1
Serba-serbi Ramadhan

15 Amalan Bulan Ramadhan yang Perlu Dilakukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dirindukan oleh umat muslim. Di Bulan Ramadhan bisa menjadi waktu berkumpulnya para anggota keluarga karena tradisi masyarakat bersilatuhrahmi ke sanak saudara. Selain itu, di bulan ini begitu istimewa karena beragam amalan ibadah yang pahalanya dilipatgandakan Makanya, umat Muslim selalu berupaya untuk melakukan 15 amalan bulan ramadhan selama berlangsung.

15 Amalan Bulan Ramadhan

Di bulan yang penuh rahmat ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan. Memang, selain berpuasa, banyak amalan-amalan utama yang dianjurkan dikerjakan saat Ramadan. Berikut 15 amalan selama bulan Ramadhan, diantaranya.

1. Berpuasa

Mungkin masih banyak yang mengetahui kegiatan puasa hanya sebagian dari kewajiban umat Muslim, seperti halnya sholat. Namun, di bulan Ramadhan, puasa tidak hanya bisa menambah pahala, namun juga bisa menghapus dosa di masa lalu.

2. Makan sahur

Waktu makan sahur seringkali disepelekan, namun ternyata, melaksanakan makan sahur akan mendapatkan keberkahan dari Allah. Hal ini didukung oleh berbagai hadist terpercaya. Makanya, agar puasamu mendapatkan berkah dari Allah, usahakan untuk melaksanakan makan sahur setiap kali berpuasa.

3. Mengakhiri makan sahur

Bangun untuk makan sahur memang terkadang terasa malas. Nggak heran banyak yang menyantap makan sahur sebelum tidur atau pada pukul tengah malam. Pada dasarnya, makan sahur sebelum pukul 3 pagi ini masih dianggap makan malam walaupun dengan mengucapkan niat makan sahur atau niat berpuasa karena makan sahur harusnya dilakukan di penghujung malam. Makanya, mengakhiri makan sahur yaitu menjelang imsak adalah hal yang sangat dianjurkan, terlebih lagi untuk menghindari kebablasan sholat subuh.

4. Menyegerakan berbuka

Berbeda halnya dengan hukum waktu sahur yang disunnahkan menjelang waktu imsak, waktu berbuka puasa sangat disarankan untuk disegerakan setelah mendengar adzan. Walaupun hanya sekedar makan Kurma atau hidangan sederhana lainnya, tapi menyegerakan waktu berbuka pada dasarnya sangat dianjurkan dan pendapat ini didukung oleh berbagai hadist dan ulama.

Baca juga : Pengertian Aqiqah dan Sejarahnya di Dalam Islam

5. Memberi makan orang berbuka

Tidak hanya berpuasa untuk diri sendiri, namun bersedekah kepada orang yang berpuasa lainnya juga merupakan suatu amalan bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan, contohnya dengan memberikan menu berbuka untuk sesama umat Muslim yang juga melaksanakan puasa. Amalan memberikan menu berbuka untuk yang berpuasa ini adalah mendapatkan pahala yang sama dengan yang berpuasa. Terlebih lagi saat kamu mendapatkan doa dari orang yang kamu berikan makanan berbuka, maka doa orang tersebut adalah doa yang mustajab.

webinar umroh.com

6. Sholat lima waktu

15 amalan bulan ramadhan

Umroh.com merangkum, seperti yang dipercayai umat muslim sholat adalah tiang agama. Jika kamu melaksanakan sholat tepat waktu dan juga tanpa putus saat bulan Ramadhan, bukan hanya pahalanya aja yang berlipatganda, tapi satu rakaat sholat di bulan Ramadhan ini juga pasalnya lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

7. Sholat Tarawih

Ulama sepakat Sholat Tarawih itu disyariatkan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim menghidupkan malam Ramadhan dengan memperbanyak sholat ini di sepanjang malam. Dalam menunaikan Sholat Tarawih, hendaklah dicontoh tata cara salat Nabi Muhammad SAW, baik mengenai jumlah rakaatnya maupun kualitasnya. Nabi Muhammad menunaikan Sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan cara-cara yang bervariasi: dengan cara jumlah rakaat 4+4+3. Boleh pula dengan cara 2+2+2+2+2+1. Bukan cuma itu, salah satu keutamaan sholat malam di bulan Ramadan yakni mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah dikerjakan di masa lalu

8. Tadarus Al Quran

Umat Islam dianjurkan benar-benar berinteraksi dengan Al Quran untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Al Quran. Berinteraksi dalam arti hidup dalam naungan Al Quran dengan cara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifdz (menghafalkan), tanfidz (mengamalkan), dan taklim (mengajarkan). Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan di Ramadhan, membaca satu huruf dalam Al Quran akan diberikan 10 kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

9. Sedekah

Umat Islam dianjurkan untuk banyak bersedekah di bulan Ramadhan dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin. Dan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan adalah memberikan iftar alias santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa.

