ikuti Tipsnya Di Sini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa tanpa sahur masih bernilai sah, karena sahur bukan syarat sah puasa. Dalam puasa wajib, selama kita sudah berniat puasa di malam hari kemudian melewatkan sahur karena tertidur, maka puasanya masih sah. Sementara dalam puasa sunnah, niat puasa boleh dilakukan di pagi harinya. Namun puasa tanpa sahur tentu akan mempengaruhi kondisi kita dalam beraktivitas selama berpuasa. Nah, pada artikel kali ini umroh.com akan membagikan tips kuat puasa tanpa sahur.

Pentingnya Makan Sahur

Makan sahur sebenarnya membawa berkah. Dari segi kesehatan, makan sahur bisa membantu tubuh mengisi kebutuhan energi dan nutrisi selama berpuasa belasan jam ke depan. Rasulullah bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR.Bukhari dan Muslim). Berkah yang dimaksud adalah kebaikan di dunia serta pahala dari Allah.

Dalam hadis lain yang dituturkan Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda, “Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR.Ahmad)

Baca juga: Menu Makanan Lebaran Lengkap dengan Resepnya

Tips Kuat Puasa Tanpa Sahur

Umroh.com merangkum, walaupun sahur memiliki banyak keberkahan, namun bisa jadi kita melewatkan makan sahur. Penyebabnya, kita tidak terbiasa makan sebelum subuh atau terlewat bangun. Bagi orang yang melewatkan sahur, berikut adalah tips kuat puasa tanpa sahur yang bisa diikuti:

1. Perkuat Niat

Puasa tanpa sahur bisa menjadi hal berat bagi yang tidak terbiasa berpuasa. Namun, hal itu bukanlah tidak mungkin. Manusia sebenarnya masih bisa bertahan hidup tanpa makan selama tiga minggu, dan tanpa minum selama satu minggu. Sedangkan saat berpuasa, kita hanya perlu menahan lapar dan haus selama satu hari hingga matahari terbenam.

Karena itu, tips kuat puasa tanpa sahur yang pertama adalah kuatkan niat berpuasa. Niatkan dalam hati bahwa ibadah puasa yang dijalankan hanya untuk Allah. Para ilmuwan mengungkapkan, niat yang kuat bisa membantu kita memusatkan energi pada apa yang menjadi tujuan kita. Dalam hal ini, niat yang kuat akan membantu kita lebih bersemangat menjalani puasa walaupun tanpa sahur.

2. Lakukan Aktivitas yang Tidak Terlalu Berat

Tips kuat puasa tanpa sahur selanjutnya adalah memperhitungkan aktivitas kita. Jika memang paginya tidak sahur, maka hindari aktivitas yang membuat energi terkuras dan cairan tubuh keluar terlalu banyak. Terlalu berat beraktivitas saat puasa tanpa sahur akan membuat tubuh mudah lemas.

webinar umroh.com

Jika rutinitas mengharuskan kita beraktivitas berat, maka ambillah banyak waktu istirahat. Manfaatkan waktu luang sebisa mungkin untuk istirahat atau tidur sejenak. Tidur yang berkualitas walaupun sebentar, bisa membuat tubuh lebih segar.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Lindungi Diri Dari Terik Matahari

Jika melewatkan sahur, sebaiknya kita melindungi diri dari terik matahari. Jika memang harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, lengkapi diri dengan pelindung seperti payung atau topi.

Sinar matahari yang terik bisa membuat banyak cairan tubuh hilang. Jika terlalu lama berada di bawah terik matahari, atau melakukan aktivitas berat saat matahari sedang bersinar terang, maka tubuh akan beresiko kehilangan cairan.

4. Memperbanyak Ibadah

Alih-alih melakukan aktivitas berat, ada baiknya kita duduk tenang dan memperbanyak ibadah saat berpuasa. Jika hal itu bisa dipilih, maka memperbanyak ibadah bisa menjadi tips kuat puasa tanpa sahur selanjutnya.

Puasa tanpa sahur bisa membuat tubuh menghemat energy, sehingga kita merasa lebih lemas dibanding hari lainnya. Jika ini terjadi, alihkan aktivitasmu pada ibadah-ibadah sunnah. Misalnya mengaji Quran beserta terjemahnya, berdzikir, atau sholat sunnah.

Ibadah-ibadah tersebut bisa membuat kita semakin fokus kepada Allah, sehingga ibadah puasa akan lebih mudah dijalani walaupun tanpa sahur. Insyaa Allah dengan amal sholeh yang kita lakukan tersebut, Allah akan meringankan ibadah puasa kita.

5. Lakukan Kesibukan yang Kita Nikmati

Tips kuat puasa tanpa sahur berikutnya ialah cari kesibukan. Tujuannya agar kita bisa mengalihkan pikiran dari rasa haus dan lapar kepada aktivitas yang kita sukai. Namun usahakan agar aktivitas yang kita pilih tidak menguras tenaga.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Jika ternyata kita tidak bisa memilih aktivitas yang disukai, maka nikmati pekerjaan yang sedang kita lakukan. Perhatikan hal positif apa yang kita hasilkan dari aktivitas itu. Dengan demikian, kita bisa lebih menikmati aktivitas yang sedang dikerjakan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.