1
Serba-serbi Ramadhan

Bikin Ngiler! Takjil Ramadhan Ini Terkenal Sedunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Buka Puasa merupakan momen paling ditunggu ketika puasa Ramadhan. Bahkan Rasulullah menganjurkan agar kita menyambutnya dengan segera menyantap takjil. Setiap muslim di seluruh dunia pun menantikan momen tersebut. Bahkan takjil ramadhan sudah disiapkan di atas meja menjelang waktu maghrib tiba. Apa saja menu takjil Ramadhan yang digemari penduduk dunia? Simak jawabannya pada artikel umroh.com kali ini.

Baca juga: 40 Menu Takjil dan Enak yang Bisa Dicoba

Takjil Ramadhan Terkenal di Benua Eropa

1. Maritozza, Takjil dari Italia

Saat berbuka tiba, biasanya warga muslim Italia memakan maritozza untuk sajian pembuka. Maritozza adalah roti berbentuk oval yang disajikan bersama kismis dan manisan kulit jeruk. Roti ini kadang juga diberi isian krim manis sebagai pelengkap rasa. Di hari-hari biasa, Maritozza umumnya dihidangkan sebagai makanan penutup.

2. Gullac, Takjil dari Turki

Umroh.com merangkum, salah satu takjil yang terkenal dari Turki adalah Gullac. Sebuah dessert dingin berbentuk lembaran-lembaran tipis berlapis dengan warna putih dan merah. Mirip seperti puding dengan tekstur yang lembut. Makanan ini terbuat dari campuran tepung maizena, tepung terigu, dan air sari mawar. Terkadang, ditambahkan potongan buah atau kacang pistaschio untuk menambah kelezatannya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Takjil Ramadhan Terkenal di Benua Amerika

1. Sawine, Takjil dari Trinidad & Tobago

Negara yang terletak di kawasan pulau paling selatan Karibia ini memiliki Sawine sebagai menu khas takjilnya. Sawine terbuat dari bihun rebus yang dikombinasikan dengan kuah susu dan kacang-kacangan seperti almond atau mete. Kuah susu dalam sajiannya dibumbui dengan rempah-rempah, seperti jahe dan kayu manis.

Menu takjil ini harus disantap saat masih panas, sehingga aroma wangi dari susu masih terasa. Keunikannya membuat kuliner ini banyak diburu wisatawan asing yang sedang berkunjung saat bulan Ramadhan. Jika diibaratkan dengan menu Indonesia, Sawine mirip dengan Bihun Godhog Jawa yang disiram Wedang Ronde.

takjil ramadhan

Takjil Ramadhan Terkenal di Benua Afrika

1. Kaak, Takjil dari Tunisia

Di Tunisia, Kaak termasuk jajanan yang paling banyak dijual saat Ramadhan. Kaak adalah roti yang dipipihkan dan dibentuk menyerupai donat, kemudian dipanggang. Keunikan Kaak terletak pada proses pemanggangannya. Tekstur adonan Kaak akan berubah keras seperti batu, tapi setelah dingin berubah tekstur menjadi lembut.

takjil ramadhan

Sementara bahan utama dari Kaak ialah tepung, gula, mahleb, telur, mentega, baking powder, dan biji wijen. Kue ini sekilas mirip dengan roti bolu yang diberi wijen. Sebenarnya Kaak disajikan beragam, ada yang bulat, ada yang tidak. Dan dapat disajikan kosongan atau diberi isian.

webinar umroh.com

Kue ini lebih banyak dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Kaak memiliki cita rasa manis. Sehingga cocok disajikan dengan teh hangat sebelum menyantap menu utama saat buka puasa.

2. Harira, Takjil dari Maroko

Harira merupakan sup rebusan daging domba yang telah dicincang. Kemudian dicampur dengan Chickpea, tomat, serta beberapa rempah-rempah, seperti kayu manis, ketumbar, seledri, bawang, dan peterseli. Agar terasa makin lezat saat disantap, kita bisa menambahkan Miju. Harira pun memiliki gizi yang cukup tinggi, sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain di Maroko, Harira juga menjadi menu favorit warga di negara-negara wilayah Afrika Barat.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Aseeda, Takjil dari Sudan

Warga muslim di Sudan terbiasa berbuka puasa dengan teh rempah dan yoghurt. Sementara takjil makanannya, mereka memiliki menu khas bernama Aseeda. Makanan pembuka yang terbuat dari tepung gandum, dan disajikan bersama madu atau butter. Manisnya Aseeda dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

takjil ramadhan

4. Lham Lhalou, Takjil dari Aljazair

Lham Lhalou ialah daging manis asli Aljazair. Dinamakan daging manis, karena terbuat dari daging domba yang dimasak dengan aneka buah-buahan kering ditambah rempah. Buah kering seperti kurma, kismis, plum, serta jeruk. Dan rempah seperti kayumanis, cengkeh, serta jahe. Terakhir, Lham Lhalou disajikan dengan taburan kacang-kacangan sangria, sehingga teksturnya jadi lebih bervariasi.

Takjil Ramadhan Terkenal di Benua Asia

1. Fruit Chaat, Takjil dari Pakistan

Fruit Chaat merupakan salad buah khas Pakistan yang terdiri dari pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, nanas, apel, kentang atau ubi rebus. Lalu diaduk dengan perasan lemon, chaat masala, jinten, bubuk cabe, dan garam hitam. Cita rasanya berpadu antara manis, asam, dan sedikit pedas.

takjil ramadhan

2. Kheer, Takjil dari India

Kheer merupakan bubur nasi asal India yang memiliki rasa manis. Bubur ini terbuat dari beras basmati, susu, gula, kapulaga, saffron, keju, almond, kacang mete, kismis, serta aneka buah-buahan kering lainnya seperti delima dan anggur. Kuliner ini sangat terkenal sebagai menu takjil untuk berbuka, sehingga bisa ditemukan dengan mudah di pedagang kaki lima pinggir jalan.

takjil ramadhan

3. Tofu Fa, Takjil dari Malaysia

Menu takjil ini aslinya berasal dari Cina, tetapi lazim ditemukan di Malaysia. Sebab banyak keturunan Cina tersebar di Malaysia. Tofu Fa terbuat dari tahu lembut dan disajikan dengan kuah jahe. Rasanya lezat dan hangat.

takjil ramadhan

4. Qatayef, Takjil dari Yordania

Qatayef (pancake Arab Saudi) merupakan takjil wajib bagi warga Kairo dan sekitarnya. Kue ini serupa pancake yang terbuat dari bahan utama kayu manis yang diisi adonan kacang kenari dan gula. Untuk menambah kenikmatan, terkadang masyarakat Yordania menambahkan madu sebagai topping. Rasa Qatayef memiliki khas manis, gurih, serta lumer di lidah. Cita rasa ini diperoleh dari proses pembuatannya. Diawali dengan digoreng, lalu dikeringkan dan direndam dalam sirup gula vanila.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Hummus, Takjil Ramadhan dari Lebanon

Hummus termasuk menu makanan yang sudah cukup tua. Dia sudah ada sejak ratusan tahun lalu di Mesir. Bahan dasarnya adalah kacang arab yang dihaluskan, tahini, lentini, air lemon, garam, minyak zaitun, dan bawang putih. Sehingga rasanya tentu saja cukup asin dan gurih saat dimakan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.