10. Berdakwah

Sangat dianjurkan untuk memperbanyak menyebarkan amalan atau ajaran mengenai agama Islam kepada orang lain karena tindakan tersebut merupakan seruan untuk kebaikan dan menghindari hal yang dilarang. Tentunya, berdakwah nggak selalu harus dengan jumlah masyarakat yang banyak. Kamu bisa mulai dengan menyebarkan ajaran agama Islam dari mulut ke mulut.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

11. Itikaf

Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara itikaf di masjid. Itikaf dianjurkan dibiasakan setiap hari di Ramadhan, Tapi, diutamakan dikerjakan 10 hari terakhir Ramadhan. Alasannya agar mendapati keagungan malam lailatul qadar.

12. Umroh

Keutamaan umroh di bulan Ramadhan ini besar sekali. Rasulullah Saw pernah menganjurkan kepada seorang wanita Anshar (Ummu Sinan) yang tidak sempat berhaji bersama beliau. Umroh termasuk dalam sunnah Nabi yang dianjurkan untuk dikerjakan saat Ramadhan, bahkan pahalanya setara dengan ibadah haji. Meski demikian, hal ini tidak menggugurkan kewajiban haji bagi yang mampu melakukannya.

13. Memburu Lailatul Qadar

Rasulullah SAW mencari Lailatul Qadar dan memerintahkan para sahabatnya untuk menantinya setiap Ramadhan. Bukan cuma itu, Nabi Muhammad SAW juga senantiasa membangunkan keluarganya pada malam 10 hari terakhir dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadar. Lailatul Qadar berada di 10 hari terakhir Ramadan, tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Dan malam yang paling diharapkan adalah malam ke-27.

14. Memperbanyak zikir, doa dan istigfar

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, istigfar dan meminta ampunan selama Ramadan terutama di waktu-waktu utama nan mulia, yakni malam dan siang hari. Ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak; sepertiga malam terakhir saat Allah turun ke langit dunia; dan beristighfar di waktu sahur.

15. Zakat Fitrah

Meskipun sudah melakuakn puasa Ramadhan dengan semaksimal mungkin, namun terkadang masih ada salah-salah ucapan yang bisa menodai puasa. Oleh karena itu, amalan saat Ramadhan yang bisa menyempurnakan puasa adalah Zakat Fitrah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim untuk menutupi kesalahan kata-kata dan perbuatan sia-sia.

Keutamaan Berpuasa Ramadhan

15 amalan bulan ramadhan

Allah Subhânahu wa Ta’âlâ dan Rasul-Nya telah menjelaskan berbagai macam keutamaan puasa secara umum dan keutamaan puasa Ramadhan se­cara khusus. Agar kita dapat bersegera dalam hal menggapai rahmat Allah dan bergembira terhadap karunia dan nikmat-Nya, berikut ini, kami menyebutkan beberapa keutamaan puasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Semua amal anak Adam untuknya selain puasa, puasa itu untuk-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya.” (sampai di sinilah hadits qudsinya). Puasa itu perisai, maka jika kamu sedang berpuasa, janganlah berkata kotor dan berteriak-teriak. Jika ada yang memaki atau mengajak bertengkar, katakanlah, “Saya sedang puasa”, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi (Allah) yang nyawa Muhammad di Tangan-Nya, sungguh bau mulut  orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada wangi kesturi. Bagi orang  yang berpuasa ada dua kegembiraan; kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya dengan puasanya itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, di mana Allah mewajibkan puasa di bulan itu kepada kamu. Pada bulan itu pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan durhaka dibelenggu. Di bulan itu terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa dihalangi mendapatkan kebaikannya, maka ia telah terhalangi.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Baihaqi)