1
Serba-serbi Ramadhan

7 Keutamaan Bulan Sya’ban Beserta Amalan Baik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Sya’ban merupakan bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan ramadhan. Bulan sya’ban ini memiliki banyak keutamaan. Ada juga ibadah-ibadah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan ini. Salah satunya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisinya dengan menjalankan 7 keutamaan bulan sya’ban dan juga tidak meninggalkan hal wajib di dalam islam.

Bulan ini dinamakan bulan Sya’ban karena di saat penamaan bulan ini banyak orang Arab yang berpencar-pencar mencari air atau berpencar-pencar di gua-gua setelah lepas bulan Rajab. Ibnu Hajar Al-‘Asqalani mengatakan : “Dinamakan Sya’ban karena mereka berpencar-pencar mencari air atau di dalam gua-gua setelah bulan Rajab Al-Haram. Sebab penamaan ini lebih baik dari yang disebutkan sebelumnya. Dan disebutkan sebab lainnya dari yang telah disebutkan”. Berikut beberapa keutamaan bulan sya’ban yang telah umroh.com rangkum untuk Anda semua.

Keutamaan Bulan Sya’ban

1. Diangkatnya amal shaleh seorang hamba kepada Allah SWT

Dari Usamah bin Zaid ra berkata, aku bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasulullah SAW, aku tidak melihatmu berpuasa sunnah di bulan-bulan lainnya (sebanyak) engkau berpuasa di bulan sya’ban?’ Beliau bersabda, ‘Ia merupakan bulan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, yaitu antara rajab dan ramadhan. Dan sya’ban merupakan bulan diangkatnya amal perbuatan manusia kepada Allah SWT, dan aku ingin ketika amalku diangkat dan dilaporkan kepada Allah SWT, aku dalam keadaan berpuasa.’ (HR. Nasa’i)

2. Bulan Sya’ban pintu gerbang menuju Bulan Ramadhan

Syekh Ibnu Rajab Al-Hambali mengemukakan, (al-Wakil, 1997 : 15) : “Sesungguhnya pada puasa sunnah di bulan sya’ban adalah seperti latihan untuk puasa ramadhan. Agar seseorang nantinya tidak kesusahan dan berat dalam menjalankan puasa ramadhan, bahkan sebaliknya ia menjadi terbiasa dan ternuansakan dengan puasa.

Dengan puasa sya’ban ini pun, seseorang dapat merasakan indahnya puasa ramadhan”. Maka oleh karenanya Nabi SAW paling antusias untuk berpuasa sunnah di bulan Sya’ban. Kuatnya anjuran puasa sunnah di bulan Sya’ban bahkan melebihi anjuran puasa sunnah di bulan-bulan lainnya, termasuk di bulan Rajab. Maka digambarkan Aisyah ra bahwa Nabi SAW berpuasa sunnah hampir satu bulan penuh di bulan Sya’ban. Hal yang tidak pernah beliau lakukan di bulan-bulan lainnya

Baca juga : 5 Makanan Buka Puasa Menyehatkan Untuk Tubuh

3. Mempersiapkan diri dengan membaca Al – Quran

Salafuna shaleh mengatakan, ‘Sya’ban adalah bulannya para pembaca Al-Qur’an’. Kemudian selain itu, mempersiapkan diri dengan mengeluarkan zakat mal sebagaimana dikemukakan Anas bin Malik, ‘bahwa kaum muslimin bila telah memasuki bulan Sya’ban, maka mereka lebih giat dalam membaca Al-Qur’an dan mereka juga mengeluarkan zakat mal mereka.’ Ibnu Rajab Al-Hambali menambahkan, tujuannya adalah untuk menguatkan orang-orang yang lemah dan tidak mampu agar mereka bahagia dan siap menyongsong datangnya bulan Ramadhan

Amalan-Amalan Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Sya’ban

Ada beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para as-salafush-shalih pada bulan sya’ban. Amalan-amalan tersebut adalah sebagai berikut :

webinar umroh.com

1. Memperbanyak Puasa

Rasulullah SAW memperbanyak puasa pada bulan sya’ban tidak seperti beliau berpuasa pada bulan-bulan yang lain. Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya dia berkata, “Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sampai kami mengatakan bahwa beliau tidak berbuka, dan berbuka sampai kami mengatakan bahwa beliau tidak berpuasa.

Dan saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa dalam sebulan kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada bulan Sya’ban”. Begitu pula istri beliau Ummu Salamah radhiallahu ‘anha mengatakan : ”saya tidak pernah mendapatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dua bulan berturut-turut kecuali bulan Sya’ban dan Ramadhan.”

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW berpuasa Sya’ban seluruhnya. Para ulama menyebutkan bahwa puasa di bulan Sya’ban meskipun dia hanya puasa sunnah, tetapi memiliki peran penting untuk menutupi kekurangan puasa wajib di bulan ramadhan. Seperti sholat fardhu, sholat fardhu memiliki sholat sunnah rawatib, yaitu :

Qabliyah dan ba’diyah. Sholat-sholat tersebut bisa menutupi kekurangan sholat fardhu yang dikerjakan. Sama halnya dengan puasa Ramadhan, dia memiliki puasa sunnah di bulan Sya’ban dan puasa sunnah enam hari di bulan Syawwal. Orang yang memulai puasa di bulan Sya’ban insyaAllah tidak terlalu kesusahan menghadapi bulan Ramadhan.

2. Membaca Al – Quran

7 keutamaan bulan sya'ban

Umroh.com merangkum, membaca Al-Qur’an mulai diperbanyak dari awal bulan Sya’ban , sehingga ketika menghadapi bulan ramadhan, seorang muslim akan bisa menambah lebih banyak lagi bacaan Al-Qur’an-nya. Salamah bin Kuhail rahimahullah berkata :“Dulu dikatakan bahwa bulan Sya’ban adalah bulan para qurra’ (pembaca Al-Qur’an)”. Begitu pula yang dilakukan oleh ‘Amr bin Qais rahimahullah apabila beliau memasuki bulan Sya’ban beliau menutup tokonya dan mengosongkan dirinya untuk membaca Al-Qur’an.

3. Mengerjakan Amalan-Amalan Shalih

Seluruh amalan shalih disunnahkan dikerjakan di setiap waktu. Untuk menghadapi bulan Ramadhan para ulama terdahulu membiasakan amalan-amalan shalih semenjak datangnya bulan Sya’ban , sehingga mereka sudah terlatih untuk menambahkan amalan-amalan mereka ketika di bulan Ramadhan. Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah pernah mengatakan :

“Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Sya’ban adalah bulan memanen tanaman.” Dan dia juga mengatakan :“Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Maka untuk itu, mari kita tingkatkan amal ibadah kita di bulan Sya’ban, khususnya dengan memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an dan mulai mempersiapkan mengeluarkan zakat mal, karena selain merupakan bulan diangkatnya amal shaleh kepada Allah SWT, juga sebagai penguat agar kita nanti bisa maksimal dalam menghadapi bulan ramadhan. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.