1
Muslim Lifestyle

Ingat Baik-baik! Begini Cara Membayar Zakat Fitrah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Allah swt memerintahkan kita untuk rajin bekerja dan mencari nafkah agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Rasulullah saw sendiri menjadi teladan yang nyata bahwa beliau ialah sosok yang dikenal sangat rajin bekerja semenjak masih remaja. Beliau sangat mahir berternak, berdagang, maupun bercocok tanam. Orang beriman akan menggunakan waktu sebaik–baiknya untuk bekerja dan beribadah. Bekerja mencari rezeki merupakan kewajiban setiap muslim. Dan Allah swt pun sangat membenci seorang muslim yang hidup bermalas–malasan. 

Tujuan Berzakat

Umroh.com merangkum, meskipun Allah swt mewajibkan setiap umatnya untuk mencari rezeki, namun Allah swt juga memerintahkan agar kita tidak terbelenggu dengan harta dan gemerlap dunia. Allah swt selalu mengingatkan bahwa gemerlapnya dunia hanyalah sementara dan tidak seberapa dengan nikmat di akhirat yang abadi. Oleh karena itu, agama islam memberikan pelajaran bahwa sebagian dari harta yang kita miliki harus dikeluarkan sebagai zakat. Hal ini bertujuan agar seorang muslim tidak terlalu cinta dengan harta dan lupa akan akhirat. 

Baca juga: Jangan Lupa! Ini Hukum Menunaikan Zakat Fitrah

Orang beriman akan senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian hartanya. Oleh karena itu, penting bagi setiap umat muslim untuk senantiasa dengan penuh kesadaran dan keikhlasan dalam menjalankan atau menunaikan ibadah zakat. 

Saat umat islam hendak menunaikan zakat fitrah, tentu ada panduan atau tata cara khusus yang wajib diketahui agar zakat yang akan di tunaikan sesuai dengan syariat agama islam. Dan berikut penjelasan nya untuk anda mengenai panduan cara membayar zakat fitrah yang tepat. 

Mau dapat tabungan umroh? Cukup dengan download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan hingga jutaan rupiah!

Waktu penyaluran zakat fitrah

  • Waktu Ta’jil, yaitu dilakukan sejak awal bulan ramadhan tiba hingga hari terakhir bulan ramadhan sebelum magrib. 
  • Waktu Wajib, dilakukan bagi umat islam yang membayar zakat fitrah semenjak matahari terbenam sampai sebelum sholat subuh di akhir bulan ramadhan.
  • Waktu lebih utama ( Afdal ) yaitu dilakukan sejak selesai sholat subuh sampai sebelum pelaksanaan sholat sunnah idul fitri. 
  • Waktu Makruh, yaitu waktu pada saat melaksanakan sholat idul fitri sehingga sebelum terbenam matahari.
  • Waktu Haram, setelah matahari terbenam pada hari raya Idul Fitri.

Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari. Apabila anda ingin menggantikannya dengan uang, anda harus membayar sesuai dengan harga dari 2,5 beras tersebut. Yang selanjutnya bisa disalurkan kepada  masjid terdekat atau kepada lembaga amil zakat yang terpercaya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Ketentuan ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’i dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar membayar zakat fitrah satu sha’ kurma atau sha’ gandumkepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kaum muslim.

Selanjutnya dalam menunaikan zakat fitrah anda wajib mengawali dengan membaca niat sebagai berikut: 

webinar umroh.com

“Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa ‘an jami’i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a’an far dzolillahi ta’ala”.

Artinya : ” Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah ta’ala.”

Itulah dasar pokok yang membedakan zakat fitrah dengan sedekah-sedekah lainnya. Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :
“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud). 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Membayar zakat merupakan kewajiban setiap umat Islam. Kewajiban membayar zakat telah dijelaskan pula oleh Allah Swt dalam firman-Nya, “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”. (QS. Al-Baqarah: 43). Itulah cara membayar zakat fitrah yang benar. Semoga dengan berzakat kita juga dapat senantiasa bersyukur kepada Allah swt dan dapat membersihkan harta dari kotoran.